Connect with us

Tanah Papua

Deklarasi Kampanye Damai KPUD Mimika Nyaris Tanpa Kehadiran Parpol

Published

on

TIMIKA, Kabartanahpapua.comKomisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika menyelenggarakan Deklarasi Kampanye Damai yang dihadiri oleh 4 pasangan calon (paslon) beserta dua ribuan massa pedukung di Lapangan Timika Indah, Timika, Kabupaten Mimika, Selasa (20/3/2018).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua KPUD Mimika Theodora Ocepina Magal, Ketua Panwaslu Mimika Toni Lehander Agapa, KabagOps Polres Mimika Kompol Toni Upuya dan Komandan Koramil Timika Kapten Inf Teguh Heru.

Sebelum kegiatan berlangsung, diawali apel pengamanan yang diikuti anggota Polres Mimika dan Koramil Timika yang dipimpin Kompol Toni Upuya. Selanjutnya dilaksanakan konvoi keliling Kota Timika melalui sejumlah ruas jalan utama dan kembali ke Lapangan Timika Indah.

(Baca Juga: Panwaslu Kabulkan Permohonan OMTOB, SK Penetapan Paslon Pilkada Mimika Batal)

Ketua Panwaslu Mimika Toni Agapa meminta kepada 4 paslon agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Menurutnya keberhasilan pelaksanaan pilkada bukan hanya tanggung jawab aparat namun menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Kami akan memberitahu bahwa kami wasit. Sebelum menyampaikan ke pelatih atau tim sukses dari paslon, silahkan maju ke depan, jangan salahkan wasit, tapi tanyakan pelatihnya apabila terjadi kesalahan. Kalian hadir di tempat ini saya harap situasi ini bisa bertahan sampai dengan 27 Juli 2018,” kata Toni dalam sambutannya.

Sementara Ketua KPUD Mimika, Ocepina Magal menegaskan bahwa KPUD sebagai penyelenggara pemilu berdasarkan amanat undang-undang pemilu. Ia meminta kepada para paslon dan tim sukses untuk melaksanakan kampanye terbuka dengan damai dan menyampaikan visi misi yang bermartabat untuk membangun Kabupaten Mimika.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan pilkada serentak di seluruh Indonesia terutama di Kabupaten Mimika. Mari kita ciptakan Mimika damai, tidak ada konflik demi kedaulatan negara kuat,” kata Ocepina Magal.

Ketua KPUD Mimika Theodora Ocepina Magal ikut berkonvoi keliling Kota Timika. (ist)

Pada kesempatan itu, Ocepina menyampaikan bahwa salah satu calon bupati yakni Hans Magal adalah saudara kandungnya, namun ia menegaskan tidak akan berpihak kepada salah satu calon. “Saya tegaskan bahwa saya bekerja dengan asas jujur, adil, mandiri, keterbukaan, profesionalitas, efisiensi dan aksesibilitas,” kata Ocepina.

Setelah sambutan Ketua KPUD Mimika, dilanjutkan dengan pelaksanaan deklarasi pilkada damai dan penandatanganan deklarasi pilkada damai oleh ke-4 paslon. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama ke-4 paslon dengan Ketua KPUD dan Panwaslu Mimika serta perwakilan Forkompimda Mimika yang diwakili KabagOps Polres Mimika dan Danramil Timika.

Minim Keterlibatan Parpol

Pelaksanaan deklarasi kampanye damai yang digelar KPUD Mimika, nyaris tanpa kehadiran perwakilan partai politik (parpol) di Kabupaten Mimika.

(Baca Juga: Akhirnya Permainan Kotor KPUD Mimika Terbongkar)

Sejumlah perwakilan parpol bahkan menilai pelaksanan deklarasi pilkada damai tersebut ilegal karena dalam sidang musyawarah sengketa pilkada yang digelar Panwaslu Mimika sudah membatalkan Surat Keputusan (SK) KPUD Mimika Nomor 05/HK.03.1-Kpt/ 9109/ KPU-Kab/ II/ 2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika 2018.

