Connect with us

Kriminal

Cabul Anak Dibawa Umur, Seorang Sopir Truk di Timika Terancam di Bui

Published

on

TIMIKA,KTP.com – KB alias SL (24) tahun terancam dijerat dengan UU Perlindungan Anak dengan ancaman pidana 12 tahun penjara.

KB diduga melakukan tindakan pencabulan terhadap Bunga (bukan nama sebenarnya) yang masih berusia 14 tahun.

Kejadian tersebut terjadi pada 14 Juli 2021 di sebuah rumah kos adik pelaku yang terletak di jalan Irigasi Lorong Futsal.

Kejadian tersebut dilaporkan oleh ayah korban pada 17 Juli 2021 setelah korban menceritakan kejadian tersebut kepada ayahnya.

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa kejadian tersebut bermula ketika Bunga yang saat itu berada di rumah rekannya di jalan Cenderawasih Mapurujaya hendak pulang ke rumahnya di Timika pada Kamis (29/7/2021).

Bunga memilih naik truk untuk peluang ke rumahnya,ia lalu menahan sebuah truk yang lewat di jalan tersebut untuk menumpang ke Timika.

“korban langsung naik dan mengatakan kepada sopir atau pelaku, saya mau pulang. Pelaku menjawab, ko ikut kaka naik dulu. Kemudian korban bilang baru saya pulang bagaimana. Pelaku menjawab nanti balik baru kaka antar ko pulang,” kata Hermanto

Korban dan pelaku dari Mapurujaya langsung menuju ke Kota Timika dan mengantarkan barang muatan dibeberapa titik di dalam kota Timika.

Setelah semua barang diantara, korban beberapa kali meminta kepada pelaku untuk mengantarnya pulang.

Pelaku lalu mengajak korban ke rumah kosan adik pelaku yang ada di jalan Irigasi lorong futsal dengan alasan hendak mencas handphone.

Di kos tersebut korban terus meminta pelaku untuk segera mengantar dirinya pulang.

Pelaku bersama korban menggunakan sepeda motor hendak mengantar korban kembali ke rumahnya, namun sampai di lampu merah Hasanudin ternyata telah terjadi penyekatan PPKM.

“Pelaku bilang kalau begitu kita balik ke rumah kos saja. Korban bilang iya sudah, nanti saya tidur bagaimana.
Kemudian keduanya kembali ke rumah kos adiknya pelaku yang berada di Irigasi lorong futsal. Saat sampai di kos korban disuruh masuk ke dalam kamar untuk menunggu saja di kamar,”kata Hermanto.
.
Saat korban sedang berada di dalam kamar, pelaku masuk lalu menghampiri korban dan mengambil handphone korban dan langsung mengunci pintu kamar.

Saat pintu kamar dikunci tersebut pelaku lalu melakukan tindak pencabulan tehadap korban.

“Menurut keterangan dari korban bahwa pelaku ini sudah kenal lama dan biasa ikut menumpang.Pengakuan dari korban dirinya dipaksa oleh pelaku,” kata Hermanto.

SL saat ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian Polres Mimika guna mempertanggung jawabkan perbuatannya di depan hukum.(MSC)

Komentar
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kriminal

Dua Pengendara Motor Meninggal Dunia di TKP Hamadi

Published

on

By

JAYAPURA,KTP.com – Kecelakaan terjadi diseputaran pantai hamadi, dan kali ini langsung menelan dua nyawa sekaligus, kecelakaan tersebut tepatnya terjadi di jalan baru tobati pantai hamadi distrik jayapura selatan, Minggu (19/12) pagi hari sekira pukul 03.30 Wit.

Kecelakaan tersebut terjadi antara mobil Daihatsu Grand max nomor polisi PA 8150 AI yang dikendarai oleh Hajar (16) dengan Spm Yamaha Jupiter Z tanpa nomor polisi yang dibawa oleh Izak (20) bersama rekannya Mars (20).

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd melalui Kapolsek Jayapura Selatan AKP Hendrik Seru ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut.

Dimana dari kecelakaan yang terjadi, pengendara sepeda motor yakni Izak dan penumpangnya Mars meninggal dunia seketika ditempat kejadian perkara.

“Akibat dari kecelakaan tersebut, Izak mengalami luka robek pada dahi dan kedua kakinya alami patah tulang, sementara penumpangnya Mars menderita luka robek di pelipis dan pipi bagian kanan serta patah dibagian leher hingga mengeluarkan darah dari dari telinga dan hidung. Dimana kedua-duanya langsung meninggal dunia di tempat kejadian,” terang Kapolsek.

Lanjut Kapolsek menerangkan, kecelakaan terjadi ketika kedua kendaraan yang datang dari arah berlawanan dimana mobil daihatsu Grandmax datang dari arah lampu merah pantai Hamadi tujuan arah Holtekamp sedangkan Spm Yamaha Jupiter Z datang dari arah jembatan Youtefa dengan tujuan pertigaan lampu merah pantai Hamadi.

