Connect with us

Foto

Presiden Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Periode 2018-2023

Published

on

JAKARTA, Kabartanahpapua.com – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada serentak 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Salah satu pasangan gubernur dan wakil gubernur yang dilantik yakni Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe bersama wakilnya Klemen Tinal. Keduanya kembali memimpin Provinsi Papua untuk masa jabatan 2018 – 2023.

(Baca Juga: Dilantik Presiden, Lukas Enembe dan Klemen Tinal Kembali Pimpin Provinsi Papua)

Berikut foto suasana pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua di Istana Negara hasil Biro Pers Sekretariat Kepresidenan (Setpres).

Presiden dan Wakil Presiden berbincang dengan 9 gubernur dan wakil gubernur terpilih di Istana Negara. (Biro Pers Setpres)

 

Presiden Joko Widodo menyerahkan petikan Keputusan Presiden kepada Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe di Ruang Kredensial Istana Negara. (Biro Pers Setpres)

 

Presiden Joko Widodo menyerahkan petikan Keputusan Presiden kepada Wakil Gubernur Papua terpilih Klemen Tinal di Ruang Kredensial Istana Negara. (Biro Pers Setpres)

 

Presiden dan Wakil Presiden memimpin prosesi kirab didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo dan diikuti 9 calon gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara. (Biro Pers Setpres)

 

Presiden Joko Widodo melantik 9 Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pilkada 2018. (Biro Pers Setpres)

 

Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan di hadapan Presiden Jokowi di Istana Negara. (Biro Pers Setpres)

 

Wakil Gubernur Papua terpilih Klemen Tinal menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan di hadapan Presiden Jokowi di Istana Negara. (Biro Pers Setpres)

(Fox)

Komentar

Foto

Danrem 172: TNI-Polri Jamin Perayaan Natal di Nduga Tanpa Gangguan KKSB

Published

on

JAYAPURA, Kabartanahpapua.com – Situasi Distrik Yigi, Mbua, dan Yal di Kabupaten Nduga berangsur kondusif pasca aparat TNI-Polri menduduki ketiga wilayah tersebut.

“Saat ini aparat TNI-Polri sudah menduduki ke-3 distrik yang sempat dikuasai kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) pimpinan Egianus Kogoya,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi di Jayapura, Minggu (9/12/2018).

(Baca Juga: Danrem 172: Warga yang Sempat Mengungsi ke Hutan Sudah Kembali ke Kampung)

Sebelumnya, Egianus Kogoya yang mengklaim diri sebagai komandan tentara pembebasan Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Nduga bersama pengikutnya membantai 25 warga sipil di lereng bukit Puncak Kabo, Minggu (2/12/2018) lalu.

Ke-25 warga sipil tersebut bekerja pada proyek pembangunan jembatan di Kali Yigi dan kali Aurak yang dikerjakan PT Istaka Karya. Setelah membantai warga sipil, kemudian berlanjut dengan intimidasi kepada warga asli Papua yang menampung para pekerja dari luar Nduga yang mengerjakan sejumlah proyek di daerah itu.

“Ada beberapa warga yang akhirnya meminta perlindungan ke Pos TNI di Distrik Mbua,” ujar Aidi.

Setelah melakukan intimidasi kepada warga setempat, KKSB ini lalu menebar isu akan ada aksi balasan yang dilakukan aparat TNI-Polri. Akibatnya, banyak warga yang kemudian ketakutan dan lari bersembunyi ke hutan.

Menurut Aidi, setelah menyaksikan sendiri kehadiran aparat TNI-Polri hanya untuk mencari dan mengevakuasi korban KKSB maka warga ke-3 distrik itu mulai kembali ke kampung masing-masing.

“Sejak kemarin aktivitas warga di Distrik Mbua sudah mulai berangsur pulih, roda perekonomian dan kegiatan sosial mulai terlihat. Bahkan siang tadi, Danrem 172/PWY yang berada di sana sudah beribadah dan sempat bertemu dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Distrik Mbua dan Yigi,” kata Aidi.

(Baca Juga: Kapendam Cenderawasih: Mereka Lebih Binatang dari Binatang, Lebih Iblis dari Iblis)

“Diharapkan dari pertemuan yang dilakukan Danrem usai ibadah siang tadi, membuat kepercayaan kepada masyarakat di Distrik Yigi untuk segera kembali ke rumah mereka masing-masing,” katanya.

Aparat TNI-Polri Jamin Keamanan Perayaan Natal di Kabupaten Nduga

Di tempat terpisah, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar mengungkapkan bahwa alasan masyarakat mengungsi karena adanya isu balas dendam dan penyisiran dari TNI-Polri.

