Connect with us

Uncategorized

3.892 Relawan PON Kluater Mimika Mulai Tanda Tangan Kontrak

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Relawan PON kluster Mimika lakukan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mimika, Jumat (24/9/2021). Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Provinsi Papua nomor 414/18/tahun 2021 relawan klaster Mimika sebanyak 3.892.

Koordinator bidang SDM, Agus Hugo Kreey menjelaskan setelah menerima SK tersebut, Bidang SDM PB PON Sub Kabupaten Mimika melaksanakan distribusi relawan, penandatanganan pakta integritas Volunteer (VO), Liaison Officer (LO) dan Work Force (WF) dan pembukaan buku rekening. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan oleh relawan setelah menerima SK.

“Yang telah lolos dan menjadi relawan kita akan layani sampai dengan sore. Kami atas nama panitia menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan karena kita baru dapat SK kemarin sore setelah ada SK baru kita laksanakan proses administrasi,”jelas Agus.

Menurut Agus setelah melakukan penandatanganan pakta integritas selanjutnya akan ada serah terima dari bidang masing – masing kepada koordinator bidang seperti bidang peralatan, pertandingan, dan lainnya.

(Baca Juga: Hasil Seleksi Relawan Kebijakan SUB PB PON Papua)

“Kita akan berkomunikasi dengan Koordinator bidang selanjutnya apabila sudah menandatangani pakta integritas akan dilakukan proses pembuatan ID card,”tuturnya.

Agus mengungkapkan, sampai saat ini atribut belum dikirim dari Jayapura ke Timika. Dan pihak BP PON Sub Mimika terus berupaya secepatnya tiba di Timika. Saat ini pertandingan sudah milai jalan dan harusnya para relawan sudah melaksanakan tugas sesuai dengan bidang – bidang namun karena keterlambatan sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini.

“Kita akan koordinasi dengan koordinator bisang masing masing supaya nanti akan dibagi ke lokasi lokasi yang sudah ditentukan nanti akan ada petunjuk dari koordinator bidang, hari ini kita akan melaksanakan registrasi ulang,”ungkapnya.(DEN)

Komentar

Uncategorized

Menteri Luhut Binsar Panjaitan Buka Cabor Atletik PON Papua

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Ketua Umum PB Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI) yang juga selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan apresiasinya kepada Freeport yang sudah mendukung penuh pelaksanaan PON XX Papua. Hal tersebut di sampaikan saat membuka Cabor atletik di GOR out door MSC, Selasa (5/10/2021).

“Saya tidak pernah membayangkan bahwa di Papua ada tempat Atletik yang begitu indah. Terima kasih Freeport yang sudah mendukung penuh suksesnya PON di Papua khusunya di Mimika,”kata Luhut dalam sambutannya.

Luhut mengungkapkan melihat standar MSC bertaraf internasional dan dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) ini dinilai sangat lengkap untuk semua nomor atletik. Pihaknya berencana melaksanakan pemusatan latihan atletik di wilayah Indonesia Timur di Mimika Sport Complex (MSC).

“Kedepan kita buat Papua ini berubah, jadi untuk Indonesia Timur itu kita akan training center di Timika. Mungkin ada 25 atau puluhan atletik,”ungkapnya

Luhut menjelaskan untuk pusat pelatihan di MSC ini akan membina dan mendidik para atlet dari Indonesia Timur seperti Maluku, NTT, NTB, dan Papua. Pelatihan yang akan diberikan untuk cabang lari 100 m, 200 m, 400 m, lempar lembing, dan tolak peluru.

“Selain itu, akan ada proses pembelajaran untuk bidang Fisika, Bahasa Inggris, dan Wawasan Kebangsaan. Sehingga mereka memiliki masa depan,”jelasnya.

(Baca juga: Atlet Panjat Tebing Papua Terget Dua Medali Emas Pada PON XX Papua)

Sementara Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia (PTFI), Tonny Wenas menanggapi sambutan dari ketua umum PB PASI mengatakan, bahwa dengan dibuatnya MSC sebagai Training Center maka akan sangat baik pelaksanaannya. Sehingga kedepannya MSC tidak mangkrak dan akan terus dipakai untuk event-event berikutnya.