Terlebih karena sejak keputusan Panwaslu tersebut, KPUD Mimika belum menggelar rapat pleno penetapan paslon peserta pilkada Mimika 2018. “Kami tidak hadir,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mimika Yohanes Felix Helyanan.

Hal senada diungkapkan Ketua DPC Perindo, Munawir Yakub yang menilai kegiatan tersebut tidak punya landasan hukum. “Khusus Partai Perindo kami tidak hadir, itu kegiatan ilegal,” kata Munawir Yakub.

Ketua DPC Partai Golkar yang juga Petahana Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menegaskan saat ini Pilkada Mimika status quo pascakeputusan Panwaslu Mimika. “Itu kegiatan ilegal, sekarang Pilkada Mimika status quo sambil menunggu putusan hukum Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN) Makassar. Karena SK KPUD Mimika Nomor 5 sudah dibatalkan,” ujar Eltinus.

Terkait keputusan ‘abu-abu’ Panwaslu Mimika, sempat disinggung Majelis Etik pada Sidang Kode Etik terhadap 5 komisioner KPUD Mimika. Saat itu, salah seorang anggota Majelis Etik menanyakan kepada Ketua Panwaslu Mimika terkait keputusan tersebut.

“Apakah ada SK KPUD Mimika Nomor 05/HK.03.1-Kpt/ 9109/ KPU-Kab/ II/ 2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika 2018 atas nama Eltinus Omaleng – Johannes Rettob?” tanya Marthen Ferry Kareth.

Karena mendapat penjelasan yang tidak jelas dan berputar-putar dari Toni Agapa, Ferry Kareth mengingatkan bahwa SK KPU tersebut hanya satu dan tidak ada atas nama tertentu. “SK KPUD Nomor 5 cuma satu dan tidak ada SK lain atas nama tertentu. Artinya kalian telah membatalkan SK tersebut,” kata Ferry Kareth.

(Baca Juga: Sidang Kode Etik, Komisioner KPUD Mimika Terindikasi Lakukan Banyak Pelanggaran)

Mengenai status quo pascaputusan Panwaslu Mimika tersebut juga diakui oleh para saksi ahli yang diajukan oleh KPUD Mimika dan paslon OMTOB pada sidang di PT-TUN Makassar pekan lalu. Ketua Majelis Hakim PT-TUN dalam sidang sengketa yang diajukan OMTOB kepada KPUD Mimika, Dilmar Tatawi SH mengamini pembatalan SK KPUD Nomor 5 oleh Panwaslu Mimika bersifat mutlak dan berlaku untuk semua isi SK.

Ketua KPUD Mimika Theodora Ocepina Magal memberikan permen untuk peserta cilik dalam pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Mimika. (ist)

Cara Lama KPUD Mimika Memaksakan Tahapan Pilkada

Salah seorang pengurus parpol di Mimika mensinyalir langkah KPUD Mimika menggelar deklarasi pilkada damai sebagai upaya untuk memaksakan proses pilkada Mimika dan memberi kesan kepada publik bahwa apa yang dilakukan KPUD sudah sesuai dengan prosedur.

“Mereka (KPUD) masih menggunakan cara-cara lama dan sengaja memaksakan  kegiatan ini seolah-olah tidak ada masalah dengan Pilkada Mimika. Jika mereka lebih cerdas harusnya lebih dulu menggelar rapat pleno penetapan paslon, namun itu tidak dilakukan. Artinya saat ini tidak ada peserta pilkada atau status quo. Karenanya akan lebih arif jika menunggu proses hukum yang tengah berlangsung,” kata pengurus parpol tersebut yang enggan disebut identitasnya. (Rex/Ong)

Komentar

Tanah Papua

Kontingen Pesparawi Kabupaten Puncak Tiba di Timika

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com –Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Puncak telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021).

Penyambutan kontingen dilaksanakan dengan pengalungan noken oleh Ketua Umum Panitia Pesparawi XIII Kabupaten Mimika, Johanes Rettob, yang diwakili oleh Seksi Acara dan Portokel, Slamet Sutejo kepada Ketua Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Daerah (LPPD) Kabupaten Puncak Lopi Tabuni.