“Kami sudah jelaskan saat bertemu dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Mbua dan Yigi bahwa kehadiran aparat TNI-Polri hanya untuk mencari dan mengevakuasi pekerja yang menjadi korban KKSB dan mengamankan masyarakat dari gangguan KKSB,” katan Jonathan.

Jonathan mengatakan bahwa para tokoh sempat menyampaikan permintaan agar aparat TNI-Polri keluar dari Kabupaten Nduga. Mereka beralasan aparat telah menghambat mereka merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Alasan yang mereka sampaikan karena ada warga setempat yang membeli babi dari Wamena dilarang melintas di jalan trans Papua Wamena-Habema-Mugi sehingga tak bisa kembali ke kampung,” ujar Jonathan.

(Baca Juga: Tanggapan Kodam Cenderawasih Terkait Tuduhan Operasi Militer di Kabupaten Nduga)

Ia pun menjelaskan alasan penutupan jalan itu karena pertimbangan keamanan menyusul isu KKSB akan melakukan penyerangan terhadap kendaraan yang melintas dan ada upaya untuk menebar oli dan solar di setiap tikungan yang bisa mencelakai kendaraan yang melintas.

“Saya sudah memberi jaminan secepatnya jalan itu dibuka dan menegaskan bahwa kehadiran aparat TNI-Polri hanya untuk mengamankan pelaksanaan Natal hingga Tahun Baru. Mereka kemudian menerima alasan itu,” katanya.

Berikut Foto Pertemuan Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar bersama tokoh masyarakat dan warga di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Minggu (9/12/2018):

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar ikut ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Minggu (9/12/2018). (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar ikut ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Minggu (9/12/2018). (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar berbincang dengan tokoh masyarakat Distrik Mbua usai ibadah. (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar menyapa warga usai ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua. (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar berbincang dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat usai ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua. (ist)

(Mas)

Komentar
Continue Reading

Foto

Touring Trans Papua Jayapura-Wamena Memperingati HUT Korem 172/PWY

Published

on

JAYAPURA, Kabartanahpapua.com – Komando Resor Militer (Korem) 172/ Praja Wira Yakthi menggelar Touring Off Road Trans Papua Jayapura – Wamena pada tanggal 4 hingga 5 November 2018 lalu.
Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-55 Korem 172/PWY ini diikuti puluhan anggota komunitas otomotif yang tergabung dalam Indonesian Off-Road Federation (IOF) Papua.

“Kegiatan ini disambut antusias komunitas otomotif di Papua, karena rute Jayapura – Wamena sangat menantang dengan medan yang cukup berat. Ada 43 kendaraan roda empat dan 8 motor trail ikut dalam kegiatan ini,” kata Ketua IOF Papua Jhoni Banua Rouw di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (5/11/2018).

(Baca Juga: Puluhan Anggota IOF Papua Ramaikan Touring Jayapura-Wamena Memperingati HUT Korem 172/PWY)

Peserta touring Jayapura – Wamena ini melalui rute Kota Jayapura – Senggi (Kabupaten Keerom) – Benawa (Kabupaten Yalimo) – Elelim (Kabupaten Yalimo) – Wamena (Kabupaten Jayawijaya) sepanjang 585 kilometer.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengetahui kondisi jalan yang sedang dibangun oleh Balai Besar Pelaksanaan ‪Jalan Nasional (BBPJN) XVIII dan berada dalam wilayah tanggung jawab Korem 172/PWY.

“Dari kegiatan ini, kami akan melihat dari sisi keamanan di sepanjang jalur Jayapura – Wamena, dimana titik yang tepat untuk menempatkan pos keamanan. Saat pembangunan jalan ini rampung, kamipun sudah bisa menggelar pos keamanan,” ujar Jonathan.

Ruas jalan yang menghubungkan Ibukota Provinsi Papua dengan Wamena, Kabupaten Jayawijaya di wilayah pegunungan tengah Papua mulai dibangun pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden Jokowi kemudian melanjutkan pembangunan jalan Trans Papua sebagai program prioritas nasional.

Meski oleh sejumlah kalangan menganggap pembangunan ruas jalan ini sebagai ‘propaganda’ belaka, namun nyatanya ruas jalan Jayapura – Wamena bisa tersambung pada September 2018.

(Baca Juga: Menteri PUPR: Jalan Trans Papua Tersambung Akhir 2019)

Kepala BBPJN XVIII Osman Marbun mengatakan ruas jalan Jayapura – Wamena ini nantinya akan menjadi urat nadi distribusi logistik untuk kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua dari pesisir utara Papua.

