Connect with us

Tanah Papua

Tokoh Ini Sebut Warga Menanti Langkah Nyata KPK Terkait Dugaan Korupsi di Papua

Published

on

 

JAYAPURA.KTP.com – Masyarakat Papua terus menantikan langkah nyata Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani perkara Gubernur Papua Lukas Enembe. Orang nomor satu di Papua itu sudah tiga bulan lalu ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Lembaga antirasuah itu telah memeriksa Lukas di rumah kediamannya di Jayapura awal November 2022, namun pemeriksaan tersebut dihentikan sementara karena kondisi kesehatan Lukas yang belum sepenuhnya pulih dari sakit. Perkembangan terkini, dua pengacara Lukas telah dipanggil KPK sebagai saksi terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjadikan kliennya tersangka.

Mengamati perkembangan itu, Gembala Jemaat dari Gereja Injili Seutuh Internasional di Jayapura, Pastor Catto Y Mauri, S.Th meminta semua pihak harus legowo, harus terbuka, dan dengan rendah hati melihat KPK ini sebagai alat Tuhan untuk menyampaikan apa yang baik.

“Pak Lukas dan tim tidak usah takut, ada Tuhan. Tapi sebaliknya, waktu kita salah, kita harus siap juga. Ada Tuhan juga yang akan menghukum, kita tidak bisa sembunyi. Kita tidak bisa lari kemana-mana karena ada Tuhan yang akan kontrol kita,” kata Pastor Catto di Waena, Kabupaten Jayapura, Sabtu 19 November 2022.

Pastor Catto yang juga merupakan pendiri Lembaga Pengembangan Generasi (Lempeng Papua) ini mengatakan, dilihat dari aspek rohani, apa yang sedang dialami Gubernur Papua saat ini merupakan hukum tabur-tuai.

“Saya harap ini jadi pelajaran tapi juga hal yang berikut bagi saya pribadi, apa yang sedang terjadi dengan Pak Lukas ini juga apa yang Alkitab bilang Hukum Tabur-Tuai,” tegas Pastor Catto.

Dirinya mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan KPK dalam memerangi tindak pidana korupsi di Papua. KPK dinilainya sudah melakukan hal yang sepatutnya terhadap Lukas, lebih-lebih KPK telah mempertimbangkan kondisi kesehatan Lukas kendati Lukas sudah berstatus tersangka.

“Mungkin orang di luar tidak tahu bahwa Pak Lukas memang sedang sakit, beliau memang sedang sakit. Dan dengan KPK datang melihat dari dekat, itu betul, jadi ini ada dua sisi yang berbeda. Satu sisi kemanusiaan, beliau sedang sakit jadi mungkin akan menunggu waktu yang tepat untuk diperiksa. Tapi sisi yang lain juga, sebagai anak Tuhan, sebagai pemimpin di Papua, beliau (Lukas) harus menjalani pemeriksaan sebagai bentuk pertanggung jawaban,” kata Pastor Catto.

Ketua Lempeng Papua ini mengakui, menjadi pemimpin di Bumi Cenderawasih ini tidak mudah. Butuh konsentrasi yang sangat luar biasa. Tidak hanya Lukas tetapi juga orang-orang di sekitar Lukas harus bekerja penuh konsentrasi.

“Bukan saja sosok atau pribadi Pak Lukas saja, tapi siapa di pinggir beliau, pembisik-pembisik di sekitar beliau. Banyak pemimpin di negara-negara besar yang jatuh karena pembisik,” sebut Pastor Catto.(*)

Komentar

Tanah Papua

OPD di Lingkup Pemda Mimika Ikut Sosialisasi dan Bimtek Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Inspektorat Sosialisasikan dan lakukan bimbingan teknis (Bimtek) Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika tahun 2022, Senin(28/11/2022).

Penjabat Sekda Mimika Petrus Yumte yang membuka kegiatan itu menerangkan SPIP menurut PP 60 tahun 2008 adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan, yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Menurutnya, penerapan SPIP memiliki makna penting dalam penyusunan penyelenggaraan pelaksanaan pembangunan daerah. hal ini dimaksud agar dapat mendeteksi secara dini serta mengantisipasi terjadinya kesalahan maupun penyimpangan dalam pengelolaan keuangan negara.