Usai acara penyambutan, kontingen langsung diarahkan panitia menuju bus yang sudah disediakan di depan pintu kedatangan bandara Mozes Kilangin Timika dan langsung bergerak menuju ke lokasi penginapan.

(Baca Juga: Kontingen Memberamo Raya Baru Pertama Kali Ikut Pesparawi)

Ketua LPPD Kabupaten Puncak Lopi Tabuni saat ditemui di bandara Mozes Kilangin menyampaikan apresiasi kepada panitia atas penyambutan yang luar biasa terhadap kontingen Kabupaten Puncak di bandara.

”Sebelumnya dalam rapat rapat kami yakin panitia sudah siap menangani pesta akbar yang dilaksanakan di tanah Amungsa bumi Kamoro,”kata Lopi.

Jumlah peserta yang ikut dalam kontingen Pesparawi Kabupaten Puncak berjumlah 146 orang. Kontingen Kabupaten Puncak akan ikut dalam sembilan kategori lomba yakni paduan suara remaja,anak,campuran,vokal group,band, solo dan etnik dari 12 kategori yang diperlombakan.

“Targetnya, kita optimis masuk dalam juara”kata Lopi.(MSC)

 

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Dukung Kemajuan Usaha POJ Tambah 8 Unit Kendaraan Dump Truck

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Guna mendukung kemajuan dan kelancaran operasional perusahaan, PT Putra Otomona Jaya (POJ) Mimika menambah 8 unit kendaraan dump truck untuk operasional perusahaan. Ke 8 unit kendaraan tersebut di berkati dengan cara melakukan ibadah pemberkatan dipimpin oleh, Pastor Yosep Ikititaro di mile 28, Rabu (27/10).

Pimpinan PT Putra Otomona Jaya, Gergorius Okoare dalam sambutannya berterima kasih kepada PT Freeport atas dukungannya hingga saat ini. Dukungan dari PTFI selama ini sangat luar biasa.

“Freeport memberikan suatu pemanfaatan untuk bisa bekerjasama diatas tanah ini. Ini supaya kita memacu, berinovasi dan bisa berpeluang dimana saja semuanya sudah ada,” kata Gery sapaan karib Gergorius Okoare.

Gery mengungkapkan, langkah-langkah yang diambil untuk masyarakat Papua asli baik Amungme maupun Kamoro ini peluangnya sudah ada. Namun, bagaimana cara mengelolanya itu yang harus diamati secara baik dan harus diikuti semua jalur. Tidak semudah yang diharapkan.

“Ini kalau hanya asalnya minta-minta terus, maka Managemen Freeport juga akan melihat bahwa ini bagaimana, apakah mampu berkembang atau tidak dan lainnya. Peluangnya sudah ada sebenarnya bagi masyarakat asli Papua, tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang itu dengan baik saja. Kita harus mengelolanya dengan baik dan mampu berkembang,” ungkapnya.

Gery mengajak kepada pengusaha lokal binaan Freeport, melalui departemen yang dibangun PTFI yakni SLD agar generasi lainnya bisa mengikuti ini. Atau memanfaatkan kesempatan ini.

“Sekolahnya sudah ada. Saya pun berkembang dari program ini. Saya berpesan agar yang lainnya bisa memanfaatkan ini. Saya bersyukur karena ini dari PTFI, kalau pemerintah biasanya saya malas kalau bermitra dengan pemerintah. Lebih baik saya yang lurus-lurus saja. Jadi Freeport itu bayar yang lurus-lurus saja. Kalau pemerintah tidak,” katanya.

(Baca Juga: Pelaku Usaha Di Mimika Siap Dukung Pesparawi)

Menurutnya, selain dari dukungan PTFI ini juga karena dukungan dari Bank BRI. Sebab, dirinya juga memulai usaha ini atas dukungan dana dari pihak Bank BRI.

“Kalau saya kesana mereka langsung layani saya. Jadi saya senang bermitra dengan bank. Saya selalu memberikan pertimbangan saat mengambil yang di bank karena mengingat kadang pekerjaan ini berjalan mulus dan kadang tidak,” tuturnya.

