Connect with us

Ekonomi

Mari Berinvestasi, Tapi Bertindaklah Sebagai Enterpreneur Sejati yang Tidak Manja

Published

on

JAKARTA, Kabartanahpapua.com – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko mengungkapkan dalam setahun ke depan, Presiden Joko Widodo fokus untuk memantapkan momentum pertumbuhan ekonomi yang sudah ada, serta memastikan pertumbuhan ekonomi ini berkualitas.

Di akhir masa jabatan periode pertama ini, kata Moeldoko, Presiden Jokowi mematok target pertumbuhan ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat, sementara pengangguran, inflasi, dan kemiskinan ditargetkan terus menurun.

“Presiden Jokowi menargetkan hasil dari momentum pertumbuhan ekonomi ini akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan IPM, sementara tingkat pengangguran, inflasi, dan kemiskinan mengalami penurunan,” kata Moeldoko saat menghadiri Foreign Policy Conference CEO Breakfast Meeting, di Hotel Borobudur, Jakarta, akhir pekan ini.

(Baca Juga: APBN 2019 Fokus Menjaga Ekonomi dan Sosial Masyarakat Hadapi Ketidakpastian Global)

Menurut Moeldoko, ada tiga variabel penentu IPM yakni pendapatan per kapita, kualitas kesehatan, dan kualitas pendidikan. Ketiga variabel IPM ini yang menjadi acuan Pemerintah dalam membuat strategi pembangunan dan perbaikan IPM melalui pendekatan hard dan soft infrastucture.

“Pendekatan hard infrastructure di antaranya dengan melakukan pembangunan fisik, sedangkan soft infrastructure di antaranya dengan pembenahan regulasi dan pembangunan manusia,” kata Panglima TNI 2013-2015 itu.

Pembangunan hard infrastructure, kata Moeldoko, terbagi menjadi dua yakni infrastruktur besar dan infrastruktur kecil.

Infrastruktur besar yakni infrastruktur yang memerlukan biaya besar, baik dari APBN ataupun dari Public-Private-Partnership (PPP), dengan waktu pembangunan yang cukup lama. Sebagai contoh, kata dia, pembangunan jalan tol, jalan nasional, LRT, jalur kereta api, bandar udara, pelabuhan, pembangkit listrik, dan lainnya.

“Sebagian pembangunan infrastruktur besar ini dimasukkan dalam kategori Proyek Strategi Nasional,” kata peraih Bintang Adhi Makayasa Akademi Militer 1981 ini.

(Baca Juga: Moeldoko: Pembangunan Infrastruktur Menyentuh Suasana Batin Masyarakat)

“Namun, infrastruktur besar ini butuh waktu untuk dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Moeldoko menambahkan.

Sementara, infrastruktur kecil atau basic infrastructure adalah infrastruktur yang membutuhkan biaya kecil, dan pendanaanya bisa bersumber dari APBN, APBD, atau Dana Desa. Waktu pembangunannya relatif lebih cepat dan manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Infrastruktur kecil ini seperti pembangunan sanitasi atau jamban, sarana air bersih, elektrifikasi desa, jalan usaha tani, serta pembuatan irigasi tersier dan kuarter,” ujar doktor Program Pascasarjana Ilmu Administrasi FISIP Universitas Indonesia ini.

Yang tidak kalah penting adalah pembangunan soft infrastructure, di antaranya Presiden Jokowi memperbaiki iklim usaha dan investasi melalui perbaikan Ease of Doing Business (EoDB), serta deregulasi, salah satunya melalui Online Single Submission (OSS) dan mengurangi ketidakpastian regulasi.

Pemerintah juga gencar melakukan peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan vokasi untuk SMK, diploma, serta kursus. Selain itu, Pemerintah menajamkan upaya untuk menangani stunting

“Konsep revolusi mental yang dicanangkan Presiden Jokowi diarahkan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang berani, percaya diri, optimistis, kreatif, berjiwa entrepreneurial, santun, toleran, serta bisa berkolaborasi,” kata Moeldoko.

