Connect with us

Kriminal

Cabul Anak Dibawa Umur, Seorang Sopir Truk di Timika Terancam di Bui

Published

on

TIMIKA,KTP.com – KB alias SL (24) tahun terancam dijerat dengan UU Perlindungan Anak dengan ancaman pidana 12 tahun penjara.

KB diduga melakukan tindakan pencabulan terhadap Bunga (bukan nama sebenarnya) yang masih berusia 14 tahun.

Kejadian tersebut terjadi pada 14 Juli 2021 di sebuah rumah kos adik pelaku yang terletak di jalan Irigasi Lorong Futsal.

Kejadian tersebut dilaporkan oleh ayah korban pada 17 Juli 2021 setelah korban menceritakan kejadian tersebut kepada ayahnya.

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa kejadian tersebut bermula ketika Bunga yang saat itu berada di rumah rekannya di jalan Cenderawasih Mapurujaya hendak pulang ke rumahnya di Timika pada Kamis (29/7/2021).

Bunga memilih naik truk untuk peluang ke rumahnya,ia lalu menahan sebuah truk yang lewat di jalan tersebut untuk menumpang ke Timika.

“korban langsung naik dan mengatakan kepada sopir atau pelaku, saya mau pulang. Pelaku menjawab, ko ikut kaka naik dulu. Kemudian korban bilang baru saya pulang bagaimana. Pelaku menjawab nanti balik baru kaka antar ko pulang,” kata Hermanto

Korban dan pelaku dari Mapurujaya langsung menuju ke Kota Timika dan mengantarkan barang muatan dibeberapa titik di dalam kota Timika.

Setelah semua barang diantara, korban beberapa kali meminta kepada pelaku untuk mengantarnya pulang.

Pelaku lalu mengajak korban ke rumah kosan adik pelaku yang ada di jalan Irigasi lorong futsal dengan alasan hendak mencas handphone.

Di kos tersebut korban terus meminta pelaku untuk segera mengantar dirinya pulang.

Pelaku bersama korban menggunakan sepeda motor hendak mengantar korban kembali ke rumahnya, namun sampai di lampu merah Hasanudin ternyata telah terjadi penyekatan PPKM.

“Pelaku bilang kalau begitu kita balik ke rumah kos saja. Korban bilang iya sudah, nanti saya tidur bagaimana.
Kemudian keduanya kembali ke rumah kos adiknya pelaku yang berada di Irigasi lorong futsal. Saat sampai di kos korban disuruh masuk ke dalam kamar untuk menunggu saja di kamar,”kata Hermanto.
.
Saat korban sedang berada di dalam kamar, pelaku masuk lalu menghampiri korban dan mengambil handphone korban dan langsung mengunci pintu kamar.

Saat pintu kamar dikunci tersebut pelaku lalu melakukan tindak pencabulan tehadap korban.

“Menurut keterangan dari korban bahwa pelaku ini sudah kenal lama dan biasa ikut menumpang.Pengakuan dari korban dirinya dipaksa oleh pelaku,” kata Hermanto.

SL saat ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian Polres Mimika guna mempertanggung jawabkan perbuatannya di depan hukum.(MSC)

Komentar
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kriminal

Terseret Arus Seorang Pendulang Ditemukan Meninggal

Published

on

By

 

TIMIKA,KTP.com – Seorang pendulang diketahui bernama Antik (24) ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa di area pendulangan Mile Point 37 Distrik Kuala Kencana Minggu (15/8/2021).

Meninggalnya Antik (24), diduga akibat terseret arus di area kali kabur PT Freeport Indonesia saat menyeberang menggunakan ban dalam (binen).

Kapolsek Kuala Kencana Iptu Yakobus Sera Ayatanoi dalam keterangan tertulisnya mengatakan,setelah pihaknya mendapatkan laporan dari pihak security SRM PT Freeport Indonesia , empat personil piket Polsek Kuala Kencana bersama pihak SRM PT Freeport Indonesia langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian.

Tiba di TKP, personil menghubungi piket jaga Polsek Kuala Kencana untuk meminta bantuan untuk dikirimkan mobil ambulance.

“Mobil Ambulance tiba di TKP Penemuan mayat, selanjutnya korban langsung dievakuasi menggunakan mobil ambulance menuju rumah duka di Kampung Nawaripi dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan pihak SRM PT Freeport Indonesia,”kata Iptu Sera.

Jenazah korban rencananya akan di makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) SP 1 Timika.

Lanjut Iptu Sera,Kornologis peristiwa itu terjadi pada minggu (15/8) pukul 07.00 wit,saat itu korban bersama keluarganya bernama Anus (37) menyeberngi kali kabur menggunakan ban dalam (binen) sambil membawa gerobak dorong.

Pada saat sudah menyeberang sekitar lima meter ban dalam tersebut menabrak batu, sehingga ban binen terbalik.

Korban tidak bisa berenang sehingga terbawa arus kali kabur. Sedangkan rekannya bernama Anus yang bisa renang selamat dengan luka kaki lecet dan kepala terbentur batu.

Gerobak dorong ditemukan di MP 36 barat sedangkan ban binen ditemukan di Mile Point 35 jembatan rusak.

Atas kejadian itu rekan korban bersama keluarga melakukan pencarian,sekitar pukul 11.55 WIT di Mile Point 34 barat korban di ketemukan dalam keadaan meninggal.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Kriminal

Satu Anggota KKB Berhasil Dilumpuhkan Tim Gabungan TNI-Polri

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi (28) warga Kampung Philia Distrik Gurage Kabupaten Puncak Jaya anggota Kolompok Kriminal Bersenjata (KKB) berhasil dilumpuhkan oleh tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi di Kampung Puncak Senyum Distrik Irimuli Kabupaten Puncak Jaya Selasa (3/8/2021).

Kronologis kejadian menyebutkan tim gabungan TNI – Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi dipimpin Ipda Dedi Sudomo bersinergi dengan Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY dan Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA melakukan penindakan terhadap seorang DPO KKB Yambi atas nama Kopengga Enumbi Alias Tamu Enumbi (28).

Saat dilakukannya penindakan, pelaku melakukan perlawan sehingga personel mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak pelaku atas nama Kopengga Enumbi Alias Tamu Enumbi (28) yang mengakibatkan pelaku meninggal dunia di tempat. jenazah pelaku dibawa ke RSUD Mulia.

Selain menembak mati pelaku tim gabungan TNI-Polri juga berhasil mengamankan sebelas butir munisi jenis SS1 kaliber 5,56 mm, satu buah pisau badik, satu buah helm warna hijau stabile, satu bungkus rokok surya,pinang dan siri, satu buah tas atau noken dan satu buah telepon seluler merek samsung.

( Baca Juga: Osimin Wenda Anggota KKB DPO Polres Puncak Jaya Diciduk)

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulisnya Selasa (3/8/2021) mengatakan Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi merupakan DPO Polres Puncak Jaya LP/Berkas/02-K/I/2014/SPKT atas kasus pencurian dengan kekerasan, Perampasan delapan pucuk senjata api Pospol Kulirik di Pospol Kulirik Kabupaten Puncak Jaya pada tanggal 04 Januari 2014 dan DPO/82/XII/2018/Ditresrimum 5 Desember 2018.

“Selama ini Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KKB Yambi dibawah pimpinan Lekagak Telenggen. Kemudian, Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi juga merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi KKB Yambi” kata Kamal.

Kamal mengatakan pelaksanaan penegakkan hukum terhadap Kopengga Enumbi al merupakan hasil sinergitas antara Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY, Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA, beserta jajaran Apintel di Kabupaten Puncak Jaya.(MSC/HMS)

Komentar
Continue Reading

Kriminal

Rusak Pintu  ATM, MS Diamankan Polisi

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Pihak Kepolisian Polres Mimika Baru berhasil mengamankan MS (34) yang diduga sebagai pelaku pengerusakan pintu masuk Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank BRI di Jalan Cenderawasih Resto 66 Timika di SP 3.

“Inisial pelakunya MS,” kata Kapolsek Mimika Baru AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan dalam keterangan tertulis kepada wartawan Selasa (3/8/2021).

Dion menjelaskan berdasarkan kronologis peristiwa kejadian tersebut terjadi pada Minggu (1/8/2021) sekitar pukul 23.37 wit.

Pada Senin (2/3/2021) pihak Kepolisian Polres Mimika Baru menerima laporan dari pihak Bank BRI sebagai pihak yang dirugikan terkait dengan pengeruskan tersebut.

Polsek Mimika Baru melalui Unit Reskrim Polsek Mimika Baru melakukan olah TKP kemudian berkordinasi dengan pihak Bank BRI.

“Pihak kepolisian mendapat rekaman CCTV dari pihak Bank BRI dan juga didapat bukti resi transferan yang diduga milik pelaku saat itu,”kata Dion.

Selasa (3/8/2021) Unit Reskrim Polsek Mimika Baru melakukan penyelidikan dan mengarah ke SP 3, karena diduga pelaku yang melakukan pengrusakan tersebut berada di wilayah SP 3.

“Sebelum kejadian pengrusakan tersebut pelaku MS dan saksi AB merupakan pasangan suami istri. Sebelumnya ada masalah keluarga dan sudah cekcok dirumahnya di SP 3 terkait masalah keuangan, sehingga puncak dari masalah tersebut terlempiaskan dengan cara merusak ATM dengan cara melemparkan pintu kaca ATM dengan menggunakan batu Batako sehingga menyebabkan pintu masuk ATM tersebut pecah,”kata Dion

Dalam rekaman CCTV , MS dan saksi AB sedang berada dalam ATM. Tidak lama kemudian AB (saksi) keluar dari ATM lalu langsung pergi dengan sepeda motor.

