Connect with us

Tanah Papua

Exhibition & Job Fair 2023 di Timika,Solusi Kongkrit Tekan Angka Pengangguran

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Energi dan Sumber Daya Mineral, Provinsi Papua Tengah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kabupaten Mimika menggelar Exhibition & Job Fair 2023.

Kegiatan dilaksanakan di halaman Hotel Horison Ultima- Timika Selasa (7/11/2023). Ribuan Pencari Kerja (Pencaker) sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Antrian panjang ribuan Pencaker mengular hingga keluar halaman hotel tersebut.

“Ini adalah salah satu langkah kongkrit yang dilakukan oleh ibu Gubernur Provinsi Papua Tengah.Kita ini merupakan Satgas Pengangguran yang dibentuk. Jadi ini salah satu langkah pengangguran,”kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua Tengah,Frets James Boray,saat ditemui di Hotel Horison Ultima Timika.

Frets mengatakan jumlah pengangguran di Mimika sangat tinggi sehingga melalui kegiatan ini pemerintah menyiapakan pasar kerja melalui perusuhan perusahan yang ada di Mimika.

Kurang lebih 131 perusahaan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Para pencari kerja yang ikut dalam kegiatan tersebut bisa mendaftarkan diri sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan oleh perusahan.

“mereka yang daftar hari ini nanti disesuikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh perusahan. Harapan kami sekitar 2000 karena tingkat pengangguran di Kota Timika ini ada 6.000, yang ter-update di data kita ada 4.000″kata Frets.

400 sampai 500 lowongan yang disediakan dalam kegiatan ini dan para Pencaker melamar sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan perusahan. Untuk penentuan diterima atau tidak seorang pelamar sepenuhnya ditentukan perusahan pihaknya hanya mefasilitas membuka lapangan kerja.

“Kita mau tenaga kerja lokal di sini diberdayakan dulu baru kita terima dari luar. Kita memprioritaskan Orang Asli Papua (OAP) 70 persen”kata Frets.(MARSEL )

Komentar
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *