Connect with us

Uncategorized

Kadinkes Mimika Reynold Ubra: Kasus Covid Di Mimika Turun Drastis

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan, kasus kesembuhan karena Covid di Kabupaten Mimika saat ini mencapai angka 96 persen.

“Pada awal Agustus pasien yang di isolasi  mencapai1.400 orang, kini tersisa 102 orang,”kata Reynold di kantor Pusat pemerintahan Mimika, Senin (13/9/2021).

Menurut Reynold menurunnya kasus Covud di Mimika karena vaksinasi yang dengan gencar terus dilaksanakan.

“Vaksinasi memberikan kekebalan tubuh bagi masyarakat dan hasil vaksinasi angka kasus Covid-19  di Kabupaten Mimika terus menurun,” tuturnya.

Reynold mengungkapkan saat ini tenaga kesehatan bersama TNI dan Polri  di Kabupaten Mimika terus  berkolaborasi dalam rangka meningkatkan pelayanan vaksinasi di Mimika.

(Baca Juga: Antusiaisme Warga Mimika Untuk Ikut Vaksin Covid-19 Terus Meningkat)

Pihaknya memastikan sebelum hajatan pekan olahraga nasional (PON) Papua, Mimika menargetkan 70 persen dari 172.185 jiwa masyarakat Mimika harus menerima vaksinasi minimal dosis pertama.

“Kami kejar dosis pertama minimal 70 pertama. Sementara dosis pertama sudah tembus 53,3 persen sedangkan dosis kedua 36 persen,” ungkapnya.

Reynold menambahkan, jika semua masyarakat mau di Vaksin maka Mimika bisa kembali hidup normal.

“Kalau semua mau di vaksin berarti kita sudah bisa hidup normal,”ujarnya.(DEN)

Komentar

Uncategorized

Diskominfo Gelar Kegiatan Media Gathering Dengan Wartawan di Timika

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika, menggelar media gathering bersama para jurnalis di Kota Timika.

Puluhan wartawan di Kota Timika hadir dalam kegiatan yang di gelar di hotel Samumambo, jalan Cenderawasih-Timika Jumat (19/11/2021).

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Yulianus Sasarari, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih banyak kepada jurnalis Mimika yang selalu memberitakan setiap kegiatan dan juga agenda agenda besar yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

“Memberikan informasi, kepada masyarakat kita pembangunan di berbagai bidang-bidang yang dilakukan oleh pemerintah daerah.Mewakili pimpinan saya menyampaikan terima kasih kepada kita semua.”kata Yulianus.

Dirinya berharap melalui forum media gathering, usul dan saran dari jurnalis Mimika untuk pemerintah daerah juga bisa disampaikan.

(Baca Juga: Presiden Jokowi Akui Peran Media yang Membesarkan Namanya)

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Mimika, Abraham Kateyauw, dalam arahannya mengatakan kegiatan media gethering yang dilaksanakan ini adalah agenda tahunan yang sudah diprogramkan di tahun 2021.

“Kita mendengarkan apa yang menjadi harapan dan keluhan teman teman, di wadah ini kita bisa saling tukar pikiran.”kata Abraham.

Dirinya berharap agar melalui kegiatan media gathering ini ada masukan dan usul saran yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi kedepan.

Dalam sesi dialog tersebut ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh para jurnalis yakni keterbukaan informasi oleh pemerintah daerah, Dinas Kominfo, harus lebih mengambil peran lagi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait pembangunan pembagunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Para jurnalis juga meminta kepada, Diskominfo, Kabupaten Mimika, agar bisa mengagendakan tatap muka antara para jurnalis dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dimana dalam pertemuan tersebut para pimpinan OPD bisa memaparkan setiap progam yang telah dikerjakan agar bisa dipublikasikan kepada masyarakat.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Nasional

Imam Keuskupan Timika Serukan Gencatan Senjata di Intan Jaya

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Para imam projo Gereja Katolik Keuskupan Timika, Papua, menyerukan segera dilakukan gencatan senjata antara aparat TNI-Polri dengan pihak kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau Tentara Pembebasan Nasional – Organisaasi Papua Merdeka (TPN-OPM), Gencatan senjata itu diharapkan dapat mengakhiri konflik bersenjata yang berkepanjangan di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Seruan bersama itu disampaikan oleh 36 imam projo Keuskupan Timika yang dibacakan oleh Pastor Agustinus S Elmas,di Rumah Transit Bobaigo Keuskupan Timika, Minggu (31/10/21).

