Connect with us

Tanah Papua

159 PTPS Se-Distrik Wania Kabupaten Mimika Dilantik

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Sebanyak 159 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua Tengah resmi dilantik, di Hotel Horison Diana, Timika, Jumat (2/2/2024).

159 PTPS yang tersebar di 3 kelurahan dan 4 kampung ini dilantik oleh Ketua Panwaslu Distrik Wania, Mustafa Silatratubun disaksikan para komisioner dan staf Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kahupaten Mimika yang hadir.

Seremoni pelantikan ini ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji, dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas oleh para PTPS, hingga penandatanganan berita acara.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Distrik Wania, Mustafa Silatatubun mengatakan, pemilu 2024 adalah momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk menentukan masa depanya.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi yang harus dilaksanakan dengan jujur, adil, transparan, dan akuntabel. Untuk itu, tentunya membutuhkan penyelenggara pemilu yang profesional, Independen, dan berintegritas.

Mustafa menambahkan, salah satu penyelenggara pemilu yang memiliki peran strategis adalah PTPS. PTPS adalah pengawas yang bertugas mengawasi jalannya pengumutan suara di tingkat TPS pada hari pemilihan.

(Baca Juga:KPU Simulasikan Perhitungan dan Pemungutan Suara, Ini Tata Caranya Pencoblosan Pemilu 2024)

Lanjutnya, PTPS juga bertanggung jawab untuk mengawas proses pemili di TPS, menghitung suara, dan mnembuat berita acara dan hasil perhitungan suara. Oleh karena itu pengawas PTPS harus memiliki kompotensi, kapasitas, dan kemandirian yang tinggi.

PTPS Harus mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan peratuaran perundang undangan. PTPS juga harus mampu menjaga netralitas, integritas, dan kepercayaan publik untuk memilihanggota PTPS, pengawas distrik telah melakukan tahapan seleksi yang terbuka dan partisipatif.

“Saya berharap, anggota PTPS yang akan di lantik hari ini dapat menjalakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, dedikasi dan loyalitas. Saya beharap, anggota PTPS dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi demokrasi di Kabupaten Mimika secara khusus Distrik Wania,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu, Frans Wetipo dalam sambutannya yang diwakili oleh Koordiv Penindakan Pelanggaran, Data dan Informasi, Diana Maria Daime mengatakan, setelah dilantik, para PTPS akan mulai melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya hingga hari pemungutan suara nanti.

Mereka akan melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pemilu pada hari pemungutan suara hingga rekapitulasi penghitungan suara nantinya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Saya harap bapak ibu dapat menyimak dengan baik seluruh tanggung jawab maupun wewenang bapak ibu sebagai pengawas TPS. Saya ucapkan selamat kepada bapak ibu sekalian atas dilantiknya bapak ibu sekalian sebagai PTPS untuk pemilihan umum serentak tahun 2024,” pungkasnya.(MWW)

Komentar