Connect with us

Tanah Papua

Beri Kesempatan Untuk OAP, Pemkab Mimika dan MRP Papua Tengah Gelar Rapat Koordinasi

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Dalam rangka memberikan kesempatan penuh bagi putera puteri Orang Asli Papua (OAP) di wilayah Papua Tengah khususnya Kabupaten Mimika dalam pemilu 2024, Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Tengah dan Pemkab Mimika melaksanakan rapat koordinasi di ruang serbaguna Hotel Cenderawasih 66, Sabtu (10/2/2024).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Komisi Pemiluhan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kabupagen Mimika beserta perwakilan masyarakat dua suku besar di Mimika, yakni suku Amungme dan suku Kamoro.

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Tengah, Agustinus Anggaibak mengatakan, rapat ini untuk mendorong agar bagaimana undang-undang (UU) otonomi khusus (Otsus) jilid II dapat membuka ruang seluas-luasnya agar orang OAP dapat menjadi tuan di negeri sendiri.

Selain di tingkat kabupaten dan provinsi, rapat koordinasi ini juga untuk mendorong keterwakilan OAP untuk mengisi kursi parlemen seperti Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di tingkat pusat.

(Baca Juga: Soal Perkenbangan DPRK Mimika, Begini Penjelasan Kaban Kesbangpol Mimika)

“Kalau DPR RI dan DPD RI itu wajib untuk harus orang asli Papua, tidak ada tawar menawar itu wajib OAP karena semua provinsi itu ada perwakilannya,” kata Agustinus.

“Makanya provinsi Papua Tengah itu wajib. Yang bisa jadi (keterwakilan) DPD RI dan DPR RI itu wajib OAP. OAP yang dimaksud kah adalah rambut keriting, kulit hitam dan marga marga asli Papua,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng juga menyampaikan, tujuan digelarnya rapat koordinasi ini adalah untuk membuka ruang bagi OAP khususnya yang ada di Kabupaten Mimika.

“Jadi kami punya pernyataan bahwa bagaimana teman-teman (etnis/suku) lain menghargai kami dengan memberikan kesempatan kepada kami OAP supaya kami OAP juga jadi pelaku bukan jadi penonton (di negeri sendiri),” tegas Bupati Omaleng.(WMM)

Komentar