“Dilaksanakan disini tentunya akan sangat baik. Karena pasca PON stadion ini akan dipakai seterusnya,”tuturnya.

Apalagi menurutnya di MSC memiliki ‘indoor stadion’ yang tentunya dapat dipakai banyak kegiatan olahraga, seperti bola basket, bola voli, dan lain sebagainya.

“Jadi kami PT. FI komitmen untuk ikut membangun SDN Papua di bidang olahraga. Harapan kami juga stadion ini tidak hanya menghasilkan atlet-atlet akan tetapi juga secara ekonomi dapat meningkat,”tuturnya.

Perlu diketahui, Fasilitas olah raga Mimika Sport Complex (MSC), yang terletak di Jalan Poros Timika-SP5, tepat di depan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

MSC sendiri dibangun dengan dana sekitar 33 juta US dollar pada lahan seluas kurang lebih 12,5 hektare itu tetap terawat dengan baik hingga penyelenggaraan PON 2020.

Sarana di MSC mencakup stadion tertutup (indoor stadium), Lintasan lari dengan tribun Barat dan tribun Timur, asrama atlet, serta bangunan penunjang lainnya.

Stadion tertutup diperuntukkan sebagai arena bagi cabang olahraga badminton, bola basket, bola voli dan beladiri. Stadion itu dirancang agar dapat menampung sekitar 5.000-5.500 penonton, termasuk 75 penonton VIP, serta dilengkapi dengan area pertokoan dan perkantoran di dalamnya.

Sementara stadion terbuka dilengkapi dengan jalur lintasan lari jarak pendek dan menengah berstandar internasional serta beberapa cabang atletik lainnya seperti lempar lembing, tolak peluru, lompat tinggi, dan lompat jauh. Stadion terbuka dilengkapi dengan dua tribun utama di bagian barat berkapasitas 2.200 penonton dan bagian timur berkapasitas 1.300 penonton.

Sedangkan dua asrama atlet putra dan putri masing-masing mampu menampung 50 atlet dan tujuh pelatih di setiap asramanya, dengan total kapasitas sebanyak 100 atlet. Asrama tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi (fitness/gym, tempat makan, dsb) yang terdapat di dalam asrama penunjang (support dormitory). (DEN)

Komentar
Continue Reading

Uncategorized

Kadinkes Mimika Reynold Ubra: Kasus Covid Di Mimika Turun Drastis

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan, kasus kesembuhan karena Covid di Kabupaten Mimika saat ini mencapai angka 96 persen.

“Pada awal Agustus pasien yang di isolasi  mencapai1.400 orang, kini tersisa 102 orang,”kata Reynold di kantor Pusat pemerintahan Mimika, Senin (13/9/2021).

Menurut Reynold menurunnya kasus Covud di Mimika karena vaksinasi yang dengan gencar terus dilaksanakan.

“Vaksinasi memberikan kekebalan tubuh bagi masyarakat dan hasil vaksinasi angka kasus Covid-19  di Kabupaten Mimika terus menurun,” tuturnya.

Reynold mengungkapkan saat ini tenaga kesehatan bersama TNI dan Polri  di Kabupaten Mimika terus  berkolaborasi dalam rangka meningkatkan pelayanan vaksinasi di Mimika.

(Baca Juga: Antusiaisme Warga Mimika Untuk Ikut Vaksin Covid-19 Terus Meningkat)

Pihaknya memastikan sebelum hajatan pekan olahraga nasional (PON) Papua, Mimika menargetkan 70 persen dari 172.185 jiwa masyarakat Mimika harus menerima vaksinasi minimal dosis pertama.

“Kami kejar dosis pertama minimal 70 pertama. Sementara dosis pertama sudah tembus 53,3 persen sedangkan dosis kedua 36 persen,” ungkapnya.

Reynold menambahkan, jika semua masyarakat mau di Vaksin maka Mimika bisa kembali hidup normal.

