Connect with us

Ekonomi

Kodim 1710 Mimika Bersama Satgas Nemangkawi Gelar Baksos di Mandiri Jaya

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Kodim 1710 Mimika bersama dengan Satgas Nemangkawi menggelar kegiatan bakti sosial di Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania Jumat (13/8/2021).

Dalam kegiatan ini sebanyak 350 paket sembako dan dua ekor babi diserahkan kepada warga masyarakat.

“Dalam rangka menyambut HUT-RI yang ke 76 kita melaksanakan baksos di Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania antara Kodim 1710 Mimika dengan Satgas Nemangkawi, kegiatan ini dilaksanakan dibeberapa tenpat namun
fokus sementara yang kita bisa laksanakan bersama yang kita lakukan ini di Kampung Mandiri Jaya, “kata Komandan Kodim 1710-Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya saat ditemui di Kampung Mandiri Jaya Jumat (13/8/2021).

Untuk babi dua ekor yang diserahkan kepada masyarakat dengan harapan babi tersebut dipelihara dan kelak sudah besar nanti diperuntukkan untuk masyarakat.

“kita menyerahkan babi dua ekor dan sembako 350 paket. Selama saya disini kita sudah empat kali melaksanakan kegiatan disini,” kata Yoga.

Yoga mengatakan Kampung Mandiri Jaya merupakan salah satu kampung di Mimika yang bisa menjadi kampung percontohan bagi kampung yang di Mimika.

” Salah satu kampung yang bisa menjadi percontohan adalah Kampung Mandiri Jaya. Miras dilarang masuk ini sudah ada kesepakatan dengan perangkat yang ada di wilayah Kampung Mandiri Jaya. Harapan saya kegiatan ini bisa ditiru oleh Kampung kampung yang lain, “kata Dandim Yoga.(MSC)

Komentar

Ekonomi

Ditengah Pandemi,Satgas Binmas Noken Serahkan Bantun Ke Warga Banti

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Satgas Binmas Noken Polri di pimpinan oleh Kasat Binmas Polres Mimika Iptu Paulus Rande Ratu membagikan Sembako kepada warga Kampung Banti Distrik Tembagapura Rabu (18/7/2021).

Adapun sembako yang dibagikan berupa beras 5kg 50 karung, indomie, kopi, gula, minyak goreng, dan bahan makanan lainnya.

Kasat Binmas Polres Mimika Iptu Paulus Rande Ratu mengatakan bantuan sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri untuk membantu masyarakat.

“saat ini kita sedang dalam masa Pandemi Covid-19 terutama warga yang kurang mampu karena terdampak, agar terjalin tali asih antara masyarakat dan Polri,” kata Paulus dalam keterangan tertulis yang disampaikan oleh Humas Polda Papua Rabu(18/8/2021)

Selain memberikan Sembako pihaknya juga membagikan pita dan bendera Merah Putih kepada anak anak dan warga Kampung Banti.

” kami juga membagikan pita dan juga bendera Merah Putih untuk anak-anak karena hari ini kita masih dalam suasana memperingati hari kemerdekaan RI Ke-76,” kata Paulus.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Ekonomi

Program Kasuari Binmas Noken Mulai Digerakan di Mimika

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Program Kasuari (Kesejahteraan Untuk Anak Negeri) mulai digerakan di Mimika. Salah satunya adalah dengan melakukan pendampingan kepada petani lokal Jhon Murib warga Kampung Mulia Kencana Jalur 6 Distrik Iwaka oleh Binmas Noken Polres Mimika.

Kasat Binmas Polres Mimika Iptu Paulus R. Ratu, SH dalam keterangan tertulis yang disampaikan oleh Humas Polda Papua Minggu (15/8 /2021) mengatakan pihaknya akan terus mendukung kelompok- kelompok tani untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonominya ditengah masa pandemi Covid-19.

“Hari ini kami menyambangi bapak Jhon Murib di Kampung Mulia Kencana Jalur 6 Distrik Iwaka Kabupaten Mimika yang berprofesi sebagai petani dan melakukan pengecekan lahan yang sedang digarap guna mengetahui apa yang di tanam. Dalam kegiatan ini kami bersama keluarga Bapak Jhon Murib menamam padi dilahan miliknya, “kata Paulus.

Paulus mengatakan pendampingan kepada Jhon Murib diharapkan warga menjadi paham bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar sehingga nantinya akan mendapatkan hasil penen yang memuaskan serta mempunyai harga jual yang tinggi dipasaran.

Dalam kesempatan ini dirinya juga mengajak kepada keluarga Jhon Murib untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Kampung Mulia Kencana Jalur 6 Distrik Iwaka Kabupaten Mimika tetap aman dan kondusif.