“Ketika sampai di TKP, sepeda motor yang melaju dengan kecepatan tinggi dan dalam keadaan dipengaruhi minuman keras keluar jalur kesebelah kanan, sempat dihindari oleh mobil yang datang dari arah berlawanan namun karena jarak yang sudah dekat maka kecelakaan tidak dapat terhidari lagi,” ucap Kapolsek.

Tambahnya, piket unit lalulintas yang mendatangi TKP langsung mengevakuasi korban ke rumah sakit bhayangkara kotaraja, dimana dari kecelakaan tersebut diperkirakan kerugian material mencapai 15 juta rupiah.

“Kesimpulannya, kecelakaan tersebut terjadi karena kurang hati-hatinya pengendara Spm Yamaha Jupiter Z yang melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi dan dalam keadaan dipengaruhi minuman keras hingga kecelakaan tak terhindari,” tegas Kapolsek.

Lanjutnya, kini kasus lakalantas tersebut dalam penanganan unit lalulintas polsek jayapura selatan dimana barang bukti kedua kendaraan dan pengemudi mobil grandmax kini berada di mapolsek untuk diamankan dan ditindaklanjuti.(*)

Komentar
Continue Reading

Kriminal

Polres Mimika Musnahkan Ribuan Liter Miras 

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Ribuan liter minuman keras jenis lokal dan industri pabrik, dimusnakan di halaman Mako Polres Mimika oleh pihak kepolisian Polres Mimika.

Minuman keras yang dikemas dalam plastik dan botol plastik untuk minum keras lokal dan botol kaca untuk minum keras industri pabrikan, disusun di atas aspal yang sudah dialasi dengan terpal dan digilas menggunakan alat berat hingga hancur.

Total keseluruhan minum keras lokal yang populer disebut Minuman Lokal (Milo) sebanyak 1.502,5 liter. Minuman lokal jenis sopi sebanyak 825,3 liter dan jenis tuak sebanyak 677,5 liter.

Total minuman keras industri pabrikan yang dimusnakan sebanyak 760 botol. Terdiri dari, 119 botol vodka Iceland,144 vodka,312 botol robinson whiskey,80 botol anggur merah,51 botol anggur kolesom, 48 botol bir angker dan enam botol bir guiness.

(Baca Juga: Sat Narkoba Polres Mimika Tangani 24 Kasus Narkotik Selama Januari Sampai Agustus 2021)

“Dalam kurun waktu menjelang Desember kita masih melakukan penertiban terkait dengan peredaran minuman beralkohol baik itu minuman pabrikan ataupun minuman lokal yang peredarannya tidak sesuai dengan UU,”kata Wakapolres Mimika, Komisaris Polisi Saraju, saat menggelar konferensi pers, pemusnahan minuman keras di Mako Polres Mimika,Jalan Agimuga Mile 32, Distrik Kuala Kencana Senin (13/12/2021).

Minuman keras yang dimusnakan tersebut, adalah hasil razia dan penertiban yang dilakukan Polres Mimika melalui Satuan Narkoba Polres Mimika bersama Polsek- Polsek jajaran di wilayah hukum Polres Mimika terhitung sejak Januari sampai dengan Desember 2021.

Adapun titik operasi yang dilakukan oleh Polres Mimika dan jajarannya, hingga berhasil mengamankan ribuan liter miras lokal dan ratusan botol minum industri pabrikan tersebut adalah Pelabuhan Laut Pomako, wilayah Mapurujaya , Bandara Mozez Kilangin, jalan Yos Sudarso- Nawaripi ,Jalan Budi Utomo, Jalan Busiri, Gorong-Gorong dan Kebun Siri.

“Tempat tempat lain yang berdasarkan temuan atau informasi lapangan yang masih ada peredaran minuman beralkohol yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan kita akan melakukan langkah langkah penegakan hukum atau penertiban,”kata Sarraju.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Kriminal

Pelaku Pencurian Senpi Organik Ditangkap Polisi

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – WR (20), pelaku pencurian senjata api (Senpi) organik di Kabupaten Yapen, berhasil ditangkap di jalan Naga Tasangkapura,Distrik Jayapura Selatan, oleh Sat Reskrim Polresta Jayapura, Kamis (9/22/2021).

Konologis peristiwa yang menjelaskan , bahwa penyelidikan yang dilakukan oleh tim gabungan Polresta Jayapura Kota mengetahui ,bahwa posisi pelaku berada di jalan Tasangkapura.

Tim gabungan dipimpin oleh Kasat Reskrim Polresta Jayapura Kota, AKP Handry Bawilling, didampingi Wakasat Reskrim Iptu Heppye Salampessy, langsung menuju ke lokasi target.

Di TKP, anggota melihat pelaku dan langsung melalukan penangkapan terhadap pelaku.

Hasil pemeriksaan anggota berhasil menemukan dan mengamankan barang bukti berupa satu pucuk senjata api revolver, 18 butir amunisi dan perangkat yang digunakan sepeti gelang dan kalung.