“Mengingat konflik bersenjata di Kabupaten Intan Jaya (wilayah Keuskupan Timika) dan beberapa tempat lain di Papua yang menyebabkan begitu banyak korban, termasuk anak kecil dan juga berakibat pada pengungsian masyarakat sipil dalam skala besar, maka para Pastor Projo Keuskupan Timika – demi kewajiban kami untuk praktikkan hak asasi manusia – berseru kepada kedua belah pihak yang sedang berperang (TNI-Polri dengan TPN-OPM) agar segera mengadakan gencatan senjata dan memulai dialog untuk mendatangkan damai sejahtera yang lestari,” demikian isi seruan para imam projo Keuskupan Timika.

 

Ketua Unio yaitu organisasi para imam/konfrater Diosesan Keuskupan Timika Pastor Dominikus Dulione Hodo Pr menyebutkan seruan bersama para imam Keuskupan Timika itu tercetus lantaran adanya masalah urgen yang sementara sedang terjadi di Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya dan sekitarnya.

Pastor Dominus bercerita bahwa pada 11 Oktober lalu, rombongan Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC, Administratur Keuskupan Timika Pastor Marthin Kuayo Pr dan sejumlah imam tiba di Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya untuk menghadiri penahbisan tiga imam baru.

Baca juga : https://kabartanahpapua.com/kontak-tembak-di-intan-jaya-satu-anggota-kksb-tewas/

“Acara tahbisan imam baru berlangsung tanggal 12 Oktober dalam suasana yang sangat meriah dan khusyuk, dihadiri oleh begitu banyak orang baik masyarakat biasa maupun aparat keamanan. Semua terlibat langsung dalam pesta iman itu,” ujarnya.

Namun, dia menyayangkan, setelah kegiatan tersebut situasi di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, kembali bergejolak.

“Rasa tenteram dan damai yang kami rasakan saat itu sekejap hilang lenyap lantaran beberapa waktu terakhir terjadi baku tembak antara TNI-Polri dengan TPN-OPM, dan itu terjadi di tengah kota,” ujar Pastor Dominikus.

Buntut dari kejadian itu, beberapa bangunan terbakar dan dua orang anak kecil terkena luka tembak, satu di antaranya meninggal dunia.

“Korban meninggal dunia atas nama Adrianus Sondegau, berusia dua tahun. Terkena tembakan di bagian perut. Sementara korban yang masih dirawat atas nama Joachim Majau, usia enam tahun, juga terkena tembakan di bagian tubuhnya,” ujar Pastor Dominikus.

Adapun dua pastor yang bertugas di Bilogai, Intan Jaya yaitu Pastor Yance Yanuarius Yogi dan Pastor Frans Sondegau yang baru ditahbiskan pada 12 Oktober lalu, ikut secara langsung membantu menolong warga yang rumahnya terbakar di dekat Bandara Sugapa beberapa hari lalu.
Sekretariat Keadilan dan Perdamaian (SKP) Keuskupan Timika melaporkan saat ini ada ribuan pengungsi yang masih bertahan di gereja dan pastoran Bilogai, Sugapa.


Warga masyarakat dari berbagai tempat itu datang berlindung ke lokasi gereja, karena merasa takut dan khawatir akan keselamatan diri mereka saat terjadi kontak tembak antara aparat TNI-Polri dengan pihak TPN-OPM.

“Informasi yang kami terima dua hari lalu jumlah pengungsi di Kompleks Pastoran Bilogai sebanyak 1.900 jiwa. Kemarin ada banyak pengungsi pindahan dari tiga gereja stasi ke gereja pusat paroki di Bilogai, sehingga jumlah pengungsi pasti semakin banyak. Kami menerima laporan dari Pastor Yeskiel Tawakidua Dole Belau bahwa para pengungsi sekarang menempati gedung gereja, rumah pastoran, asrama dan sebagian membuat tenda dekat sekolah dan lapangan sepak bola di Bilogai,” kata Staf SKP Keuskupan Timika Saul Wanimbo. (REX)

Komentar
Continue Reading

Uncategorized

Menteri Luhut Binsar Panjaitan Buka Cabor Atletik PON Papua

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Ketua Umum PB Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI) yang juga selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan apresiasinya kepada Freeport yang sudah mendukung penuh pelaksanaan PON XX Papua. Hal tersebut di sampaikan saat membuka Cabor atletik di GOR out door MSC, Selasa (5/10/2021).

