Connect with us

Tanah Papua

Porkab Mimika ke-1 Resmi digelar

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Komite Olaraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika secara resmi menggelar Pekan Olaraga Kabupaten (Porkab) ke – 1 Mimika Tahun 2023.

Porkab Mimika menjadi momentum untuk menjaring atlet terbaik dari seluruh Cabang Olaraga (Cabor) di Kabupaten Mimika yang selanjutnya akan dibina untuk ikut berkompetisi di level regional,nasional dan internasional untuk maraih prestasi mengharumkan nama Kabupaten Mimika.Pembukaan acara tersebut berlangsung di lapangan Timika Indah, Senin (27/11/2023).

Acara diawali dengan defile kontingen dari masing-masing Cabang Olaraga (Cabor) yang tergabung dalam KONI Mimika dan selanjutnya dilakukan pelepasan balon ke udara oleh Ketua Harian KONI Mimika,Simon Kasamol,didampingi para tamu dan undangan sebagai tanda Porkab Mimika secara resmi digelar.

Ketua Umum KONI Mimika, Dr Eltinus Omaleng, yang juga merupakan Bupati Mimika dalam sambutanya yang dibacakan oleh Ketua Harian KONI Mimika, Simon Kasamol, saat membuka kegiatan Porkab Mimika mengatakan pekan olaraga kabupaten ini merupakan salah satu wahana untuk mengevaluasi prestasi para atlet dan pembina cabang olaraga prestasi di Mimika.

Melalui ajang Porkab ini kamampuan fisik mental dan skill latihan para atlet dapat diketahui kualitas dan efektivitasnya.

“Oleh karena itu kepada para atlet tunjukan kualitas pribadi sauadara agar bersinar diajang ini”,kata Simon.

Simon mengatakan pelaksanaan Porkab ini dapat menjadi salah satu alternatif yang akan berperan sebagai wadah pembina olaraga yang dilakukan secara terukur dan berkesinambungan.

“Saat ini kompetisi olaraga ditingkat daerah maupun nasional semakin ketat dan keras. Hanya dengan keuletan dan kerja keraslah prestasi gemilang olaraga dapat kita wujudkan” kata Simon

Prestasi dalam bidang olaraga yang selama ini telah berhasil diraih hendaklah menjadi cambuk untuk terus mepertahankan bahkan meningkatkan kualitas atlet karena pada dasarnya atlet berkualitas tidak hanya berasal dari bakat namum dari pembinaan bibit muda sejak dini.

“untuk menghasilkan atlet berbakat maka harus didukung dengan proses pembinaan berkelanjutan. Pemerintah daerahpun akan turut mendukung pelaksana Porkab Mimika tahun 2023 sebagai salah satu kegiatan dalam rangka pembibitan dan peningkatan kualitas atlet di Kabupaten Mimika”,kata Simon.

Lanjut Simon, kesempatan untuk menunjukan kepada dunia bahwa Kabupaten Mimika adalah daerah yang memiliki potensi besar dalam olaraga.

“Semoga keberhasilan dan semangat dalam Porkab ini akan membawa berkah dan kemajuaan di daerah kita”kata Simon.

Selain mendorong gerakan bersama memajukan dunia olaraga sebagai bagian integral dari peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kegiatan Porkab juga sebagai media seleksi atlet dalam menyiapkan pertandingan nantinya.

“Saya mengajak generasi muda Mimika untuk berperan aktif dalam Porkab ini karena melalui Porkab ini akan terjalin atlet atlet berprestasi untuk membawa harum nama kabupaten Mimika ke level nasional dan internasional”kata Simon.

Ketua Panitia Porkab Mimika Tahun 2023, Natalis Bukaleng, dalam laporannya mengatakan bahwa sebanyak 24 Cabor ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan Senin (27/11/2023) sampai Kamis (7/12/2023).

Cabor-cabor tersebut diantaranya cabor
muay thai,rugby, tinju,taekwondo,pencak silat,panahan,biliar,sepeda,basket,tenis meja,panjat tebing,takraw dankick boxing.

Selanjutnya ada cabor tarung derajat,karate, jiu jitsu,menembak,bola tangan,catur,binaraga, bulu tangkis,esport dan dayung.

” jumlah peserta sebanyak 2.400 atlet,100 pelatih dan official,550 panitia cabor, 50 panitia pelaksana. Jumlah keseluruhan 3.000 yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Porkab 2023″kata Natalis.(TIM)

Komentar