“Pak Jhon Murib dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terimakasih dengan kehadiran Polri khususnya Binmas Noken Polres Mimika, dikarenakan telah memberikan pendampingan kepada pihaknya , sehingga pihaknya merasa sangat terbantu,”kata Paulus.(MSC/HMS)

Komentar
Continue Reading

Ekonomi

Kapolres Pekalongan Bantu Anak Yatim Terpapar COVID-19

Published

on

By

Pekalongan.KTP.com – Kapolres Pekalongan AKBP DR. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H bersama dengan Ketua Bhayangkari Cabang Pekalongan Ny. Retno Arief Fajar dan Pejabat Utama (PJU) Polres menyambangi sejumlah anak yatim yang ditinggal orang tua akibat terpapar COVID-19.  sambari memberikan santunan serta bantuan sembako.

Kapolres Pekalongan mendatangi langsung kelima anak yatim tersebut yang ada di wilayah Kecamatan Kajen, Kesesi, Karanganyar dan Bojong Kab.Pekalongan, sambil bersilaturahmi.

Kegiatan ini merupakan wujud dari Program yang diinisiasi oleh Kapolda Jateng yaitu “Aku Sedulurmu”, program ini bertujuan untuk membantu anak- anak yatim karena orang tuanya meninggal dunia terpapar COVID-19.

“Pandemi COVID-19 ini memang membawa dampak besar bagi kehidupan semua orang, termasuk dampak ekonomi dan kesehatan. Jajaran Kepolisian pun, berupaya secara maksimal ikut membantu perekonomian warga.” Ujarnya dalam pesan rilis yang diterima, Sabtu (14/08/21).

Lanjut, Arief, terlebih yang terdampak langsung pandemi COVID-19, dengan penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako. (*/REX)

Komentar
Continue Reading

Ekonomi

Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Dukung Usaha Ternak di Kampung Mandiri Jaya

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania meresmikan kandang ternak babi berukuran 20 x 6 meter persegi milik Yopi Kogoya, Selasa (10/8/21).

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Ir. Yosefin Sampelino sekaligus mengecek kondisi kandang.

Sebelum meresmikan pita, Kepala Kampung Mandiri Jaya Elias Mirip mengatakan, peresmian kandang ternak babi merupakan program Kampung Mandiri Jaya dalam rangka meningkatkan perekonomian warga.

“Kampung mandiri jaya, seharusnya waktu lalu kami buat tapi kami mau ibu kadis ada,” kata Elias Mirip.

Anggota DPRD Periode 2014-2019 itu menjelaskan, anggaran DD sebenarnya dialokasikan untuk penanganan covid-19, sementara untuk kampung Mandiri Jaya bukan kampung yang terdampak covid atau dikata zona hijau, sehingga anggaran tersebut disisihkan sedikit untuk membangun hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebenarnya DD itu untuk Penanganan covid tapi kami pakai sedikit untuk membangun kandang, Kalau kami gunakan untuk covid itu tidak ada bekas tapi kami gunakan ini supaya bisa membantu masyarakat,” jelas Elias.

Ia juga berharap, setelah pembangunan kandang ternak, ada kerjasama yang dibangun guna meningkatkan perekonomian demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Semua kegiatan yang kita bangun itu kami mau ada kerjasama,” harapnya.

Sementara itu Koordinator Pendamping Profesional Stefanus Subay mengatakan, ini merupakan langkah awal yang dilakukan pemerintahan kampung guna meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya.

Untuk itu, ia berharap, lahan milik warga yang ada bisa dipergunakan untuk membangun kandang sehingga peternakan di Kampung Mandiri Jaya semakin berkembang.

“Kandang yang sebentar diresmikan oleh ibu kadis, diharapkan kedepan makin hari makin bertambah lagi dan ada kerjasama, kalau tidak nanti tidak akan terurus,” harapnya.

Diberi kesempatan, Kadistrik Wania Richard Wakum mengatakan, pembangunan kandang ternak dan pengembangan usaha ternak merupakan hal yang perlu mendapat perhatian dari dinas.

“Jadi apa yang disampaikan oleh kepala kampung dan pendamping itu menjadi perhatian kami untuk memberikan perhatian khusus bagi masyarakat,” kata Richard Wakum.

Pihak kampung dan dinas sama-sama membangun komunikasi untuk mengembangkan kampung Mandiri Jaya menjadi kampung yang mandiri.

“Pesan saya, tolong komunikasi, kerjasama yang baik supaya perkembangan kampung mandiri kedepan bukan hanya peternakan tapi ada hal-hal lain yang akan dikembangkan dikampung mandiri ini kedepan,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Yosefin Sampelino memberikan apresiasi kepada Kepala Kampung Mandiri Jaya yang sangat memperhatikan warganya.

“Masyarakat kampung mandiri harus bangga karena memiliki pak Mirip (Kepala Kampung) yang betul-betul memperhatikan rakyatnya,” kata Kadisnak Yosenfin.

Lamjutnya, apa yang dibutuhkan masyarakat semua dilakukan, mulai dari pembangunan kampung, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian, pendidikan dan kesehatan warganya, dan juga turut melestsrikan alam.

“Apa yang masih kurang lagi, beliau sudah sediakan untuk masyarakat,” tuturnya.

Kadisnak juga menambahkan, kedepan pihaknya akan bekerjasama dengan kampung Mandiri Jaya.

Hanya saja saat ini tidak ada anggaran yang bisa dikelola lantaran pemerintah tengah fokus untuk penanganan covid-19, persiapan Pesparawi XIII dan PON XX tahun 2021.

Selain itu, ia percaya semua kegiatan yang dilakukan di Kampung Mandiri Jaya akan tetap berjalan walaupun kurangnya pendampingan dari dinas.

Salah satu contoh ternak ayam program dari Disnakeswan sejak 2 atau 3 tahun lalu hingga saat ini masih tetap berjalan dan ternak ayamnya terus berkembang.

“Kami tetap mendukung, karena apa yang kami turunkan tetap berhasil terutama ayam dan babi,” ungkapnya.

Diketahui kandang yang dibangun berukuran 20 x 6 meter persegi, terdapat 16 petak, dengan kapasitas satu petak bisa menampung 2 sampai 3 ekor.

Usai mengecek kondisi kandang ternak, Yosefin mengusulkan agar dibangun beberapa kandang lagi.

Pembangunan beberapa kandang tersebut untuk memisahkan yang jantan dan betina, kemudian kandang untuk proses perkawinan, setelah beberapa minggu, anak-anak babi dipisahkan di kandang sendiri untuk proses pertumbuhan. (JND)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua1 hari ago

Kontingen Pesparawi Kabupaten Puncak Tiba di Timika

TIMIKA,KTP.com –Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Puncak telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021). Penyambutan kontingen dilaksanakan...

Tanah Papua1 hari ago

Dukung Kemajuan Usaha POJ Tambah 8 Unit Kendaraan Dump Truck

TIMIKA,KTP.com – Guna mendukung kemajuan dan kelancaran operasional perusahaan, PT Putra Otomona Jaya (POJ) Mimika menambah 8 unit kendaraan dump...

Tanah Papua1 hari ago

Kontingen Memberamo Raya Baru Pertama Kali Ikut Pesparawi

TIMIKA,KTP.com – Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Mamberamo Raya telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021) untuk...

Tanah Papua2 hari ago

Bupati Omaleng Serahkan Dana 15 Milyar Untuk Konferensi KINGMI

TIMIKA,KTP.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyerahkan bantuan sebesar 1 miliar rupiah dari total bantuan sebanyak 15 miliar untuk pelaksanaan...

Tanah Papua3 hari ago

Kolter Pertama Kontingen Pesparawi Jayawijaya Tiba di Timika

TIMIKA,KTP.com – Kontingen Pesparawi XIII se-Tanah Papua mulai berdatangan di Timika diawali hari ini, Senin (25/10) dengan kedatangan Kabupaten Jayawijaya...

Tanah Papua3 hari ago

Tapal Batas Mimika Dogiyai Masih Bermasalah

TIMIKA,KTP.com – Hingga saat ini masih terjadi tarik ulur terkait tapal batas antara Kabupaten Mimika dan Kabupaten Dogiyai di Kementrian...

Tanah Papua5 hari ago

Galian C Ilegal Semakin Berani Satpol PP Mimika Lapor Polisi

TIMIKA,KTP.com – Praktek galian C ilegal yang berada di kali selamat datang semakun berani bahkan tidak segan-segan melawan Satuan Polisi...

Tanah Papua5 hari ago

Bina Kemampuan Khusus, YPTP Latih Anak Anak Amor Buat Sofa

TIMIKA,KTP.com – Yayasan Pengembangan Telenta Papua (YPTP) terus melakukan upaya-upaya pengembangan kemampuan dan keterampilan bagi anak anak Amungme dan Kamoro...

Tanah Papua6 hari ago

Dukung Pesparawi se – Tanah Papua, Pangansari Utama Sumbangan Lima Kontener Air Mineral

TIMIKA,KTP.com – Sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan Pesparawi se-Tanah Papua yang  berlangsung 30 Oktober – 6 Nopember...

Tanah Papua6 hari ago

Koarmada III Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim di Wilker Lanal Timika

TIMIKA,KTP.com – Komando Armada (Koarmada) III yang merupakan Komando utama TNI AL yang membawahi wilayah laut Indonesia bagian timur,  Jumat...

Tanah Papua

Advertisement

Trending