“Saya tidak pernah membayangkan bahwa di Papua ada tempat Atletik yang begitu indah. Terima kasih Freeport yang sudah mendukung penuh suksesnya PON di Papua khusunya di Mimika,”kata Luhut dalam sambutannya.

Luhut mengungkapkan melihat standar MSC bertaraf internasional dan dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) ini dinilai sangat lengkap untuk semua nomor atletik. Pihaknya berencana melaksanakan pemusatan latihan atletik di wilayah Indonesia Timur di Mimika Sport Complex (MSC).

“Kedepan kita buat Papua ini berubah, jadi untuk Indonesia Timur itu kita akan training center di Timika. Mungkin ada 25 atau puluhan atletik,”ungkapnya

Luhut menjelaskan untuk pusat pelatihan di MSC ini akan membina dan mendidik para atlet dari Indonesia Timur seperti Maluku, NTT, NTB, dan Papua. Pelatihan yang akan diberikan untuk cabang lari 100 m, 200 m, 400 m, lempar lembing, dan tolak peluru.

“Selain itu, akan ada proses pembelajaran untuk bidang Fisika, Bahasa Inggris, dan Wawasan Kebangsaan. Sehingga mereka memiliki masa depan,”jelasnya.

(Baca juga: Atlet Panjat Tebing Papua Terget Dua Medali Emas Pada PON XX Papua)

Sementara Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia (PTFI), Tonny Wenas menanggapi sambutan dari ketua umum PB PASI mengatakan, bahwa dengan dibuatnya MSC sebagai Training Center maka akan sangat baik pelaksanaannya. Sehingga kedepannya MSC tidak mangkrak dan akan terus dipakai untuk event-event berikutnya.

“Dilaksanakan disini tentunya akan sangat baik. Karena pasca PON stadion ini akan dipakai seterusnya,”tuturnya.

Apalagi menurutnya di MSC memiliki ‘indoor stadion’ yang tentunya dapat dipakai banyak kegiatan olahraga, seperti bola basket, bola voli, dan lain sebagainya.

“Jadi kami PT. FI komitmen untuk ikut membangun SDN Papua di bidang olahraga. Harapan kami juga stadion ini tidak hanya menghasilkan atlet-atlet akan tetapi juga secara ekonomi dapat meningkat,”tuturnya.

Perlu diketahui, Fasilitas olah raga Mimika Sport Complex (MSC), yang terletak di Jalan Poros Timika-SP5, tepat di depan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

MSC sendiri dibangun dengan dana sekitar 33 juta US dollar pada lahan seluas kurang lebih 12,5 hektare itu tetap terawat dengan baik hingga penyelenggaraan PON 2020.

Sarana di MSC mencakup stadion tertutup (indoor stadium), Lintasan lari dengan tribun Barat dan tribun Timur, asrama atlet, serta bangunan penunjang lainnya.

Stadion tertutup diperuntukkan sebagai arena bagi cabang olahraga badminton, bola basket, bola voli dan beladiri. Stadion itu dirancang agar dapat menampung sekitar 5.000-5.500 penonton, termasuk 75 penonton VIP, serta dilengkapi dengan area pertokoan dan perkantoran di dalamnya.

Sementara stadion terbuka dilengkapi dengan jalur lintasan lari jarak pendek dan menengah berstandar internasional serta beberapa cabang atletik lainnya seperti lempar lembing, tolak peluru, lompat tinggi, dan lompat jauh. Stadion terbuka dilengkapi dengan dua tribun utama di bagian barat berkapasitas 2.200 penonton dan bagian timur berkapasitas 1.300 penonton.

Sedangkan dua asrama atlet putra dan putri masing-masing mampu menampung 50 atlet dan tujuh pelatih di setiap asramanya, dengan total kapasitas sebanyak 100 atlet. Asrama tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi (fitness/gym, tempat makan, dsb) yang terdapat di dalam asrama penunjang (support dormitory). (DEN)

Komentar
Continue Reading

Uncategorized

3.892 Relawan PON Kluater Mimika Mulai Tanda Tangan Kontrak

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Relawan PON kluster Mimika lakukan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mimika, Jumat (24/9/2021). Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Provinsi Papua nomor 414/18/tahun 2021 relawan klaster Mimika sebanyak 3.892.