(Baca Juga: Moeldoko Mengajak Dunia Konsisten Jaga Demokrasi)

Kepala Staf Kepresidenan mengungkapkan bahwa swasta memegang peranan penting dalam pembangunan, karena itu Pemerintah membutuhkan pihak swasta.

“Bagaimana cara para CEO (Chief Executive Officer) membantu Pemerintah?”

“Teruslah berinovasi, karena inovasi sumber daya saing. Jika kompetitif, bisa ekspor atau bahkan bisa menggantikan produk impor secara alamiah,” ujar Moeldoko yang dalam berbagai kesempatan selalu mendengungkan slogan, Innovate or die.

Ia meminta kepada para pengusaha agar mau berinvestasi di Indonesia. “Seraplah angkatan kerja Indonesia, latih mereka, berikan hak pekerja dengan baik,” katanya.

Pihak swasta, kata Moeldoko, bisa terlibat dalam pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang digalakkan Pemerintah melalui skema PPP atau bisa juga melalui pendanaan dari swasta murni.

“Dengan demikian, APBN hanya digunakan untuk proyek yang swasta tidak mau masuk (public goods),” kata Moeldoko.

Ia berpesan kepada para CEO agar bertindak sebagai enterpreneur dan profesional sejati yang menyelesaikan masalah di masyarakat dan memberi nilai (value) kepada masyarakat.

“Hendaknya pengusaha tidak manja dan sedikit-sedikit minta fasilitas, proteksi, atau pengecualian dari Pemerintah. Berbisnislah dengan baik, jaga kelestarian alam, bersaing dengan sehat, membayar pajak, punya tanggung jawab sosial, dan tidak menyuburkan budaya korupsi,” kata Moeldoko mengingatkan.

(Baca Juga: Percepatan Penanganan Stunting, KSP Inisiasi Kemitraan Pemerintah dan Swasta)

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) CEO Breakfast yang digagas mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal adalah bagian dari program korporat FPCI, yang merupakan komunitas hubungan internasional terbesar di Indonesia.

Tahun lalu, komunitas ini berkesempatan menyelenggarakan Foreign Policy Conference terbesar di dunia. FPCI juga menjadi motor penyelenggara Kongres Diaspora Indonesia 2017 yang menghadirkan Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama. FPCI bersifat independen, non-pemerintah, non-politis, non-partisan dan non-profit. (Fox)

Komentar

Ekonomi

Ditengah Pandemi,Satgas Binmas Noken Serahkan Bantun Ke Warga Banti

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Satgas Binmas Noken Polri di pimpinan oleh Kasat Binmas Polres Mimika Iptu Paulus Rande Ratu membagikan Sembako kepada warga Kampung Banti Distrik Tembagapura Rabu (18/7/2021).

Adapun sembako yang dibagikan berupa beras 5kg 50 karung, indomie, kopi, gula, minyak goreng, dan bahan makanan lainnya.

Kasat Binmas Polres Mimika Iptu Paulus Rande Ratu mengatakan bantuan sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri untuk membantu masyarakat.

“saat ini kita sedang dalam masa Pandemi Covid-19 terutama warga yang kurang mampu karena terdampak, agar terjalin tali asih antara masyarakat dan Polri,” kata Paulus dalam keterangan tertulis yang disampaikan oleh Humas Polda Papua Rabu(18/8/2021)

Selain memberikan Sembako pihaknya juga membagikan pita dan bendera Merah Putih kepada anak anak dan warga Kampung Banti.

” kami juga membagikan pita dan juga bendera Merah Putih untuk anak-anak karena hari ini kita masih dalam suasana memperingati hari kemerdekaan RI Ke-76,” kata Paulus.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Ekonomi

Program Kasuari Binmas Noken Mulai Digerakan di Mimika

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Program Kasuari (Kesejahteraan Untuk Anak Negeri) mulai digerakan di Mimika. Salah satunya adalah dengan melakukan pendampingan kepada petani lokal Jhon Murib warga Kampung Mulia Kencana Jalur 6 Distrik Iwaka oleh Binmas Noken Polres Mimika.

