Connect with us

Tanah Papua

Diklat Prajabatan CPNS dan Orentasi PPPK Formasi Tahun 2021 Dibuka Secara Resmi oleh Bupati Mimika

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Bupati Mimika, Dr Eltinus Omaleng, membuka secara resmi Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Orentansi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Formasi Tahun 2021 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Papua Tahun 2023 yang dilaksanakan di Gedung Tongkonan,Kamis (30/11/2023).

Bupati Mimika dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, ASN terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“PNS maupun PPPK merupakan bagian dari ASN yang telah memenuhi syarat, dan diangkat berdasarkan surat keputusan
calon pegawai negeri sipil dan perjanjian kerja untuk waktu tertentu yang mempunyai peranan penting dalam
penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan,”kata Bupati Omaleng.

Di era demokratisasi dan transparansi saat ini, segenap aparatur sipil negara terus menerus menjadi sorotan dan nilai kritis oleh semua elemen masyarakat, sehingga peningkatan individu aparatur sipil negara penting untuk ditumbuh kembangkan.

Diklat prajabatan dan orientasi merupakan langkah percepatan penyesuaian diri bagi peserta CPNS maupun PPPK, sebagaimana diamanatkan oleh praturan Kepala Lembaga Administrasi Nomor 15 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengembangan kompetensi PPPK.

Bupati berpesan peserta diharapkan agar
bersungguh-sungguh dalam mengikuti diklat dan orientasi ini dengan menaati semua peraturan yang telah ditetapkan, sebab kompetensi yang tinggi sangat diperlukan sejalan dengan tuntutan perkembangan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan aparatur sipil negara.

“atas nama pemerintah Kabupaten Mimika, saya mengucapkan terima kasih kepada kepala BPSDM
Provinsi papua atas kerjasamanya dengan
pemerintah Kabupaten.

Mimika dalam menyelenggarakan pendidikan dan prajabatan serta orientasi PPPK yang dilaksanakan saat ini,”kata Bupati Mimika.

Ketua Panitia Diklat Prajabatan CPNS dan Orentasi (PPPK) Formasi Tahun 2021, Yulius Piligame, dalam laporannya mengatakan kegiatan Diklat prajabatan CPNS dilaksanakan mulai dari tanggal 30 November 2023 sampai
dengan tanggal 07 Desember 2023.

Sedangkan orientasi PPPK dilaksanakan mulai tanggal 30 November 2023
sampai dengan 05 Desember 2023.

“Pembelajaran dilakukan secara klasikal bertempat di hotel Cenderawasih 66 dan hotel Grand Tembaga Timika”kata Yulius.

Yulius mengatakan widyaiswara dan instruktur penyelenggaraan
kegiatan diklat prajabatan dan orientasi PPPK, adalah wujud kerjasama antara BKPSDM Kabupaten Mimika bersama BPSDM Provinsi Papua dengan narasumber atau widyaiswara berasal dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua.

Peserta prajabatan dan orientasi PPPK berasal dari formasi khusus tenaga honorer K1 dan K2 tahun 2021 sebanyak 600 orang dengan rincian yang telah ditetapkan oleh Menpan-RB sebanyak 595 orang.

Dalam proses sampai dengan pelaksanaan tes CAT sebanyak 528 orang, penyelesaian administrasi sampai dengan penetapan NIP sebanyak 498.

Sedangkan 30 orang lainnya masih dalam proses penetapan NIP dan perbaikan melalui aplikasi dan koordinasi dengan pihak BKN khususnya
Kanreg IX BKN Jayapura dan Menpan-RB, hasilnya akan menyusul bersama sisa formasi lainnya.

Sehingga peserta prajabatan CPNS dan Orientasi PPPK yang dilaksanakan saat ini
adalah sebagai berikut,sisa CPNS formasi tahun 2013 dan 2019 Tanggal Mulai Tugas (TMT) SK tahun 2019 dan 2021 sebanyak 10 orang.

CPNS formasi tahun 2021 TMT SK tahun 2023 sebanyak 343 orang

PPPK formasi tahun 2021 TMT SK tahun 2023 sebanyak 155 orang.(MAR)

Komentar