Lanjut Petrus Yumte,sosialisasi ini hakikatnya adalah sejauh mana sesungguhnya  Aparatur Negara dalam upaya meningkatkan Maturitas yang juga akan berjalan seiring dengan peningkatan kinerja ASN dalam mencapai target secara maksimal.

Kegiatan SPIP sendiri merupakan sebuah upaya sistemik dan terintegrasi serta memiliki parameter yang cukup kuat dalam rangka untuk memberikan sebuah pelayanan maksimal dan merupakan satu program yang sangat baik dalam pengendalian internal, selain itu kegiatan ini diselengarakan dengan maksud menambah pengetahuan dan penerapan SPIP secara lebih profesional.

“Kelemahan kita selama ini hanya aktif melaksanakan dan mengikuti berbagai macam sosialisasi namun sangat jarang melakukan evaluasi atas pengimplementasiannya sehingga kebanyakan gagal karena hanya sekedar formalitas di kegiatan pemerintahan.Biasanya kalau evaluasi internal lebih melekat kedalam, dan biasanya yang didalam itu selalu di lupakan dan lebih dianggap enteng, dibandingkan dengan yang diluar atau eksternal,” kata Penjabat Sekda Mimika Petrus Yumte.

Sekda Petrus juga menegaska, seluruh kepala OPD bahwa sosialisasi ini merupakan forum untuk belajar SPIP secara langsung dengan ahlinya, sehingga  ia menegaskan OPD selaku peserta sosialisasi agar dapat memaksimalkan kemampuan dengan sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan etos kerja serta semangat bekerja sebagai pegawai negeri sipil.

“Kompetensi dan kemampuan karakter ASN kita masih terbilang lemah. namun jika sistemnya kuat, output yang dihasilkan juga akan bagus. inilah yang dimaksud terintegrasi untuk itu diharapkan agar kedepan seluruh OPD dapat bekerja lebih solid sebagai tim, mengintegrasikan penerapan SPIP pada seluruh rencana program kerja secara berkelanjutan untuk memberikan keyakinan atas upaya pencapaian tujuan organisasi, terutama melalui pengelolaan keuangan, pengamanan asset negara serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,”Jelas Penjabat Sekda Mimika Petrus Yumte.(***)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Tokoh Masyarakat Kamoro Apresiasi Terobosan Pemerintah Buat Bimbel Sekolah Kedinasan untuk Anak AMOR

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Tokoh masyarakat Kamoro, Kabupaten Mimika, Marianus Maknaipeku, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, Kabupaten Mimika yang telah membuat terobosan baru melaksanakan Bimbingan Belajar (Bimbel) Sekolah Kedinasan bagi anak anak Amungme-Kamoro.

“Terobosan ini sangat luar biasa, kami sebagai masyarakat adat sangat mendukung 100 persen,”kata Marianus,saat dihubungi via telepon, Sabtu (26/11/2022).

Marianus mengatakan bahwa seharusnya progam seperti ini sudah dilakukan dari dulu,karena selama ini sulit sekali anak anak Amungme -Kamoro lolos masuk sekolah sekolah kedinasan yang ada di Indonesia.

(Baca Juga: Apresiasi Terobosan Pemerintah, Tokoh Amungme Dukung Bimbel Sekolah Kedinasan Untuk Anak AMOR Dilakukan Setiap Tahun)

“Gagasan pak Plt Bupati melalui Kepala BKPSDM ini sangat luar biasa,”kata Marianus.

Marianus berharap program seperti ini bukan hanya dilakukan sekali saja namun dilakukan secara berkelanjutan sehingga melalui bimbingan belajar sekolah kedinasan tersebut anak anak Amungme-Kamoro disiapkan untuk mengikuti seleksi masuk sekolah sekolah kedinasan yang ada di Indonesia.

Dirinya juga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika juga bisa menjalin kerjasama dengan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dalam mendukung program bimbingan belajar sekolah kedinasan terhadap anak anak Amungme-Kamoro.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Direktur YPMAK Dukung Langkah Pemerintah Buat Bimbel Sekolah Kedinasan untuk Anak Amungme-Kamoro

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Direktur Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), Vebian Magal, mendukung langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Badan Pengembangan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika yang melaksanakan program Bimbingan Belajar (Bimbel) Sekolah Kedinasan bagi anak anak Amungme-Kamoro (Amor) di Kabupaten Mimika.