Kasat Binmas Polres Mimika Iptu Paulus R. Ratu, SH dalam keterangan tertulis yang disampaikan oleh Humas Polda Papua Minggu (15/8 /2021) mengatakan pihaknya akan terus mendukung kelompok- kelompok tani untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonominya ditengah masa pandemi Covid-19.

“Hari ini kami menyambangi bapak Jhon Murib di Kampung Mulia Kencana Jalur 6 Distrik Iwaka Kabupaten Mimika yang berprofesi sebagai petani dan melakukan pengecekan lahan yang sedang digarap guna mengetahui apa yang di tanam. Dalam kegiatan ini kami bersama keluarga Bapak Jhon Murib menamam padi dilahan miliknya, “kata Paulus.

Paulus mengatakan pendampingan kepada Jhon Murib diharapkan warga menjadi paham bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar sehingga nantinya akan mendapatkan hasil penen yang memuaskan serta mempunyai harga jual yang tinggi dipasaran.

Dalam kesempatan ini dirinya juga mengajak kepada keluarga Jhon Murib untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Kampung Mulia Kencana Jalur 6 Distrik Iwaka Kabupaten Mimika tetap aman dan kondusif.

“Pak Jhon Murib dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terimakasih dengan kehadiran Polri khususnya Binmas Noken Polres Mimika, dikarenakan telah memberikan pendampingan kepada pihaknya , sehingga pihaknya merasa sangat terbantu,”kata Paulus.(MSC/HMS)

Komentar
Continue Reading

Ekonomi

Kapolres Pekalongan Bantu Anak Yatim Terpapar COVID-19

Published

on

By

Pekalongan.KTP.com – Kapolres Pekalongan AKBP DR. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H bersama dengan Ketua Bhayangkari Cabang Pekalongan Ny. Retno Arief Fajar dan Pejabat Utama (PJU) Polres menyambangi sejumlah anak yatim yang ditinggal orang tua akibat terpapar COVID-19.  sambari memberikan santunan serta bantuan sembako.

Kapolres Pekalongan mendatangi langsung kelima anak yatim tersebut yang ada di wilayah Kecamatan Kajen, Kesesi, Karanganyar dan Bojong Kab.Pekalongan, sambil bersilaturahmi.

Kegiatan ini merupakan wujud dari Program yang diinisiasi oleh Kapolda Jateng yaitu “Aku Sedulurmu”, program ini bertujuan untuk membantu anak- anak yatim karena orang tuanya meninggal dunia terpapar COVID-19.

“Pandemi COVID-19 ini memang membawa dampak besar bagi kehidupan semua orang, termasuk dampak ekonomi dan kesehatan. Jajaran Kepolisian pun, berupaya secara maksimal ikut membantu perekonomian warga.” Ujarnya dalam pesan rilis yang diterima, Sabtu (14/08/21).

Lanjut, Arief, terlebih yang terdampak langsung pandemi COVID-19, dengan penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako. (*/REX)

Komentar
Continue Reading

Ekonomi

Kodim 1710 Mimika Bersama Satgas Nemangkawi Gelar Baksos di Mandiri Jaya

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Kodim 1710 Mimika bersama dengan Satgas Nemangkawi menggelar kegiatan bakti sosial di Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania Jumat (13/8/2021).

Dalam kegiatan ini sebanyak 350 paket sembako dan dua ekor babi diserahkan kepada warga masyarakat.

“Dalam rangka menyambut HUT-RI yang ke 76 kita melaksanakan baksos di Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania antara Kodim 1710 Mimika dengan Satgas Nemangkawi, kegiatan ini dilaksanakan dibeberapa tenpat namun
fokus sementara yang kita bisa laksanakan bersama yang kita lakukan ini di Kampung Mandiri Jaya, “kata Komandan Kodim 1710-Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya saat ditemui di Kampung Mandiri Jaya Jumat (13/8/2021).

