Connect with us

Nasional

PON XX Akan Digelar Pada Tanggal 2 – 15 Oktober 2021

Published

on

JAKARTA, KTP.com – Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk merencanakan dengan detail penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua.

Presiden menegaskan pentingnya aspek keamanan dan keselamatan atlet serta perangkat penyelenggara dalam penyelenggaran PON dan Peparnas yang digelar pada masa pandemi.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam rapat terbatas persiapan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI di Istana Merdeka Jakarta, Senin (15/3/2021).

Rencananya perhelatan olahraga terbesar di Tanah Air itu akan digelar pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021 mendatang. PON XX yang seharus digelar 2020 lalu, terpaksa tertunda akibat pandemi.

“Pak Gubernur Lukas Enembe menyampaikan bahwa prinsipnya semua sudah siap, maka pelaksanaan PON XX itu pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memberikan keterangan pers di Kantor Presiden selepas rapat terbatas.

(Baca Juga: Bupati dan Wakil Bupati Mimika Optimis Sukseskan Penyelenggaraan PON XX)

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah akan segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk memastikan bahwa PON XX dan Peparnas XVI (yang akan digelar setelah PON) akan dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi para atlet, penyelenggara, dan masyarakat setempat.

Salah satu yang akan dipersiapkan adalah vaksinasi bagi keseluruhan kontingen atlet dan perangkat penyelenggara dari seluruh provinsi.

“Arahan Bapak Presiden, seluruh kontingen akan divaksin baik atlet, pelatih, ofisial, maupun tenaga pendukung. Bahkan Bapak Presiden mengarahkan masyarakat di sekitar venue itu harus divaksin untuk memastikan bahwa pada saat bulan Oktober nanti mereka sudah tervaksin semua,” tutur Menpora.

(Baca Juga: Vaksinasi Menguatkan Aktivitas Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19)

Melihat perjalanan kegiatan vaksinasi yang telah dimulai sejak 13 Januari 2021 lalu, Menpora mengatakan bahwa pihaknya optimistis bahwa program vaksinasi bagi keikutsertaan dalam PON dan Peparnas tersebut akan berlangsung dengan lancar.

Selain itu, Menpora melanjutkan, untuk meningkatkan aspek pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, pemerintah juga akan berkaca pada penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 setelah sebelumnya juga telah mengalami penundaan.

“Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan ke depan. Kita akan lihat di situ penerapannya seperti apa. Protokol kesehatan (prokes) tentu menjadi bagian penting karena harus dilakukan dengan disiplin,” tandasnya. (FOX)

Nasional

PPKM Darurat,Polri Sebar 458 Ton Beras dan 15.000 Paket Sembako untuk Masyarakat Banten

Published

on

By

SERANG,KTP.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelontorkan 458 ton beras dan 15.000 paket sembako untuk masyarakat Banten yang terdampak PPKM darurat.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta Bhabinkamtibmas, Babinsa, kapolsek dan danramil memapping kebutuhan masyarakat jangan sampai ada yang kesulitan dan belum tersentuh bantuan sosial.

“Silahkan dicek apabila kurang, ajukan lagi maka dari pusat nanti akan didistribusikan lagi,” kata Sigit di Serang, Banten, Minggu (18/7/2021).

Jenderal bintang empat itu juga terjun langsung membagikan paket sembako kepada warga lingkungan Kaujon Singandaru RT01/22.

Rumah yang pertama didatangi adalah Eneng rahmah, 70 tahun seorang janda. Kemudian rumah Syantiah Rahmawat. Selanjutnya rumah Multi Ningsih, penjual ketoprak dan Ayuni, penjualan bakso.

Selain membagikan paket sembako, Kapolri juga meninjau Posko PPKM Mikro di Kelurahan Serang. Wilayah ini terdiri dari 27
RW dan 118 RT dengan jumlah penduduk
sebanyak 26.914 jiwa.

(Baca Juga:Kapolri Berikan Bansos Ke Nakes Dan Cek Pelayanan Pasien Covid-19 di RS Polri)

Sigit sempat berdialog dengan salah seorang warga yang melakukan isolasi mandiri secara virtual.

Sigit juga meninjau vaksinasi di Universitas Sultan Agung Tirtyasa (Untirta) Serang. Dia mengaku akan mempercepat vaksinasi di Provinsi Banten. Pasalnya meskipun berdekatan dengan Ibu Kota namun akselerasinya masih diangka 14%.

