Connect with us

Tanah Papua

Bappeda Puncak Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

Published

on

ILAGA,KTP.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Puncak,Provinsi Papua Tengah, menggelar Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 sesuai dengan Permendagri Nomor 1 Tahun 2024 tentang pedoman RPJBD.

Kegiatan dihadiri oleh Penjabat Bupati Puncak, Ir Darwin Tobing, serta tim pendamping dari Bappeda Propinsi Papua Tengah, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemkab Mimika, para Kepala Distrik dan ASN, di Aula Bappeda Puncak, Ilaga,Kamis (22/2/2024).

Pj Bupati Puncak Ir,Darwin Tobing, dalam sambutannya mengatakan kegiatan RPJPD merupakan kali pertama di laksanakan di Kabupaten Puncak dan merupakan amanat UU terutama bagi kepala daerah, se Indonesia, agar dapat membatu kepala daerah definif dalam menentukan visi misi daerah masing-masing dengan berpedoman pada RPJPD yang telah disepakati.

Pj Bupati mengatakan, sesuai dengan apa yang tertera dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa, rancangan awal RPJPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

“Jadi forum ini merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder di Kabupaten Puncak,ini dalam mewujudkan RPJPD periode 2025–2045 yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Provinsi Papua Tengah,” jelas Mantan Kepala Bappeda Puncak ini.

Lanjut Pj Bupati Puncak”RPJPD ini nantinya akan menjadi tolak ukur bagi proses penyusunan rancangan teknokratik RPJMD Kabupaten puncak tahun 2025-2029 yang sekaligus akan menjadi acuan dalam
Penyusunan RKPD tahunan Kabupaten Puncak tahun 2025,”.

Oleh sebab itu,kata mantan staf Bappeda Provinsi Papua ini, RPJPD Kabupaten Puncak tahun 2025-2045 bersama Rancangan teknokratik RPJPM Kabupaten Puncak tahun 2025-2029 akan menjadi rujukan bagi para kontestan pemilihan kepala daerah tahun 2024 dalam penyusunan formulasi visi, misi dan program prioritas yang merupakan implementasi dari rencana jangka panjang pembangunan Kabupaten Puncak di periode pertama 2025-2029.

Sementara itu,Kepala Bappeda Kabupaten Puncak Melianus Hagabal,SE,MM mengatakan M
maksud dan tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik RPJPD Kabupaten Puncak 2025-2045 adalah untuk memperoleh masukan dan saran serta isu-isu yang berkembang di Kabupaten Puncak.

“Sedangkan tujuannya adalah apa yang kami lakukan dalam konsultasi publik ini kiranya dapat menjawab permasalah yang terjadi saat ini dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya isu-isu tersebut untuk 20 tahun kedepan,”terangnya.(Diskominfo-Puncak/MAR)

Komentar