“Perubahan itu sangat perlu karena melihat dari beberapa tahun belakangan ini anak-anak kita inikan sulit sekali masuk ke sekolah-sekolah kedinasan”kata Vebian, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/11/2022).

Vebian berharap agar dalam proses seleksi penerimaan anak anak Amungme-Kamoro untuk masuk dalam bimbel sekolah kedinasan juga dilakukan secara terbuka agar semua anak anak Amungme -Kamoro dan juga tujuh suku kekerabatan lainnya memiliki kesempatan yang sama untuk diseleksi masuk dan mengikuti bimbingan belajar tersebut.

Ia mengakui bahwa selama ini proses perekrutan anak-anak untuk masuk sekolah kedinasan di Kabupaten Mimika dinilai sedikit tertutup.

Bahkan minim sekali anak anak Amungme -Kamoro dan tujuh suku kekerabatan yang bisa lolos masuk ke sekolah kedinasan yang ada di Indonesia.

Dengan dilaksanakan Bimbel sekolah kedinasan ini tentunya, anak anak sudah mempunyai gambaran dan pemahaman sebelum mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan.

(Baca Juga : Apresiasi Terobosan Pemerintah, Tokoh Amungme Dukung Bimbel Sekolah Kedinasan Untuk Anak AMOR Dilakukan Setiap Tahun)

“Seperti bagaimana cara mengisi soalnya banyak juga yang belum tahu tekniknya,Bagaimana memahami soal,materi dan lain lain.Lebih pada kesiapan mental sehingga bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan,”kata Vebian.

Dengan semakin banyak anak anak Amungme -Kamoro yang berhasil masuk ke sekolah kedinasan tentunya akan membawa dampak yang sangat baik karena ketika selesai dari pendidikan mereka bisa kembali dan ditempatkan di posisi posisi strategis di pemerintah untuk membangun daerahnya sendiri.

Oleh kerena itu kerjasama antara pemerintah daerah dan lembaga lembaga swasta sangat diharapkan.

“Pemerintah bisa bekerja sama dengan kami swasta juga.Posisinya kami,jangankan pendidikan semua program itu itu pasti kami mendukung semua. Pendidikan, kesehatan, ekonomi, apalagi perubahan perubahan seperti ini,”kata Vebian

Dirinya sangat berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui BPKSDM Mimika bisa duduk bersama untuk membahas hal ini secara bersama.

“Kami berharap program ini berkelanjutan.Kedepan itu kami berharap BKPSDM kita bisa duduk bersama bagian bagian mana yang swasta bisa support, bagian bagian mana yang pemerintah bisa support,”kata Vebian.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Apresiasi Terobosan Pemerintah, Tokoh Amungme Dukung Bimbel Sekolah Kedinasan Untuk Anak AMOR Dilakukan Setiap Tahun

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Tokoh Masyarakat Amungme Kabupaten Mimika, Antonius Kemong, mendukung penuh langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melaksanakan Bimbingan Belajar (Bimbel) Sekolah Kedinasan bagi putra-putri Amungme dan Kamoro (AMOR)

“Ini sangat bagus, Pak Plt Bupati dan Pak Kepala BKPSDM ini luar biasa.Program ini harus berkelanjutan terutama untuk anak-anak Amungme-Kamoro,” Kata Antonius kepada media ini,Kamis (24/11/2022).

Selama ini informasi yang berhubungan dengan sekolah kedinasan di lingkungan Pemkab Mimika sendiri dinilai sangat tertutup.

Ditambah lagi , sangat sedikit anak anak Amungme-Kamoro yang lolos masuk di sekolah sekolah kedinasan.

“Terobosan yang dilakukan Kepala BKPSDM ini luar biasa. jarang ada teribosan seperti begini.Padahal kita punya APBD besar, Pak Ananias ini luar biasa, saya merasa senang kalau melihat seperti begini,”kata Antonius.

(Baca Juga: Tokoh Pemuda Kamoro Dukung Langkah Kepala BPKSDM Mimika Buat Bimbel Sekolah Kedinasan Untuk Anak AMOR)

Antonius mengatakan bahwa melalui Bimbel Sekolah Kedinasan terhadap anak anak Amor yang dilakukan oleh lembaga Bimbel Sekolah Kedinasan bekerjasama dengan Pemkab Mimika diharapkan semakin banyak anak anak AMOR yang nantinya berhasil lolos ke sekolah sekolah kedinasan yang ada di Indonesia.