MS kemudian keluar dari ATM dan terlihat dari ekspresi di video sangat kesal dan emosi. MS kemudian mengambil batu Batoko yang ada didepan pintu masuk ATM kemudian melemparkan kearah pintu ATM.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Kriminal

Hilang Kontak,Speedboad 100 PK Berhasil Ditemukan

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Speedboat 100 PK tujuan Timika-Asmat dilaporkan hilang kontak sejak keberangkatannya pada Kamis (29/7/2021) berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan pada Jumat (30/7/2021) di perairan Pulau Tiga tepatnya di tanjung Mamat.

Adapun empat orang penumpang yang ikut dalam speedboat tersebut juga dilaporkan dalam keadaan selamat.

Kepala kantor SAR Timika George L.M. Randang dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa setelah menerima laporan adanya Speedboat yang hilang kontak pihaknya langsung memberangkatkan Tim SAR gabungan yang terdiri dari personil rescuer Pos SAR Asmat, Personil TNI AD, dan Personil TNI AL Asmat menggunakan RIB Milik Basarnas 85 PK, serta ditambah satu tim dari SAR Timika yang akan menyusuri dari Dermaga SAR Pomako mengarah ke Asmat, dengan pencarian di rute yang sering dilewati speedboat tersebut.

(Baca Juga: Hari Pertama pencarian Speedboad 6 Penumpang Belum Membuahkan Hasil)

“Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan speedboat yang hilang tersebut beserta seluruh penumpang dengan kondisi selamat,” kata George.

George menagatakan keterangan dari salah seorang korban bahwa speedboat yang mereka tumpangi mengalami kendala kehabisan BBM di sekitar perairan Pulau Tiga lebih tepatnya di tanjung Mamat dan terbawa arus.

” Tim SAR Gabungan langsung mengevakuasi speedboat beserta seluruh korban menuju Asmat untuk diserahkan ke pihak keluarga. Dengan ditemukanya korban maka operasi sar diusulkan di tutup dan potensi sar yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing,” kata George.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua11 jam ago

KKB dan Aparat TNI-Polri Kembali Kontak Tembak di Distrik Kiwirok

JAYAPURA,KTP.com – Kontak tembak antara personel gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Alipki Taplo dari arah Kampung...

Tanah Papua1 hari ago

Situasi Kamtibmas Mimika Aman, Kapolres Sebut Tidak Ada Penembakan di Mile 61

TIMIKA,KTP.com – Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adinata menegaskan bahwa tidak ada gangguan teror penembakan di mile poin...

Tanah Papua1 hari ago

Cabang Olahraga Panjat Tebing Laksanakan Tes Event

TIMIKA,KTP.com – Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing melaksanakan tes event di venue Panjat Tebing Timika Jalan Charitas SP 2 Timika...

Tanah Papua1 hari ago

Gubernur Papua Lukas Enembe Tinjau Venue di Mimika Jelang PON XX Papua

TIMIKA,KTP.com – Tinjau beberapa venue PON di Timika Gubernur Lukas Enembe yang merupakan ketua umum PB PON XX Papua menyatakan...

Tanah Papua1 hari ago

Gubernur Papua Janjikan Atlet Bonus 1 Milyar Untuk Peraih Emas

TIMIKA,KTP.com – Gubernur Papua Lukas Enembe menjanjikan bonus 1 milyar untuk atlet Papua yang bisa meraih emas di PON XX...

Tanah Papua4 hari ago

Aparat TNI-Polri Berhasil Lumpuhkan Anggota KKB di Distrik Kiwirok

JAYAPURA,KTP.com – Kontrak tembak antara aparat TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang Senin...

Tanah Papua4 hari ago

Pemda Ajak Masyarakat Terbuka Melaporkan Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan

TIMIKA,KTP.com – Dari beberapa jumlah kasus yang sudah di ketahui masih banyak lagi kasus kekerasan anak dan perempuan yang masih...

Tanah Papua4 hari ago

Wabup Mimika: Harhubnas 2021 Momentum Untuk Refleksi Pelayanan Kepada Masyarakat yang Belum Merata

TIMIKA,KTP.com – Pada peringatan Hari perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2021, Wakil Bupati (Wabup) Mimika dalam amanatnya menyampaikan momen hari perhubungan...

Tanah Papua5 hari ago

Tiga Kru Rimbun Air Dievakuasi ke Timika, Kotak Hitam Sudah Ditemukan

TIMIKA,KTP.com – Tiga awak pesawat Rimbun Air dengan nomor penerbangan PK OTW yang jatuh di bukit Kampung Bilogai, dekat Sugapa,...

Tanah Papua5 hari ago

DPR RI Serahkan Bantuan Penanganan Korban Bencana Alam di Mimika Dari Kemensos Senilai 403 Juta

TIMIKA,KTP.com – Kabupaten Mimika mendapatkan bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) dan DPR RI Komisi VIII berupa barang senilai Rp403 juta...

Tanah Papua

Advertisement

Trending