Gery mengatakan, bahwa semua ini juga berkat dukungan dan kontribusi dari seluruh karyawan, sebab karyawan adalah aset perusahaan. Dengan dukungan dari seluruh karyawan maka PT Putra Otomona Jaya tetap maju terus dan tahap demi tahap dapat berkembang lebih besar lagi.

Gery mengaku bahwa semua itu adalah modal keberanian saja. Bahwa memulai segala sesuatu itu nekat. Tentu, pasti ada pertimbangan, tetapi kalau selalu ada dalam pertimbangan terus pasti tidak akan maju.

“Jadi jujur kami berangkat dari modal kepercayaan. Saya harap semua semangat, kendaraan ini baru jadi gunakan baik supaya kendaraan ini bisa menghasilkan uang untuk kita semua. Baik untuk keluarga karyawan dan keluarga saya serta semuanya,”ujarnya.(DEN)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Kontingen Memberamo Raya Baru Pertama Kali Ikut Pesparawi

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Mamberamo Raya telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021) untuk ikut ambil bagian pertama kali dalam perhelatan Pesparawi XIII.

Penyambutan kontingen dilaksanakan dengan pengalungan noken oleh Ketua Umum Panitia Pesparawi XIII Kabupaten Mimika, Johanes Rettob, yang diwakili oleh Seksi Acara dan Portokoler, Slamet Sutejo kepada Asisten lll Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Memberamo Raya yang juga merupakan Ketua Kontingen Memberamo Raya , Ramses Asmuruf.

Usai acara penyambutan, kontingen langsung diarahkan panitia menuju bus yang sudah disediakan di depan pintu kedatangan bandara Mozes Kilangin Timika dan langsung bergerak menuju ke lokasi penginapan.

(Baca Juga: Kolter Pertama Kontingen Pesparawi Jayawijaya Tiba di Timika)

Asisten lll Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Memberamo Raya yang juga Ketua Kontingen Memberamo Raya , Ramses Asmuruf saat ditemui di Bandara Moses Kilangin mengatakan bahwa Pesparawi XIII di kabupaten Mimika merupakan pertama kalinya kabupaten Memberamo Raya ikut ambil bagian menjadi peserta dalam lomba Pesparawi terakbar di tanah Papua.

“Kita baru pertama kali ikut Pesparawi XIII di kabupaten Mimika,”kata Ramses.

Ramses mengatakan kontingen Memberamo Raya sendiri berjumlah 101 orang terdiri dari penyanyi dan ofisial.

Kontingen Memberamo Raya sendiri akan ambil bagian dalam tiga kategori lomba yakni paduan suara campuran, paduan suara wanita dan vokal grup.

“Terima kasih atas penyambutan yang sangat meriah dan antusias dalam rangka Pesparawi XIII,”kata Ramses.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Bupati Omaleng Serahkan Dana 15 Milyar Untuk Konferensi KINGMI

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyerahkan bantuan sebesar 1 miliar rupiah dari total bantuan sebanyak 15 miliar untuk pelaksanaan konferensi kingmi yang rencananya akan dilaksanakan pada 31 Oktober – 6 November mendatang.

Dana tersebut diberikan kepada Bupati Puncak yang juga selaku ketua Panitia pelaksana Konferensi Kingmi Wilem Wandik, penyerahan tersebut dilaksanakan di Gereja Kingmi, Mile 32, Selasa (26/10/2021).

“Bantuan ini nanti kemudian akan diserahkan kepada Ketua panitia 1 dan 2 untuk diberikan kepada koordinator bidang-bidang pelaksanaan contohnya ke bidang konsumsi dan yang lainnya,” ungkapnya dalam kegiatan penyerahan bantuan tersebut.

Bupati Omaleng mengungkapkan akan membagi rata seluruh dana kepada bidang-bidang kepanitiaan.

“Bantuan ini baru satu (1 miliar) belum yang lain, saya akan serahkan lagi uang sebesar 5 miliar untuk acara mulai tanggal 1-6 November mendatang,”ungkapnya.

Untuk masalah konsumsi Bupati menekankan agar masyarakat atau jemaat memilih satu orang untuk bertanggungjawab melaksanakan tugas sebagai koordinator.

“Mama-mama perlu memilih satu orang yang dipercaya, karena saya akan kasih uang, untuk beli sayur dan kebutuhan konsumsi lainnya, mungkin dari Mimika satu, Puncak satu, atau bagaimana,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan yang juga Bupati Puncak Wilem Wandik mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mimika yang telah memberikan bantuan 1 miliar dari total 15 miliar untuk pelaksanaan konferensi Kingmi.

(Baca Juga: Kolter Pertama Kontingen Pesparawi Jayawijaya Tiba di Timika)

“Secara resmi kami menerima bantuan sebesar 1 miliar dari 15 miliar yang diberikan oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng hari ini,” katanya.

Wilem menambahkan dana yang diberikan sebanyak 1 miliar akan digunakan untuk upacara bakar batu dan konsumsi peserta konferensi Kingmi.

“Jangan dilihat 1 miliarnya atau dua dan tiga, 10 ribu rupiah saja itu adalah uang tuhan, jadi panitia jangan menyalahgunakannya, karena yang diberikan ini (dana) adalah amanah dari Tuhan untuk dilaksanakan,”ujarnya.(DEN)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua1 hari ago

Kontingen Pesparawi Kabupaten Puncak Tiba di Timika

TIMIKA,KTP.com –Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Puncak telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021). Penyambutan kontingen dilaksanakan...

Tanah Papua1 hari ago

Dukung Kemajuan Usaha POJ Tambah 8 Unit Kendaraan Dump Truck

TIMIKA,KTP.com – Guna mendukung kemajuan dan kelancaran operasional perusahaan, PT Putra Otomona Jaya (POJ) Mimika menambah 8 unit kendaraan dump...

Tanah Papua1 hari ago

Kontingen Memberamo Raya Baru Pertama Kali Ikut Pesparawi

TIMIKA,KTP.com – Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Mamberamo Raya telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021) untuk...

Tanah Papua2 hari ago

Bupati Omaleng Serahkan Dana 15 Milyar Untuk Konferensi KINGMI

TIMIKA,KTP.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyerahkan bantuan sebesar 1 miliar rupiah dari total bantuan sebanyak 15 miliar untuk pelaksanaan...

Tanah Papua3 hari ago

Kolter Pertama Kontingen Pesparawi Jayawijaya Tiba di Timika

TIMIKA,KTP.com – Kontingen Pesparawi XIII se-Tanah Papua mulai berdatangan di Timika diawali hari ini, Senin (25/10) dengan kedatangan Kabupaten Jayawijaya...

Tanah Papua3 hari ago

Tapal Batas Mimika Dogiyai Masih Bermasalah

TIMIKA,KTP.com – Hingga saat ini masih terjadi tarik ulur terkait tapal batas antara Kabupaten Mimika dan Kabupaten Dogiyai di Kementrian...

Tanah Papua5 hari ago

Galian C Ilegal Semakin Berani Satpol PP Mimika Lapor Polisi

TIMIKA,KTP.com – Praktek galian C ilegal yang berada di kali selamat datang semakun berani bahkan tidak segan-segan melawan Satuan Polisi...

Tanah Papua5 hari ago

Bina Kemampuan Khusus, YPTP Latih Anak Anak Amor Buat Sofa

TIMIKA,KTP.com – Yayasan Pengembangan Telenta Papua (YPTP) terus melakukan upaya-upaya pengembangan kemampuan dan keterampilan bagi anak anak Amungme dan Kamoro...

Tanah Papua6 hari ago

Dukung Pesparawi se – Tanah Papua, Pangansari Utama Sumbangan Lima Kontener Air Mineral

TIMIKA,KTP.com – Sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan Pesparawi se-Tanah Papua yang  berlangsung 30 Oktober – 6 Nopember...

Tanah Papua6 hari ago

Koarmada III Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim di Wilker Lanal Timika

TIMIKA,KTP.com – Komando Armada (Koarmada) III yang merupakan Komando utama TNI AL yang membawahi wilayah laut Indonesia bagian timur,  Jumat...

Tanah Papua

Advertisement

Trending