Untuk babi dua ekor yang diserahkan kepada masyarakat dengan harapan babi tersebut dipelihara dan kelak sudah besar nanti diperuntukkan untuk masyarakat.

“kita menyerahkan babi dua ekor dan sembako 350 paket. Selama saya disini kita sudah empat kali melaksanakan kegiatan disini,” kata Yoga.

Yoga mengatakan Kampung Mandiri Jaya merupakan salah satu kampung di Mimika yang bisa menjadi kampung percontohan bagi kampung yang di Mimika.

” Salah satu kampung yang bisa menjadi percontohan adalah Kampung Mandiri Jaya. Miras dilarang masuk ini sudah ada kesepakatan dengan perangkat yang ada di wilayah Kampung Mandiri Jaya. Harapan saya kegiatan ini bisa ditiru oleh Kampung kampung yang lain, “kata Dandim Yoga.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua4 hari ago

Sekda Mimika Resmikan UPR Budidaya Ikan Air Tawar di SP 7

TIMIKA,KTP.com – Pemkab Mimika melalui Dinas Perikanan resmikan budidaya ikan air tawar di Kampung Mulia Kencana Distrik Iwaka, Senin (11/10/2021)....

Olahraga5 hari ago

Rebut Emas Lari 200 Meter, Sri Maya Ambisi Pecahkah Rekor Nasional 400 Meter

TIMIKA, KTP.com – Sprinter Sumatera Selatan (Sumsel) Sri Maya Sari berhasil meraih medali emas lari 200 meter putri Pekan Olahraga...

Olahraga5 hari ago

Agustina Mardika Rebut Medali Emas Nomor Lari 1.500 Meter Putri

TIMIKA, KTP.com – Agustina Mardika Manik asal Sumatera Utara (Sumut) berhasil merebut medali emas dari nomor lari 1.500 meter putri...

Tanah Papua6 hari ago

Pemkab Mimika Launching Kegiatan Riset Kesehatan Dasar

TIMIKA,KTP.com – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan berkolaborasi bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) melaunching Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Launching...

Olahraga6 hari ago

Rafika Putra Rebut Emas Dan Pecahkan Rekor PON Lontar Martil

TIMIKA,KTP.com – Atlet Sumatera Barat (Sumbar) Rafika Putra berhasil merebut medali emas di Cabor Atletik nomor lontar martil sekaligus memecahkan...

Olahraga1 minggu ago

Silviana Lu Bertekad Rebut 4 Medali Emas di PON XX Papua

TIMIKA, KTP.com – Silviana Lu bertekad untuk merebut medali emas di semua nomor yang ia ikuti pada cabang olahraga biliar...

Olahraga1 minggu ago

Silviana Lu Rebut Medali Emas Biliar Nomor 10 Ball Single Putri

TIMIKA, KTP.com – Kontingen tuan rumah Papua kembali menambah medali emas dari cabang olahraga biliar pada lanjutan Pekan Olahraga Nasional...

Olahraga1 minggu ago

Maria Natalia Londa Pecahkan Rekor Lompat Jangkit PON

TIMIKA, KTP.com – Maria Natalia Londa asal Bali masih menjadi yang terkuat di nomor lompat jangkit putri setelah berhasil meraih...

Olahraga1 minggu ago

Lalu Muhammad Zohri Tercepat di Nomor 100 Meter PON XX Papua

TIMIKA, KTP.com – Sprinter nasional Lalu Muhammad Zohri yang memperkuat Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil menyabet medali emas di nomor...

Olahraga1 minggu ago

Papua dan Jatim Raih Medali Emas Aeromodeling Kelas F1A

TIMIKA, KTP.com – Atlet Papua dan Jawa Timur (Jatim) sukses meraih medali emas di cabang olahraga aeromodeling Pekan Olahraga Nasional...

Tanah Papua

Advertisement

Trending