Koordinator bidang SDM, Agus Hugo Kreey menjelaskan setelah menerima SK tersebut, Bidang SDM PB PON Sub Kabupaten Mimika melaksanakan distribusi relawan, penandatanganan pakta integritas Volunteer (VO), Liaison Officer (LO) dan Work Force (WF) dan pembukaan buku rekening. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan oleh relawan setelah menerima SK.

“Yang telah lolos dan menjadi relawan kita akan layani sampai dengan sore. Kami atas nama panitia menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan karena kita baru dapat SK kemarin sore setelah ada SK baru kita laksanakan proses administrasi,”jelas Agus.

Menurut Agus setelah melakukan penandatanganan pakta integritas selanjutnya akan ada serah terima dari bidang masing – masing kepada koordinator bidang seperti bidang peralatan, pertandingan, dan lainnya.

(Baca Juga: Hasil Seleksi Relawan Kebijakan SUB PB PON Papua)

“Kita akan berkomunikasi dengan Koordinator bidang selanjutnya apabila sudah menandatangani pakta integritas akan dilakukan proses pembuatan ID card,”tuturnya.

Agus mengungkapkan, sampai saat ini atribut belum dikirim dari Jayapura ke Timika. Dan pihak BP PON Sub Mimika terus berupaya secepatnya tiba di Timika. Saat ini pertandingan sudah milai jalan dan harusnya para relawan sudah melaksanakan tugas sesuai dengan bidang – bidang namun karena keterlambatan sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini.

“Kita akan koordinasi dengan koordinator bisang masing masing supaya nanti akan dibagi ke lokasi lokasi yang sudah ditentukan nanti akan ada petunjuk dari koordinator bidang, hari ini kita akan melaksanakan registrasi ulang,”ungkapnya.(DEN)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Nasional4 jam ago

KPK didesak periksa Panitia Besar PON XX Papua

JAYAPURA,KTP.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk memeriksa dugaan penyelewengan dana oleh Panitia Besar (PB) PON XX Papua. Demikian...

Nasional9 jam ago

LPRI Merauke Desak Pemerintah Ungkap 10 Kasus Korupsi Besar di Papua

MERAUKE,KTP.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPRI) Kabupaten Merauke, Papua, Siprianus Muda meminta pemerintah mengungkap 10...

Tanah Papua11 jam ago

Ondoafi di Jayapura sarankan Gubernur Papua beristirahat

JAYAPURA,KTP.com – Ondoafi Sosiri di Kabupaten Jayapura, Papua, Boas Asa Enoch meminta Gubernur Papua Lukas Enembe mempertimbangkan beristirahat dari jabatan....

Tanah Papua24 jam ago

Rumah Tingkat Dua Lantai di Kebun Siri  Terbakar 

TIMIKA,KTP.com – Satu unit bangunan rumah dua lantai dengan lima kamar yang terletak di jalan Kebun Siri Kelurahan Kebun Siri,...

Tanah Papua2 hari ago

FPHS Palang Pintu Masuk Ruangan Kantor Bupati Mimika

TIMIKA,KTP.com – Pintu masuk menuju ruangan Bupati dan Wakil Bupati dan Kabupaten Mimika yang ada di Gedung A, Lantai III,...

Tanah Papua2 hari ago

Pemkab Mimika Lakukan Persiapan Evaluasi Smart City Nasional

TIMIKA,KTP.com – Pemkab Mimika lakukan persiapan untuk menghadapi evaluasi Smart City secara nasional tahun 2021. Persiapan tersebut dilakukan dengan rapat...

Tanah Papua3 hari ago

DLH Mimika Maksimalkan Kerja Hadapi Natal dan Tahun Baru

TIMIKA,KTP.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal kerahkan menggerakkan semua sumber daya baik dari personel hingga alat angkut sampah sehingga...

Tanah Papua3 hari ago

Jalan Santai Bersama Mewarnai Hari Bakti PUPR ke 76 di Jayapura

JAYAPURA,KTP.com – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang Propinsi Papua, Gerius One Yoman, S.Pd.,M.Si secara resmi membuka acara Jalan...

Tanah Papua3 hari ago

1 Desember Kamtibmas di Mimika Kondusif

TIMIKA,KTP.com – Wakapolres Mimika Kompol Saraju, mengatakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah seluruh Polres Mimika, berjalan aman...

Tanah Papua4 hari ago

BPN Mimika Gelar Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Reforma Agraria

TIMIKA,KTP.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mimika menggelar rapat koordinasi tim gugus reforma agraria Mimika bersama dengan Dinas terkait dari...

Tanah Papua

Advertisement

Trending