“Minggu depan TNI-Polri akan mengeroyok Banten untuk melaksanakan vaksinasi massal,” terangnya.

Mantan Kapolda Banten itu mengajak seluruh elemen masyarakat baik relawan, aktivis, mahasiswa, OKP dan ormas yang memiliki kemampuan untuk gabung jadi petugas vaksinator dipersilahkan.

“Mari kita sama-sama bersinergi sehingga akselerasi vaksinasi bisa segera tercapai. Dan herd immunity yang kita harapkan bersama segera terwujud,” ungkapnya.

Sigit mengungkapkan laju pertumbuhan Covid-19 secara nasional diatas 50.000 sehingga perlu upaya keras yang terus dilakukan untuk segera menurunkan laju pertumbuhannya.

“Dari evaluasi, tingkat kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dibeberapa wilayah Banten angkanya ada di 90%. Namun ada tiga wilayah itu angkanya masih di bawah 90% sehingga saya harapkan perlu ditingkatkan,” terangnya.(TIM/Hms)

Continue Reading

Nasional

Kapolri Berikan Bansos Ke Nakes Dan Cek Pelayanan Pasien Covid-19 di RS Polri

Published

on

By

JAKARTA,KTP.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan langsung ke Rumah Sakit (Polri) Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (17/7/2021), malam. Ia ingin memastikan pasien yang dirawat di tempat itu terlayani dengan baik.

Sebagai salah satu tempat rujukan pasien Covid-19, Sigit menekankan kepada para Dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya di RS Polri, untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh elemen masyarakat tanpa pandang bulu.

“Semua masyarakat diperlakukan sama ya, berikan pelayanan semaksimal mungkin itu adalah amal ibadah buat kita semua. Terima kasih,” kata Sigit di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Sigit mengaku bangga dengan perjuangan para tenaga kesehatan di RS Polri, yang telah berjuang dan berusaha semaksimal mungkin dalam merawat pasien Covid-19. Menurutnya, Dokter dan perawat telah memberikan yang terbaik untuk menyelamatkan masyarakat dari paparan virus corona.

“Saya sebagai Kapolri bangga sekali dengan teman-teman semua, semuanya kerja dengan maksimal untuk menyelamatkan pasien,” ujar Sigit.

Dalam kesempatan itu, Sigit beserta rombongan juga mengecek Gedung Promoter II RS Polri untuk meninjau langsung fasilitas-fasilitas serta ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR).

Dalam pengecekannya, Sigit juga sempat memberikan perhatian kepada para perawat yang bertugas merawat pasien Covid-19. Mantan Kapolda Banten itu langsung melakukan interaksi dengan beberapa perawat RS Polri.

(Baca Juga: Kapolri Instruksikan Jajarannya Percepat Distribusi Bansos PPKM ke Warga)

Setelah mendengar terdapat tenaga kesehatan yang ikut terpapar Covid-19, Sigit mengingatkan para perawat dan Dokter, untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan perlindungan saat menangani warga yang terjangkit virus corona.

“Pak Dokter, Ibu Dokter serta para perawat kalian sebagai garda terdepan dalam penyembuhan Covid 19, jangan lupa selalu jaga kesehatan, menggunakan APD yang lengkap ketika penindakan serta tetap semangat,” ucap Sigit.

Setelah menyapa perawat di lobi gedung, Sigit melanjutkan pengecekan sejumlah fasilitas dan melihat alur mulai dari penerimaan hingga perawatan pasien yang terpapar virus corona.

Mantan Kabareskrim Polri tersebut mengecek seluruh RS Polri, diantaranya Gedung Promoter I yang dijadikan tempat IGD transisi untuk menunggu ruangan sementara sebelum bergeser keruang rawat inap isolasi Covid-19.

Lalu, Gedung Promoter IV yang merupakan tempat ruang rawat inap isolasi pasien Covid-19. Ia selalu mengingatkan agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik ketika datang ke RS Polri.

Usai mengecek fasilitas untuk masyarakat, Sigit juga memberikan bantuan sembako dan vitamin kepada seluruh tenaga kesehatan yang berada di RS Polri. Hal ini sebagai wujud rasa perhatian dan kepedulian dari Korps Bhayangkara terhadap perjuangan para tenaga medis.

Pengecekan ke RS Polri tersebut dilakukan Kapolri usai dirinya berkeliling ke Pulau Jawa, guna memastikan pelaksanaan PPKM Darurat, vaksinasi massal, PPKM Mikro dan penyaluran bantuan sosial berjalan lancar. Adapun wilayah yang ditinjaunya, diantaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta ( TIM/Hms).

Continue Reading

Nasional

Kapolri Instruksikan Jajarannya Percepat Distribusi Bansos PPKM ke Warga

Published

on

By

JAKARTA,KTP.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan ke Posko PPKM Mikro di Kantor Kelurahan Turangga, Lengkong, Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/7/2021). Pada kesempatan tersebut, mereka juga melihat langsung permukiman warga yang berada di Slum Area atau areal kumuh.

Setelah melihat hal tersebut, Sigit segera menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk segera melakukan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) PPKM Darurat kepada masyarakat, yang perekonomiannya terdampak akibat Pandemi Covid-19.

“Dalam pelaksanaan PPKM Darurat ini, bantu masyarakat dengan sungguh-sungguh. Lakukan pendataan dan segera distribusikan bantuan. Berikan pengabdian terbaik bagi masyarakat,” kata Sigit.

Menurut Sigit, instruksi ini berlaku untuk seluruh jajaran TNI-Polri di wilayah. Pasalnya, dengan adanya bantuan tersebut akan meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi virus corona seperti saat ini.

( Baca Juga: Kapolri Dan Panglima TNI Tinjau Langsung Posko PPKM Mikro Cengkareng Barat)

Sigit juga berharap dengan terdistribusinya bantuan dari Pemerintah melalui personel TNI-Polri dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga, masyarakat tidak perlu keluar rumah di saat PPKM Darurat.

“Ada bantuan dari Pemerintah yang diantar TNI dan Polri. Berkenan diterima, semoga bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Kami imbau, jangan kemana-mana selama PPKM Darurat,” ucap Sigit.

Selain memberikan bantuan kepada masyarakat, Panglima dan Kapolri juga melakukan peninjauan vaksinasi massal di Youth Center Arcamanik, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan itu menargetkan 4.500 orang bakal disuntik vaksin.

“TNI-Polri koordinasi dengan Pemda untuk menetukan sasaran vaksinasi untuk wilayah merah. Perintah pak Presiden untuk cek terkait dengan daerah-daerag yang belum terjangkau vaksinasi,” tutup Sigit.(TIM/MSC)

Continue Reading

Nasional

Lanal Timika Gelar Serbuan Vaksin Nasional Sasaran Masyarakat Maritim

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika, Selasa (06/07/21), melaksanakan program serbuan vaksinasi Nasional kepada masyarakat maritime di wilayah Pomako,  yang dipusatkan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako.

Kegiatan serbuan vaksinasi itu dipantau langsung oleh Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Deni Indra M, SSos MTr Hanla MM yang didampingi Kepala Dinas Perikanan, Leentje Siwabessy, Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George M Randang, perwakilan dari Polres Mimika dan Kodim 1710/Mimika serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Danlanal Timika menyempatkan waktu untuk berdialog, dan memberikan arahan singkat kepada masyarakat yang hendak mengikuti vaksinasi.

Baca juga : http://tni-al-bersama-pemkab-mimika-gelar-serbuan-vaksinasi-covid-19-di-mimika/

Danlanal Timika yang ditemui wartawan, mengatakan pelaksanaan serbuan vaksinasi itu guna mendukung program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai Covid-19. Seperti yang telah di canangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo terkait program satu juta vaksin dalam sehari.

“Diharapkan kegiatan ini mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mimika ini,”kata Letkol Deni Indra.

Sehingga melalui kegiatan serbuan vaksinasi itu diharapkan dapat melayani seluruh masyarakat Kabupaten Mimika, demi mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity yang tinggi.

Lebih lanjut Danlanal Timika mengatakan bahwa pelaksanaan serbuan vaksinasi itu terselenggara atas kerja sama yang solid antaran unsur TNI, Polri, pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya.

“Untuk satu hari ini (Kemarin red), kita targetkan 200. Namun kita tetap melaksanakan dengan membuka gerai-gerai vaksin yang sudah kita sepakati bersama dengan Pemda,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga Danlanal Timika mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika yang belum mendapatkan vaksinasi, agar bisa mendatangi gerai-gerai vaksin yang ada di beberapa titik yang ada di Kota Timika dan jangan terpengariuh dengan informasi yang menyesatkan atau hoax.

“Seperti di bandar udara, pelabuhan, rumah sakit, rumah sakit tentara, balai pengobatan TNI maupun di Klinik Polres Mimika. Masyarakat agar mendatangi gerai-gerai vaksin tersebut, hanya dengan membawa foto copy KTP anda akan terlayani pelaksanaan vaksin,”tegasnya.

Danlanal juga menambahakn pada tahna 2021 ini Timika menjadi tuan rumah dua iven nasional yaitu PON XX papua dan Pesparawi sehingga diharapkan dengan pemberian vaksin ini meningkatkan imun tubuh masyarakat sehingga dapat melaksanakan kegiatan iven ini berjalan aman dan lancar tampa takut akan virus Corona.

Dalam kegiatan pelaksanaan serbuan vaksinasi itu juga turut dipantau  Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, SE MM. langsung melalui virtual.

Dimana dalam kesempatan itu, Danlanal Timika melaporkan langsung situasi dan perkembangan pelaksanaan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan Lanal Timika kepada Kasal melalui virtual.

Sementara itu salah satu warga Kampung Keakwa, Yakobus Moporeyu yang juga ikut dalam pelaksanaan vaksinasi itu mengatakan dirinya merasa berterima kasih atas program serbuan vaksinasi yang telah dilaksanakan Lanal Timika.

“Saya tiba dari Kampung Keakwa, langsung dikasih tahu sama kakak saya kalau ada kegiatan vaksin. Makanya saya sendiri datang untuk ikut vaksin. Saya sudah di vaksin dan ternyata tidak sakit,”kata Yakobus.

Pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi tampak ratusan warga mendatangi area PPI Poumako, terlebih dahulu mendaftarkan diri kemudian dilakukan sreening oleh dokter untyk memastikan apakah layak untuk di vaksin atau tidak,  apabila sudah menerima vaksinasi tahap pertama maka bulan depan akan dilakukan vaksinasi kedua oleh  Lanal Timika di wilayah tersebut.

Pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi itu diikuti ratusan warga setempat mulai dari Kampung Poumako, Kampung Cenderawasih, hingga para nelayan yang berada di kapal-kapal ikan yang bersandar di PPI Poumako.

Sementara untuk tenaga kesehatan atau vaksinator yang terlibat dalam kegiatan serbuan vaksinasi itu, yakni dari tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dalam hal ini Puskesmas Mapurujaya dan tim medis Klinik Lanal Timika.(rex)

Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua10 jam ago

Kadinkes Mimika: Pasang Stiker Di Rumah Pasien Isoman Bukan Untuk Stigma Pasien Covid

TIMIKA,KTP.com – Pemkab Mimika dalam hal ini Dinas kesehatan (Dinkes) akan memasang stiker label di rumah-rumah pasien yang positif Covid...

Tanah Papua12 jam ago

Kadinkes Mimika Reynold Ubra: Per 1 Juli Angka Kematian Sudah Rata-rata 5 Orang Perhari

TIMIKA,KTP.com – Kepala dinas Kesehatan Kabutaen Mimika Reynold Ubra menjelasakan, kasus kematian karena Covid 19 di Kabupaten Mimika kembali meningkat...

Kriminal2 hari ago

Hilang Kontak,Speedboad 100 PK Berhasil Ditemukan

TIMIKA,KTP.com – Speedboat 100 PK tujuan Timika-Asmat dilaporkan hilang kontak sejak keberangkatannya pada Kamis (29/7/2021) berhasil ditemukan oleh Tim SAR...

Ekonomi2 hari ago

Ini Penjelasan Sekda Mimika Mengapa Pembatasan Dilakukan Di Malam Hari

TIMIKA,KTP.com – Pemkab Mimika menjelaskan mengapa penutupan dan pembatasan aktifitas dilakukan pada malam hari. Pasalnya banyak masyarakat Mimika bertanya-tanya mengapa...

Tanah Papua2 hari ago

Mulai Agustus Pemda Mimika Berlakukan PPKM Level IV Bukan Lockdown

TIMIKA,KTP.com – Mulai bulan agustus depan Pemkab Mimika resmi berlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV sesuai instruksi Mendagri...

Kriminal2 hari ago

Cabul Anak Dibawa Umur, Seorang Sopir Truk di Timika Terancam di Bui

TIMIKA,KTP.com – KB alias SL (24) tahun terancam dijerat dengan UU Perlindungan Anak dengan ancaman pidana 12 tahun penjara. KB...

Tanah Papua3 hari ago

Pemda Dan Forkopimda Akan Putusan PPKM Level IV Di Mimika

TIMIKA,KTP.com – Dalam rangka menindak lanjuti Instruksi Menteri Dalam negeri (Mendagri) nomor 25 tahun 2021 tentang penerapan PPKM non Jawa...

Tanah Papua4 hari ago

Ini Alasan Dinas PUPR Belum Lanjutkan Pelebaran Jalan C Heatubun

TIMIKA,KTP.com – Pelebaran jalan C Heatubun yaitu akses jalan menuju bandara baru Mozes Kilangin terganjal banyak pembebasan warga. Hal tersebut...

Tanah Papua4 hari ago

Disdukcapil Ajak OPD Bersinergi Satukan Data Kependudukan

TIMIKA,KTP.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika mengajak para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak terkait lainnya...

Tanah Papua5 hari ago

Tingkat Kriminal di Wilayah Miru Menurun

TIMIKA,KTP.com – Pasca Pemberlaku Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditengah pendemi Covid-19 tingkat kriminalitas yang menonjol di wilayah hukum Polsek Mimika...

Tanah Papua

Tanah Papua5 hari ago

Pastikan Varian Delta Dinkes Mimika Kirim Spesimen Ke Litbangkes Jayapura

TIMIKA,KTP.com – Guna memastikan ada atau tidaknya virus varian baru Delta di Mimika, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mengimbau agar seluruh...

Tanah Papua5 hari ago

Kepala Bapenda Mimika Dwi Cholifah: Realisasi Pajak Daerah Saat Ini Sudah 45 Persen

TIMIKA,KTP.com – Realisasi pendapatan daerah Kabupaten Mimika tahun 2021 secara keseluruhan di Kabupaten Mimika sudah sekitar 1,4 triliun. Dari 10...

Tanah Papua6 hari ago

Terdata 259 KK Kampung Nawaripi Terima BLT Tahap I Tahun 2021

TIMIKA,KTP.com – Pemerintahan Kampung Nawaripi, Kabupaten Mimika, Selasa (27/7/21),  telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I, terhitung Januari hingga...

Tanah Papua6 hari ago

Kasus Covid Mimika Terus Meningkat, Angka Meninggal Bulan Juli 48 Orang

TIMIKA,KTP.com – Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Mimika Reynold Ubra mengatakan bahwa angka meninggal karena Covid di Kabupaten Mimika saat ini...

Tanah Papua6 hari ago

Dishub Diminta Kaji Kembali Bundaran Mini Pasar Damai

TIMIKA,KTP.com – Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme meminta kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Dinas PUPR untuk mengkaji kembali pembuatan...

Tanah Papua6 hari ago

Dishub Diminta Pantau Sejumlah Ruas Jalan Yang Masih Macet

TIMIKA,KTP.com – Anggota Komisi C DPRD Mimika Yulian Salosa memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika dan PUPR yang...

Tanah Papua6 hari ago

Pemkab Mimika Bentuk Panitia HUT RI Ke 76

TIMIKA,KTP.com – Pemkab Mimika terlebih dahulu bentuk panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76 sedaangkan untuk pelaksanaan...

Tanah Papua6 hari ago

Dukung PPKM dan Kamtibmas, Kampung Nawaripi Dirikan Pos Pengamanan

TIMIKA,KTP.com – Mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, serta meningkatkan kewaspadaan dalam...

Tanah Papua6 hari ago

Speedboad Ditemukan Enam Penumpamg Selamat

TIMIKA,KTP.com – Kepala Kantor SAR Timika George L Mercy Randang menagatakan speedboat 85 PK tujuan Timika-Asmat yang dilaporkan hilang pada...

Tanah Papua7 hari ago

Asisten III Sekda Mimika Hendritte Tandiono: Penerapan PPKM Level IV Tunggu Petunjuk Bupati

TIMIKA,KTP.com – Terkait penerapan PPKM level IV berdasarkan instruksi menteri dalam negeri (Mendagri) nomor 25 tahun 2021 tentang penerapan PPKM...

Advertisement

Trending