“Kalau semua mau di vaksin berarti kita sudah bisa hidup normal,”ujarnya.(DEN)

Komentar
Continue Reading

Uncategorized

22 OPD Ikut Meriahkan Lomba Hias Kantor Jelang HUT RI Ke 76

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com- Sebanyak 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terdaftar di panitia HUT RI Pemkab Mimika antusias mengikuti lomba hias kantor dalam rangka menyambut HUT RI Ke 76 di Kabupaten Mimika. Antusiasme ke 22 OPD nampak saat tim juri melakukan penilaian dimasing-masin 22 OPD tersebut, Kamis (12/8/2021).

Pantauan dilapangan tim juri lomba hias kantor melakukan penilaian mulai dari kantor BKSDM Mimika kemudian menuju kantor pusat pemerintahan setelah itu dilanjutkan ke beberapa kantor Distrik dan berakhir di kantor Dinas Pertanian.

Untuk hiasan ditiap kantor sendiri masing-masing OPD tersebut menghias kantornya dengan nuansa merah putih hingga terlihat meriah. Bahkan ada beberapa OPD yang para pegawainya menggunakan pakaian adat Bhineka tunggal ika.

Kepala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Mimika yang juga sebagai juri lomba Slamet Sutejo mewakili koordinator lomba mengatakan, ditengah pandemi ini lomba-lomba yang disekenggarakan sangat meriah. Pihaknya melihat para OPD sangat antusias dalam mengikuti lomba menghias kantor.

“Saya lihat karena pandemi ini justru lomba yang diselenggarakan saat ini memunculkan kreatifitas para teman-teman OPD. Buktinya kita lihat saat kita lakukan penilaian mereka menghias sebagus mungkin kantornya,”kata Slamet.

Menurut Slamet antusiasme para OPD tersebut merupakan semangat yang di buktikan di masa pandemi ini masih memiliki semangat untuk tetap mengisi kemerdekaan. Hal tersebut sebagai bukti untuk menghormati jasa pahlawan yang sudah berjuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajah.

(Baca Juga: Sukseskan PON XX Papua Tahun 2021,PB PON XX Sub Mimika Gelar Lomba Gapura Semarak HUT RI KE 76 )

” Mereka bisa menunjukkan bahwa kita generasi penerus untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk terus memberikan kotribusi kepada negara meskipun di masa pandemi seperti sekarang ini,”tuturnya.

Slamet mengungkapkan dari setiap OPD peserta lomba yang dikunjungi pihaknya merasa berkesan. Hal tersebut tampak semangat yang luar biasa dalam mengikuti lomba-lomba yang diikutinya.

“Sambutan para OPD yang kita kunjungi sangat luar biasa. Kreatifitas dan keramahan mereka interaksinya sangat baik sekali,” ungkapnya.

Sementara juri selanjutnya Ibu Kalina Omaleng yang merupakan istri Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan bahwa pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada para OPD yang mengikuti lomba. Menurutnya para OPD menunjukkan kekompakannya dalam mengikuti lomba.

Pihaknya berharap agar para OPD yang belum bisa mengikuti lomba agar tahun depan busa mengikuti. Hal tersebut untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

“Saya sangat bangga dan saya lihat dekorasinya bagus-bagus. Berarti itu menunjukkan mereka kompak. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi,” ungkap Kalina.( DEN)

Komentar
Continue Reading

Uncategorized

Gangguan Kamtibmas Akibat Milo di Miktim Alami Penurunan

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Kapolsek Mimika Timur Iptu Boby Pratama mengatakan tingkat kriminalitas dan gangguan Kamtibmas di wilayah Distrik Mimika Timur akibat dari mengkonsumsi miras terus mengalami penurunan di wilayah hukum Polres Mimika Timur.

Hal ini karena kegiatan patroli secara rutin ke tempat tempat yang disenyalir sebagai tempat penjualan miras lokal terus dilakukan oleh pihak kepolisian Sektor Mimika Timur.

