Connect with us

Tanah Papua

Tiga Distrik di Mimika Masuk Zona Merah Penyebaran Virus ASF

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Tiga distrik di Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah yakni Distrik Mimika Baru,Distrik Wania dan Distrik Kuala Kencana telah masuk zona merah penyebaran virus African Swine Fever (ASF)

Data terbaru 519 ekor babi di Mimika dilaporkan mati terserang wabah virus ASF.

(Baca Juga: Bupati Himbau Peternak Babi Wajib Kuburkan Babi yang Mati Terserang Virus ASF)

“Sempai Senin (5/2/2024) sore 519 ekor babi yang mati,hari ini kita belum update. Kemarin capai 30 ekor mati dalam satu hari,” Kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh Sabelina Fitriani saat ditemui di Timika,Selasa (6/2/2024).

Penyebaran virus ASF di Kabupaten Mimika sudah semakin tak terkendali, oleh karena itu dirinya meminta kepada seluruh peternak babi di Kabupaten Mimika agar wajib mengikuti seluruh himbauan yang telah disampaikan pihaknya.

“Kita melihat virus ini semakin susah untuk dikendalikan karena kita sudah ada himbauan dan lain lain, tapi masyarakat ada yang beli di lokasi merah merah, ada yang buang bangkai di sungai,kandang saling berdempetan satu dengan yang lain. Otomatis penyebaran virus itu semakin cepat. Kita sudah lihat ada kasus di SP 2, SP3 juga sudah mulai ada. Sekarang sudah tiga distrik daerah merah yakni Kuala Kencana, Mimika Baru, Wania,” kata Sebelina.(MAR)

Komentar