” Kenapa dari dulu ini tidak dilakukan, tetapi ini belum terlambat masih banyak waktu.Minimal 10 orang anak anak Amungme-Kamoro di setiap tahun masuk sekolah kedinasan kan sesuatu yang luar biasa,”kata Anton.

Dengan semakin banyak anak anak AMOR yang lolos di sekolah kedinasan tentunya menjadi satu kebanggaan buat masyarakat Amungme dan Kamoro.

Diharapkan setelah selesai mengikuti sekolah kedinasan tentunya dapat mengisi jabatan jabatan strategis dalam lingkungan Pemkab Mimika sehingga dapat membangun daerahnya dengan lebih baik.

“Semua orang harus dukung program yang sangat baik ini, tidak harus dari tokoh tokoh, tetapi masyarakat akar rumput juga sangat senang dan sangat antusias dengan trobosan ini”kata Antonius.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua9 menit ago

OPD di Lingkup Pemda Mimika Ikut Sosialisasi dan Bimtek Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

TIMIKA,KTP.com – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Inspektorat Sosialisasikan dan lakukan bimbingan teknis (Bimtek) Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi lingkup Pemerintah...

Tanah Papua2 hari ago

Tokoh Masyarakat Kamoro Apresiasi Terobosan Pemerintah Buat Bimbel Sekolah Kedinasan untuk Anak AMOR

TIMIKA,KTP.com – Tokoh masyarakat Kamoro, Kabupaten Mimika, Marianus Maknaipeku, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, Kabupaten Mimika yang telah membuat terobosan...

Tanah Papua3 hari ago

Direktur YPMAK Dukung Langkah Pemerintah Buat Bimbel Sekolah Kedinasan untuk Anak Amungme-Kamoro

TIMIKA,KTP.com – Direktur Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), Vebian Magal, mendukung langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Badan...

Tanah Papua4 hari ago

Apresiasi Terobosan Pemerintah, Tokoh Amungme Dukung Bimbel Sekolah Kedinasan Untuk Anak AMOR Dilakukan Setiap Tahun

TIMIKA,KTP.com – Tokoh Masyarakat Amungme Kabupaten Mimika, Antonius Kemong, mendukung penuh langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melaksanakan Bimbingan Belajar (Bimbel)...

Tanah Papua5 hari ago

Tokoh Pemuda Kamoro Dukung Langkah Kepala BPKSDM Mimika Buat Bimbel Sekolah Kedinasan Untuk Anak AMOR

TIMIKA,KTP.com – Tokoh Pemuda Kamoro, Dr Leonardus Tumuka, mendukung penuh inovasi dan terobosan baru yang dilakukan Badan Kepegawaian dan Pengembangan...

Tanah Papua6 hari ago

Selama 12 Hari 50 Anggota Satpol PP Ikut Diklat Dasar   

TIMIKA,TKP.com – 50 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Pemkab Mimika mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)...

Tanah Papua6 hari ago

Cegah Korupsi Dana Otsus, Tokoh Muda Jayapura Minta Badan Khusus Pengelola yang Belum Terkontaminasi

  JAYAPURA.KTP.com – Prihatin menyaksikan lambatnya perubahan di Provinsi Papua, Ketua Gerakan Pemuda Jayapura (Gapura) Jack Judzoon Puraro, M.Si meminta...

Tanah Papua1 minggu ago

Tokoh Agama Minta Semua Pihak Diminta Hentikan Polemik Kedatangan Ketua KPK ke Papua

  SENTANI.KTP.com – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua Pdt Alberth Yoku menyatakan mendukung sepenuhnya langkah-langkah...

Kriminal1 minggu ago

Di Jembatan Youtefa dan Holtekamp Terjadi Laka Beruntun Hingga Satu MD

  JAYAPURA,KTP.com – Kecelakaan (laka) beruntun terjadi di wilayah hukum Polsek Jayapura Selatan hingga Polsek Abepura pada Minggu pagi (20/11)...

Tanah Papua1 minggu ago

Tokoh Ini Sebut Warga Menanti Langkah Nyata KPK Terkait Dugaan Korupsi di Papua

  JAYAPURA.KTP.com – Masyarakat Papua terus menantikan langkah nyata Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani perkara Gubernur Papua Lukas Enembe....

Tanah Papua

Advertisement

Trending