Connect with us

Tanah Papua

Cegah Laka Laut, Transportasi Laut Diingatakan Utamakan Keselamatan Saat Berlayar

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika, George L.M. Randang, mengingatkan kepada para pelaku usaha transportasi laut di wilayah kerja SAR Timika agar tetap mengutamakan keselamatan dalam berlayar. Hal ini ia sampaikan guna mengantisipasi kecelakaan laut saat berlayar.

“Tahun 2023 ada peningkatan di daerah perairan Arafuru. Rata-rata operasi kecelakaan kapal cukup tinggi,”kata George saat ditemui di Timika, Selasa (17/10/2023).

George mengingatkan para pengusaha transportasi laut agar selalu berkoordinasi dengan BMKG Timika sebelum melakukan pelayaran.

“selalu memperhatikan keselamatan,melihat kondisi alam yang sudah dirilis BMKG. Kita sama-sama mentaati dan memperhatikan kapal yang digunakan, alat navigasi,alat komunikasi tentunya diinformasikan ke instansi yang berkepenting terutama di Perhubungan,kelayakan pelayaran sudah memenuhi syarat atau belum dan juga menyesuaikan dengan data yang dirilis dari BMKG terkait tinggi gelombang”kata George.

Ia menegaskan bahwa dalam menjalan operasi kemanusian pihaknya selalu membangun komunikasi dan koordinasi baik internal Basarnas maupun TNI-Polri.

“prinsipnya kita selalu melaksanakan kesiapsiagaan karena kecelakan bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan sama siapa saja,”kata George.(MAR)

Komentar