” Minuman lokal tetap kita pantau, kita cari informasi siapa penjual dan tempat tempat yang memproduksi barang ini. Jadi secara diam diam kami laksanakan sweeping terutama kepada penjual. Kami sudah amankan tiga jirgen barang bukti milo. Alhamdulillah sampai saat ini tingkat kriminal karena mabuk itu sudah agak menurun,” kata Boby saat ditemui di Kantor Pelayanan Polres Mimika Rabu (21/7/2021).

Boby mengatakan pihaknya juga melibatkan para kepala kampung dalam upaya pemberantasan penjualan milo di wilayah Distrik Mimika Timur.

” Saya sudah atensikan ke kapala kampung kalau kamu mengetahui penjual mirasnya dimana laporkan ke saya pada saat itu juga biar kami langsung tangkap di tempat,” kata Boby.

Boby menagatakan sampai dengan saat ini situasi kamtibmas di wilayah hukum Distrik Mimika Timur aman dan kondusif.

“Secara keseluruhan situasi kamtibmas dibawa aman,” kata Boby.( MSC)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua1 hari ago

Kontingen Pesparawi Kabupaten Puncak Tiba di Timika

TIMIKA,KTP.com –Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Puncak telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021). Penyambutan kontingen dilaksanakan...

Tanah Papua1 hari ago

Dukung Kemajuan Usaha POJ Tambah 8 Unit Kendaraan Dump Truck

TIMIKA,KTP.com – Guna mendukung kemajuan dan kelancaran operasional perusahaan, PT Putra Otomona Jaya (POJ) Mimika menambah 8 unit kendaraan dump...

Tanah Papua1 hari ago

Kontingen Memberamo Raya Baru Pertama Kali Ikut Pesparawi

TIMIKA,KTP.com – Kontingen lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Xlll Kabupaten Mamberamo Raya telah tiba di Timika Rabu (27/10/2021) untuk...

Tanah Papua2 hari ago

Bupati Omaleng Serahkan Dana 15 Milyar Untuk Konferensi KINGMI

TIMIKA,KTP.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyerahkan bantuan sebesar 1 miliar rupiah dari total bantuan sebanyak 15 miliar untuk pelaksanaan...

Tanah Papua3 hari ago

Kolter Pertama Kontingen Pesparawi Jayawijaya Tiba di Timika

TIMIKA,KTP.com – Kontingen Pesparawi XIII se-Tanah Papua mulai berdatangan di Timika diawali hari ini, Senin (25/10) dengan kedatangan Kabupaten Jayawijaya...

Tanah Papua3 hari ago

Tapal Batas Mimika Dogiyai Masih Bermasalah

TIMIKA,KTP.com – Hingga saat ini masih terjadi tarik ulur terkait tapal batas antara Kabupaten Mimika dan Kabupaten Dogiyai di Kementrian...

Tanah Papua5 hari ago

Galian C Ilegal Semakin Berani Satpol PP Mimika Lapor Polisi

TIMIKA,KTP.com – Praktek galian C ilegal yang berada di kali selamat datang semakun berani bahkan tidak segan-segan melawan Satuan Polisi...

Tanah Papua5 hari ago

Bina Kemampuan Khusus, YPTP Latih Anak Anak Amor Buat Sofa

TIMIKA,KTP.com – Yayasan Pengembangan Telenta Papua (YPTP) terus melakukan upaya-upaya pengembangan kemampuan dan keterampilan bagi anak anak Amungme dan Kamoro...

Tanah Papua6 hari ago

Dukung Pesparawi se – Tanah Papua, Pangansari Utama Sumbangan Lima Kontener Air Mineral

TIMIKA,KTP.com – Sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan Pesparawi se-Tanah Papua yang  berlangsung 30 Oktober – 6 Nopember...

Tanah Papua6 hari ago

Koarmada III Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim di Wilker Lanal Timika

TIMIKA,KTP.com – Komando Armada (Koarmada) III yang merupakan Komando utama TNI AL yang membawahi wilayah laut Indonesia bagian timur,  Jumat...

Tanah Papua

Advertisement

Trending