Sementara itu, pemerintah juga sedang membangun ruas jalan Wamena – Mumugu, Kabupaten Asmat yang juga akan menjadi jalur distribusi logistik wilayah pegunungan tengah dari pesisir selatan Papua.

“Saat ini ruas jalan Jayapura – Wamena belum diperbolehkan untuk umum karena masih dalam proses pengerjaan oleh pihak kontraktor. Pembangunan jalan ini ditargetkan rampung akhir 2018, dan diharapkan akan memangkas disparitas harga-harga barang di wilayah pegunungan Papua,” kata Osman pada September lalu.

Berikut foto kegiatan Touring Off Road Trans Papua dan kondisi ruas jalan yang menghubungkan Jayapura dengan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Peserta Touring Off Road Trans Papua Jayapura – Wamena berfoto bersama di depan Makorem 172/PWY di Jayapura. (ist)

 

Peserta Touring kerap tertahan karena kendaraan terjebak lumpur. (ist)

 

Salah satu peserta Touring Off Road berhasil lolos dari kubangan lumpur. (ist)

 

Peserta Touring Off Road melintasi kubangan lumpur. (ist)

 

Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar meninjau melihat kondisi jalan berlumpur. (ist)

 

Sebagian ruas jalan Jayapura-Wamena sudah memasuki tahap pengerasan badan jalan. (ist)

 

Kendaraan peserta Touring Off Road harus saling tarik untuk lolos dari kubangan lumpur. (ist)

 

Peserta touring melintas di jembatan Kali Kil. (ist)

 

Kondisi jalan Trans Papua Jayapura – Wamena yang sebagian masih berlumpur. (ist)

 

Kondisi jalan Trans Papua Jayapura – Wamena yang membelah hutan belantara dan menyisir daerah perbukitan. (ist)

 

Peserta touring melintas di Kali Edan, di kilometer 300, ruas jalan Jayapura – Wamena. (ist)

 

Ketua IOF Papua, Jhoni Banua Rouw menyerahkan bantuan bahan makan bagi warga kampung yang dilintasi peserta touring. (ist)

 

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan prajurit Kompi C, Batalyon Infanteri 756 di Senggi, Kabupaten Keerom. (ist)

 

Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar (kiri) bersama Ketua Indonesia Off-Road Federation (IOF) Papua Jhoni Banua Rouw (kanan). (ist)

 

Peta Jalan Trans Papua (PUPR)

(Mas)

Komentar
Continue Reading

Foto

Proses Evakuasi Penumpang Pesawat Dimonim Air PK-HVQ

Published

on

JAYAPURA, Kabartanahpapua.com – Tim SAR Gabungan berhasil menemukan puing pesawat Dimonim Air PK-HVQ yang hilang kontak dalam penerbangan dari Bandar Udara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel menuju Bandar Udara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (11/8/2018) kemarin.

Lokasi jatuhnya pesawat pertama kali ditemukan pesawat Dimonim Air PK-HVC yang terbang dari Bandar Udara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, pada pukul o5.34 WIT.

(Baca Juga: Puing Pesawat Dimonim Air PK-HVQ Ditemukan, Satu Penumpang Selamat)

Puing pesawat naas ini dalam kondisi hancur setelah menabrak Gunung Menuk dan berada pada ketinggian 6500 feet dengan koordinat 04 derajat 51’ 07” Lintang Selatan dan 140 derajat 35’ 94” Bujur Timur.

Tim SAR Gabungan dari Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Jayapura, TNI, Polri, dan masyarakat berhasil mencapai lokasi jatuhnya pesawat pada pukul 08.50 WIT, setelah berjalan kaki dari Kampung Oktamen selama 2 jam.

Berikut foto-foto evakuasi yang diambil oleh Tim Penerangan Kodam XVII Cenderawasih dan Tim SAR Gabungan:

Jumaidi (12) penumpang pesawat Dimonim Air PK-HVQ yang ditemukan dalam kondisi selamat. (Pendam XVII/Cenderawasih)

 

Aparat menggotong Jumaidi (12) penumpang yang selamat dalam kejadian ini. (ist/Tim SAR Gabungan)

 

Tim SAR gabungan menemukan 8 jenazah dan 1 penumpang selamat di lokasi jatuhnya pesawat Dimonim Air PK-HVQ. (Pendam XVII/Cenderawasih)

 

Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap jenazah penumpang pesawat Dimonim Air PK-HVQ. (Pendam XVII/Cenderawasih)

 

Tim SAR gabungan mengumpulkan jenazah penumpang ke dalam kantong jenazah. (ist/Tim SAR Gabungan)

 

Seorang anggota Polres Pegunungan Bintang sedang memeriksa potongan badan pesawat. (ist/Tim SAR Gabungan)

 

Potongan badan pesawat PK-HVQ yang jatuh di Gunung Menuk, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (11/8/2018). (Ist/Tim SAR Gabungan)

 

Potongan ekor pesawat PK-HVQ yang jatuh di Gunung Menuk, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (11/8/2018). (Ist/Tim SAR Gabungan)

Komentar
Continue Reading

Foto

Panglima TNI Tinjau Penanggulangan KLB Campak di Kabupaten Asmat

Published

on

AGATS, HaIPapua.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja meninjau penanganan kejadian luar biasa (KLB) Campak di Kabupaten Asmat, Kamis (1/2/2018). Dalam kunjungan itu, Panglima TNI didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Panglima TNI bersama rombongan berangkat dari Bandar Udara Mozes Kilangin Timika menggunakan pesawat TNI AU C-212 ke Bandar Udara Ewer di Asmat. Selanjutnya Rombongan Panglima TNI bersama Bupati Asmat, Elisa Kambu yang datang menjemput lalu bersama-sama ke Agats menggunakan Combat Boat TNI AL.

(Baca Juga: Panglima TNI: KLB Campak Selesai, Selanjutnya Operasi Pemantauan)

Di Agats, Marsekal Hadi sempat mendengarkan pemaparan dari Satgas Penanggulangan KLB dan selanjutnya menyerahkan bantuan Mabes TNI untuk Kabupaten Asmat. Panglima TNI juga sempat meninjau ke RSUD Agats dan sempat menyerahkan bingkisan kepada para pasien.

(Foto: Pendam XVII Cenderawasih)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Nasional4 jam ago

KPK didesak periksa Panitia Besar PON XX Papua

JAYAPURA,KTP.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk memeriksa dugaan penyelewengan dana oleh Panitia Besar (PB) PON XX Papua. Demikian...

Nasional9 jam ago

LPRI Merauke Desak Pemerintah Ungkap 10 Kasus Korupsi Besar di Papua

MERAUKE,KTP.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPRI) Kabupaten Merauke, Papua, Siprianus Muda meminta pemerintah mengungkap 10...

Tanah Papua11 jam ago

Ondoafi di Jayapura sarankan Gubernur Papua beristirahat

JAYAPURA,KTP.com – Ondoafi Sosiri di Kabupaten Jayapura, Papua, Boas Asa Enoch meminta Gubernur Papua Lukas Enembe mempertimbangkan beristirahat dari jabatan....

Tanah Papua1 hari ago

Rumah Tingkat Dua Lantai di Kebun Siri  Terbakar 

TIMIKA,KTP.com – Satu unit bangunan rumah dua lantai dengan lima kamar yang terletak di jalan Kebun Siri Kelurahan Kebun Siri,...

Tanah Papua2 hari ago

FPHS Palang Pintu Masuk Ruangan Kantor Bupati Mimika

TIMIKA,KTP.com – Pintu masuk menuju ruangan Bupati dan Wakil Bupati dan Kabupaten Mimika yang ada di Gedung A, Lantai III,...

Tanah Papua2 hari ago

Pemkab Mimika Lakukan Persiapan Evaluasi Smart City Nasional

TIMIKA,KTP.com – Pemkab Mimika lakukan persiapan untuk menghadapi evaluasi Smart City secara nasional tahun 2021. Persiapan tersebut dilakukan dengan rapat...

Tanah Papua3 hari ago

DLH Mimika Maksimalkan Kerja Hadapi Natal dan Tahun Baru

TIMIKA,KTP.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal kerahkan menggerakkan semua sumber daya baik dari personel hingga alat angkut sampah sehingga...

Tanah Papua3 hari ago

Jalan Santai Bersama Mewarnai Hari Bakti PUPR ke 76 di Jayapura

JAYAPURA,KTP.com – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang Propinsi Papua, Gerius One Yoman, S.Pd.,M.Si secara resmi membuka acara Jalan...

Tanah Papua3 hari ago

1 Desember Kamtibmas di Mimika Kondusif

TIMIKA,KTP.com – Wakapolres Mimika Kompol Saraju, mengatakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah seluruh Polres Mimika, berjalan aman...

Tanah Papua4 hari ago

BPN Mimika Gelar Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Reforma Agraria

TIMIKA,KTP.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mimika menggelar rapat koordinasi tim gugus reforma agraria Mimika bersama dengan Dinas terkait dari...

Tanah Papua

Advertisement

Trending