Connect with us

Tanah Papua

Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Distrik Sinak Selama Empat Jam

Published

on

ILAGA,KTP.com – Hujan es dan angin kencang melanda Distrik Sinak Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah,Rabu (27/3/2023).

Kejadian ini diperkirakan berlangsung selama empat jam yang menyebapkan beberapa pohon tumbang dan akses jalan ke lapangan terbang Distrik Sinak terputus.

Rumah warga juga mengalami kerusakan, kebun-kebun warga dan gudang logistik yang sementara dibangun di Sinak juga mengalami kerusakan di bagian dinding. Dua distrik terdampak kejadian tersebut yaitu Distrik Sinak dan Distrik Yigumuak, namun yang paling terdampak di Distrik Sinak terutama di Kampung Gigobak.

Penjabat (Pj) Bupati Puncak Ir. Darwin Tobing, Kamis (28/3/2024) melakukan kunjungan ke Sinak untuk melihat langsung dampak dari kejadian tersebut.Sekitar pukul 7.31 wit Pj Bupati berangkat dari Bandara Aminggaru Kota Ilaga menuju Distrik Sinak.

Tiba di lokasi kejadian, Pj Bupati Puncak disambut oleh masyarakat di lapangan terbang Sinak. Kunjangan dilakukan untuk melihat secara langsung atap rumah penduduk yang rusak diterjang angin kencang, bahkan bangunan logistik yang sedang dibangun dinding sementara, rusak diterjang angin kencang termasuk tenda-tenda sementara yang di bangun. Pemda Puncak sudah melakukan beberapa langka cepat menyikapi kejadian bencana alam ini dengan mengirimkan bantuan ke Distrik Sinak.

“Perlu ada perhatian dari pemerintah, sebagai respon cepat kami. Kemarin hari rabu (27/3/2024) kami sudah drop dua flight bantuan berupa selimut, terpal, beras, dan bahan-bahan sembako lainnya” Kata Pj Bupati Puncak dalam rilis yang diterima Kabartanahpapua.com,Kamis (28/3/2024).

Rumah warga di Distrik Sinak Kabupaten Puncak,Papua Tengah,tergenang air akibat hujan es yang terjadi selama empat jam.

Satu ton beras sudah dikirimkan Pemda Kabupaten Puncak untuk tanggap cepat atas kejadian alam tersebut.

“tidak ada korban jiwa akan tetapi kerugian material baik dari atap rumah yang rusak, kandang ternak yang rusak, hingga bangunan gudang logistik yang sementara dibangun di Sinak,”,kata Pj Bupati Puncak.

Pj Bupati Puncak mengatakan kunjungan langsung ke lokasi kejadian selain menyerahkan bantuan juga melakukan peninjauan langsung untuk mendapatkan data di lapangan

“mendapatkan data up to date, data yang sebenarnya sehingga dapat menyimpulkan kebijakan kedepan melalui data yang terhimpun hari ini maupun kedepan sehingga kami(Pemda Puncak) dapat memberikan bantuan lebih lanjut”kata Pj Bupati Puncak.

Lanjut Pj Bupati Puncak”dapat dilihat hari ini jalan penghubung ke lapangan terbang Sinak sudah dapat di akses kembali dan juga dari kunjungan ini menjadi bahan Pemda Puncak untuk melaporkan ke Provinsi Papua Tengah dimana kejadian alam ini tidak begitu parah seperti kejadian kekeringan di tahun yang lalu, dengan laporan ini diharapkan pemerintah provinsi dapat mengkaji tindakan apa kedepannya” .

Dalam kunjungan ini Pj Bupati Puncak didampingi oleh Kepala BPBD Puncak, Dandim 1717 Puncak dan Kepala-kepala distrik.(MAR)

Komentar
Continue Reading
Advertisement
   
   
   
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *