Connect with us

Tanah Papua

KM Semangat Baru Bermuatan BBM Terbalik di Perairan Puriri Timika

Published

on

TIMIKA,KTP.com – KM Semangat Baru bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berlayar dari Timika,Kabupaten Mimika menuja Agast, Kabupaten Asmat dilaporkan terbalik dan tenggelam di perairan Puriri, Kabupaten Mimika, Senin (28/8/2023) pagi.

Empat orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Semangat Baru berhasil diselamatkan oleh KMP Kokonao yang menemukan keempat ABK tersebut dalam kondisi terombang abing di laut menggunkan pelampung.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika mendapatkan laporan dari Arjun, ABK KMP Kokonao, bahwa berhasil menyelamatkan dan mengevakuasi empat ABK KM Semangat Baru ke atas KMP Kokonao dalam keadaan selamat.

Berdasarkan informasi dari ABK KM Semangat Baru yang selamat mengatakan bahwa pada Minggu (27/8/2023) pagi pukul 09:00 wit kapal yang mereka tumpangi tersebut terbalik dan tenggelam setelah mengalami kebocoran pada muatan BBM yang mereka muat untuk di bawa ke Agats Kabupaten Asmat.

“Pada kejadian tersebut dua orang ABK dari enam orang ABK KM. Semangat Baru belum diketahui nasib dan keberadaannya” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika George L.M. Randang, melalui Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y. Batlajery dalam keterangannya.

Charles mengatkan pihaknya telah memberangkatkan Tim SAR Gabungan menggunakan RIB 400 PK melakukan pencarian.

“Namun pencarian yang berlangsung hingga pukul 17:00 wit belum juga membuahkan hasil. Direncanakan pencarian akan kembali dilanjutkan pada besok pagi pukul 06:00 wit dengan area pencarian sesuai SARMAP Prediction yang di kirim oleh Basarnas command center”kata Charles.(MAR/HMS)

Komentar