Connect with us

Tanah Papua

Tingkatkan Kedisiplinan ASN, Pemkab Puncak Berlakukan Sistem Ambil Gaji di Tempat Tugas

Published

on

ILAGA,KTP.com – Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan aparatur sipil negara (ASN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak, akan memberlakukan sistem pengambilan gaji di tempat tugas dengan diterapkannya sistem Pay-Rool.

Dengan diterapkannya sistem ini, kartu Automated Teller Machine (ATM) tidak dapat digunakan di luar Kabupaten Puncak. Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan disiplin ASN di wilayah tersebut.

Pada apel pagi di halaman kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Puncak, Penjabat (Pj) Sekda Puncak Zainudin Rahcman, S.STP., M.Si. saat memimpin apel ASN di Halaman Kantor Bupati Puncak Ilaga, Senin (29/1/2024) menegaskan, ini bukanlah suatu gertakan belaka, pengambilan gaji maupun hak lainya yang melekat pada ASN hanya bisa diambil di tempat tugas atau di wilayah pemerintahan Kabupaten Puncak, yaitu di Bank Papua cabang Ilaga, atau kas Bank Papua Distrik Sinak dan Kantor Kas Bank Papua Distrik Beoga, melalui buku Tabunganku.

“Mulai bulan Februari gaji ASN Kabupaten Puncak, akan diterima di tempat tugas, hal ini semata-mata untuk meningkatkan kedisiplinan bagi ASN yang ada diluar tempat tugas, untuk kembali ke tempat tugas,” tutur Zainudin.

Untuk diketahui, kebiajakan ini sudah pernah dilakukan oleh Mantan Bupati Puncak Willem Wandik, M.Si tahun 2023 lalu, namun karena pertimbangan kondisi keamanan Kabupaten Puncak yang relatif tidak kondusif, maka kebijakan ini akhirnya tidak dijalankan secara maksimal.

ASN Kabupaten Puncak Ikut Apel Pagi di halaman Kantor Bupati Kabupaten Puncak dan di pimpin Penjabat Sekda Puncak Zainudin Rahcman, S.STP., M.Si.

Zainudin menyebutkan. pihaknya juga sudah memberikan peringatan kepada para bendahara agar tidak lagi mentransfer gaji para ASN.

Ini artinya, kebijakan tersebut dilakukan bukan untuk mengurangi hak para ASN, namun juga mengapresiasi ASN atas dasar keadilan, dimana ada ASN yang selalu bertugas ditempat tugas sebab masyarakat sangat membutuhkan pelayanan yang baik dan maksimal dari pemerintah.

Ini juga menjadi peringatan bagi ASN yang kerap berada di luar daerah dan tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Jika diluar tempat tugas tiga bulan kita masih pertimbangkan, namun bila lewat dari tiga bulan tidak melaksanakan tugas, itu sudah luar biasa bahkan ke depan jika kelakuan masih saja tetap, maka kami akan pertimbangkan melakukan petunjuk teknik termasuk pedoman tata cara bagaimana penyetoran beban kerja ke kas daerah, karena dalam hal penyetoran ini hati-hati jika salah akan menimbulkan masalah,” tegasnya.

Sementara itu, terkait dengan Pemilu yang akan dilaksanakan 14 februari mendatang, PJ Sekda dalam arahannya kepada para ASN, berharap agar Para ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Puncak harus bersikap netral dan tidak berpolitik, bersama-sama dengan penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu, TNI-Polri harus netral, apalagi sudah ada instruksi dari Bupati tahun 2023, tetang ASN Puncak agar bersikap netral.(MWW)

Komentar