Connect with us

Tanah Papua

Soal Perkenbangan DPRK Mimika, Begini Penjelasan Kaban Kesbangpol Mimika

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Slamet Purba mengatakan, terkait perkembangan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Mimika jalur pengangkatan masih menunggu pembentukan Panitia Pelaksana (Panpel) dari provinsi.

Menurut Yan Salamt Purba, nantinya apabila sudah dibentuk Panpel maka Panpel akan membentuk Panitia Seleksi (Pansel) sebelum akhirnya melakukan seleksi terhadap Orang Asli Papua (OAP) yang akan diangkat sebagai Anggota Dewan melalui jalur pengangkatan.

Sementara itu, ditanya tentang Petunjuk Teknis (Juknis), begini kata Yan.

(Baca Juga: Mimika Dapat Kuota DPRK Sebanyak 9 Kursi Untuk Tahun Ini)

“Juknis itu nanti Pansel yang buat. Makanya sampai saat ini saya tidak pernah bilang terkait dengan dia punya peraturan di dalam karena itu Pansel yang tetapkan,” ungkap Yan saat ditemui di Hotel Cartenz Timika, Rabu (7/2/2024).

Kemudian, sebagai informasi, para Anggota Dewan yang dipilih melalui jalur pengangkatan ini akan dilantik bersamaan dengan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang terpilih melalui jalur politik.

“Untuk persyaratan secara umum ada di PP 106, (Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2021 Tentang Kewenangan Dan Kelembagaan Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Khusus Provinsi Papua). Tapi nanti setelah itu dijabarkan oleh Pansel, Pansel yang buat persyaratan khususnya,” pungkas Yan.(MWW)

Komentar
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *