Connect with us

Tanah Papua

Pemkab Puncak Tatap Muka Bersama Pedagang di Pasar Ilaga

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Pemerintah Kabupaten Puncak mengundang para pedagang pemilik-pemilik kios di Kabupaten Puncak khususnya di Pasar Ilaga untuk tatap muka langsung dengan Pemkab Puncak di aula BPKAD Puncak, Kamis (23/11/2023).

Pertemuan ini dilakukan menindak lanjuti hasil rapat oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) beberapa waktu yang lalu di Kantor Bupati Puncak dalam rangka menstabilkan harga bahan pangan dan menekan laju infasi di Puncak,

Penjabat (Pj) Bupati Puncak, Ir Darwin Tobing, menjadi moderator dalam pertemuan tersebut. Turut hadir dalam tatap muka ini Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia , Juga Kasdim 1717 Mayor Inf Inra Surya Hasibuan, dan Petrus S.E Selaku Kabag Kesra Setda.

Pj Bupati mengatakan langka-langka awal sudah dilakukan Pemda Puncak untuk mengatasi Inflasi ini dengan segara melakukan rapat TPID.

“Menanggapi demonstari damai pada tanggal 4 Nov, Saya sudah melakukan Rapat dengan TPID” kata Pj Bupati mengawali pertemuan itu.

Menindak lanjut dari rapat TIPD Pemda Puncak mengundang pelaku-pelaku usaha di pasar Ilaga karena dari pantauan yang didapat, kenaikan harga barang sudah terjadi di Puncak. Dari tatap muka ini di dapat bahwa terdapat harga-harga kebutuhan pokok yang timpang ini menimbulkan keresahan di masyarakat.

Pj.Bupati Kabupaten Puncak Darwin H Tobing/Foto Kabartanahpapua

“Kami menemukan banyak informasi dari pelaku usaha ini khususnya penjual kosumsi masyarakat (bahan pokok) ternyata ada juga harga yang tidak sama” Kata Pj Bupati Puncak.

Melihat ketimpangan harga ini menuntut Pemkab untuk harus melakukan patokan harga terhadap komuditas yang dijual di Kabupaten Puncak.

“Keingian pelaku pasar, kita dari pemerintah daerah akan menetap harga eceran tertinggi dari komuditas itu mereka sangat harapkan” kata Pj Bupati Puncak.

Lanjut Pj Bupati“ Maskapai perlu diintervensi terutama dari agen-agenya karena ternyata fluktuasi harga ini terjadi karena ada permainan dari agen-agen”.

Pj Bupati menegaskan lagi,
transportasi dan angkutan udara menjadi faktor utama yang kenaikan harga-harga di Kabupaten Puncak. Ini juga menjadi salah satu pekerjaan rumah terbesar Pemkab Puncak dalam menstabilkan harga di Kabupaten Puncak.

Sementara itu Akmal salah satu Pedagang di Pasar Ilaga yang hadir dalam pertemuan tersebut berharap Pemkab Puncak dapat membantu menekan harga ongkos pesawat yang mengakut barang dari Timika ke Ilaga.(DISKOMINFO PUNCAK)

Komentar