(Baca Juga: Satgas Nemangkawi Temukan Penyimpanan Senjata Api KKB Kelompok Gigen Telenggeng)

Pelaku dan barang bukti langsung diamankan di Mapolresta Jayapura Kota untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk diketahui bahwa senjata api tersebut dicuri pelaku saat personel Polres Yapen mengalami kecelakaan empat bulan lalu tepatnya bulan Agustus. Saat terjatuh, senpi milik personel Polres Yapen juga ikut terjatuh sehingga pelaku yang melihat hal tersebut langsung mengambil senpi tersebut dan membawa lari ke Jayapura menggunakan kapal laut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Ahmad Musthafa Kamal dalam keterangan tertulis Jumat (10/12/2021) mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku diketahui bahwa senjata api tersebut dibawa ke Jayapura untuk dibarter dengan narkotika jenis ganja namun sampai saat ditangkap,pelaku belum mendapat pasaran.

“Saat ini pelaku WR sedang dalam pemeriksaan oleh penyidik Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota guna tindakan hukum lebih lanjut,”kata Kamal.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Kriminal

Kasus Bentrokan antar Kelompok di Jayanti Segera Masuk Tahap Satu

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Berkas perkara kasus bentrokan antara dua kelompok di jalan Yos Sudarso, komplek Jayanti yang terjadi pada Jumat (18/11/2021) dan Sabtu (19/11/2021) segera masuk tahap satu.

“Proses melengkapi berkas, agar segera kita tahap satukan.Karena melihat waktu inikan sudah akhir tahun,”kata Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar saat ditemui di Kantor Pelayanan Polres Mimika Sabtu (11/12/2021).

Dalam kasus bentrokan tersebut,pihak kepolisian Polres Mimika juga telah menetapkan 10 orang menjadi tersangka. Bentrokan tersebut juga menyebabkan beberapa tempat usaha di jalan Yos Sudarso mengalami pengerusakan.

“Kita maksimalkan awal Januari segera kita tahap satukan,”kata Bertu.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua6 menit ago

UMK Mimika Naik 2,33 Persen

TIMIKA,KTP.com – Pemerintah Kabupaten Mimika menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar Rp. 4.052, 776, 64 dan mengalami kenaikan 2,33 persen...

Tanah Papua18 menit ago

Pembangunan Jalan Cendrawasih Tahun Ini Selesai 100 Persen

TIMIKA,KTP.com – Pembangunan pelebaran jalan Cendrawasih mulai dari bundaran SP II hingga Check Point Kuala Kencana tahun ini sesuai kontrak multi...

Tanah Papua2 hari ago

Janjikan Kerja di PT FI Wanita Parubaya di Timika Lakukan Penipuan Ratusan Juta

TIMIKA,KTP.com – E (45) warga jalan Budi Utomo Timika, ditangkap oleh Satuan Reskrim Polres Mimika, Minggu (16/1/2022) di Kota Timika,...

Tanah Papua4 hari ago

DKP PKP Mimika Gelar Syukur HUT ke 23

TIMIKA,KTP.com – Dewan Pimpinan Kabupaten Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Kabupaten Mimika menggelar acara syukuran hari ulang tahun ke-23 tahun...

Tanah Papua4 hari ago

Wabup Mimika Ingatkan Warga Pesisir Tidak Bangun Rumah di Bantaran Sungai

TIMIKA,KTP.com – Wakil Bupati Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Johannes Retob, memberikan peringatan kepada warga masyarakat Mimika yang mendiami wilayah pesisir...

Tanah Papua5 hari ago

Petani Binaan Polres Mimika Panen Jahe

TIMIKA,KTP.com – Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata bersama kelompok tani binaannya melaksanakan panen jahe di Kampung Mulia...

Tanah Papua1 minggu ago

Dukungan Perkembangan Bola Basket,Dandim 1710-Mimika Bersama Forkompinda Laksanakan Pertandingan Eksebisi

TIMIKA,KTP.com – Bertempat di Mimika Sport Complex (MSC) Timika, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya...

Tanah Papua1 minggu ago

Produksi dan Jual Narkotika di Timika, Tiga Pemuda Ini Diringkus Polisi

TIMIKA,KTP.com – Tiga orang pemuda yang diketahui berinisial ISM alias Irfan, AB alias Alfin dan YVR alias Viki ditangkap oleh...

Tanah Papua1 minggu ago

Tiga Kampung di  Distrik Amar Terdampak Banjir Rob

TIMIKA,KTP.com – Wakil Bupati Mimika, Provinsi Papua Johannes Rettob menyebut sejumlah rumah warga Kampung Amar, Kawar dan Manuare, Distrik Amar...

Tanah Papua2 minggu ago

Melky Ditemukan Tim SAR Gabungan dalam Keadaan Meninggal Dunia

ASMAT,KTP.com – Melky (30) warga Asmat yang hilang terseret arus air sungai Suru Suru Distrik Suru Suru, Kabupaten Asmat Rabu...

Tanah Papua

Advertisement

Trending