Connect with us

Tanah Papua

2023, Pencaker di Mimika Meningkat Hingga 9000 Orang

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Jumlah pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Mimika sepanjang tahun 2023 terpantau mengalami kenaikan hingga mencapai 9000 orang.

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika, Martina Amarairu SE menjelaskan, meningkatnya jumlah Pencaker ini dicatat berdasarkan pencetakan Kartu Kuning (KK) para pencari kerja.

Ditambah lagi, Exibition and Job Fair 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Papua Tengah untuk pertama kalinya di Mimika beberapa waktu lalu menghasilkan pencaker di Mimika membludak.

“Makanya pencari kerja dari beberapa tempat masuk kesini, kemarin ada peningkatan yang Job Fair itu saja yang di lapangan ada 8000 ribu,” kata Martina, saat ditemui disela-sela kesibukannya, Rabu (10/1/2023).

(Baca Juga: Tahun 2023, PAD Disperindag Kabupaten Mimika Capai 104,32 Persen)

Martina mengungkapkan, jumlah Pencaker ini sebagian besar datang dari luar Papua. Menurut data, kata Martina jumlah Pencaker dari luar Papua justru lebih banyak dibanding pencaker Orang Asli Papua (OAP).

Ia menyebut, jumlah ini berdasarkan data Kartu Kuning yang dibuat oleh pencaker di Disnakertrans, dimana para pencari kerja tersebut membawa keterangan domisili dari daerah asal untuk mengurus Kartu Kuning.

Kata Martina, pihaknya juga tidak menutupi kemungkinan untuk melayani para pencaker meski belum memiliki KTP beralamat Timika namun punya Surat Keterangan Domisili daerah asal.

“Jadi KTP luar tapi ada domisili karena biasanya langsung mereka sudah urus domisili, jadi dengan domisili itu kita tetap mencatat itu, kalau tanpa domisi (KTP luar) tidak bisa,” pungkas Martina.(MWW)

Komentar
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *