Connect with us

Tanah Papua

FPHS Ancam Unjuk Rasa di OB Kuala Kencana

Published

on

TIMIKA, Kabartanahpapua.com – Forum Pemilik Hak Sulung Tsinga Waa/Banti dan Aroanop (FPHS Tsingwarop) mengancam akan melakukan unjuk rasa di Office Building (OB) perkantoran PT Freeport Indonesia dataran rendah di Kuala Kencana, Distrik (kecamatan) Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua.

“Kami sudah siap untuk unjuk rasa dalam satu atau dua hari kedepan. Kami akan tutup OB di Kuala Kencana. Kami sudah siap,” kata Ketua FPHS Yafet Manga Beanal di Timika, Selasa (04/02/2020).

(Baca Juga: Pemerintah Resmi Ambilalih Freeport, Presiden: Papua Dapat 10 Persen)

Yafet mengatakan unjuk rasa tersebut bertujuan untuk meminta pertanggungjawaban oknum manajemen Freeport yang diduga telah melakukan konspirasi dengan oknum dosen Universitas Cenderawasi untuk menghalangi perjuangan FPHS terkait hak ulayat area konsesi Freeport.

“Jika tidak ada pertanggungjawaban maka akan kami bawa persoalan ini ke ranah hukum,” ujarnya.

Sekretaris FPHS, Yohan Zonggonau menjelaskan, Ketua tim peneliti Uncen pada Oktober 2018 lalu mengeluarkan surat yang ditujukan kepada PT Freeport Indonesia dan tembusannya kepada Direktur Utama PT Inalum, Bupati Mimika, dan Kapolres Mimika.

Surat yang masih dirahasiakan detail isinya oleh Yohan ini menurut FPHS menjadi penghalang perjuangan FPHS terkait hak ulayat area konsesi Freeport.

Yohan juga mengatakan pihaknya telah mengklarifikasi keabsahan surat tersebut langsung kepada Rektor Uncen dan menurut pengakuan Rektor tidak tahu menahu terkait surat tersebut. Surat tersebut kata Yoan palsu. Surat tersebut menurut Yohan, dikeluarkan tanpa sepengetahuan Rektor Uncen lantaran permintaan oknum-oknum tertentu di Freeport.

“Cukup pimpinan Freeport fokus pada urusan tambang dan tidak usah campur urusan hak ulayat,” ujarnya.

(Baca Juga: Eltinus Omaleng: Mimika Dapat 7 Persen dari 51 Persen Saham Divestasi Freeport)

Sementara itu Sekretaris II FPHS, Elfinus Omaleng Jangkup menambahkan bahwa perjuangan FPHS sebenarnya membantu Freeport dan Pemerintah sebagai pemilik saham mayoritas untuk menegakan keadilan termasuk kepada pemilik hak ulayat dari salah satu tambang raksasa di dunia itu.

“Apa yang kami perjuangan untuk menuntut hak atas hak ulayat yang telah dieksploitasi Freeport telah serahan dengan undang-undang yang berlaku di negara ini. Kami telah memiliki dasar bahwa telah ada identifikasi kepemilikan hak ulayat area konsesi Freeport,” ujarnya. (Lobo)

Komentar
Continue Reading
Advertisement

Tanah Papua

Diprediksi Akan Bermunculan Rekomendasi Ganda, Ini Pesan Ketua Muskab Persemi Simon Kasamol

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Ketua Panitia Musyawarah Kabupaten Persemi Mimika, Simon Kasamol, mewanti agar tidak terjadi dukungan lebih dari satu atau rekomendasi ganda terhadap para kandidat calon Ketua Persemi Mimika. Masing-masing klub yang terdaftar menjadi anggota Askab PSSI Mimika, hanya boleh mengeluarkan satu rekomendasi bagi satu nama.

Simon mengingatkan, para pemilik klub, manager dan official maupun pihak lainnya yang berwenang di klub sepakbola, untuk tidak mengeluarkan dukungan ganda atau rekomendasi kepada lebih dari satu orang. Hal ini akan menyebabkan dukungan dianulir dan dikembalikan kepada klub bersangkutan untuk hasil final dukungan terhadap satu orang saja.

“Sampai saat ini sudah sebelas kandidat mendaftarkan diri sebagai calon, dan kemungkinan masih bisa bertambah. Saya prediksi akan muncul dukungan ganda dari klub-klub sepakbola,” ujarnya.

Seperti diketahui persyaratan kandidat calon Ketua Persemi harus mengantongi minimal 3 rekomendasi dari 22 klub yang terdaftar menjadi anggota Askab PSSI Mimika. Satu klub hanya punya hak untuk rekomendasi satu orang saja, tidak bisa lebih.

“Diingatkan kepada semua klub, untuk secara sadar dan sengaja, untuk tidak memberikan rekomendasi kepada lebih dari satu kandidat. Satu klub hanya bisa rekomendasi satu orang saja!” tegas Simon.

Panitia Muskap Persemi Sedang Mengadakan Rapat yang dilaksanakan di Sekertariat Askab PSSI Mimika.Foto Panitia Humas Muskab Persemi

Ke depan bila ternyata benar muncul dukungan ganda dari klub kepada lebih dari satu orang, maka panitia dan tim seleksi akan mengembalikan dokumen rekomendasi itu kepada klub, untuk ditentukan kepada siapa dukungannya itu diberikan, yaitu kepada satu orang saja.

“Untuk mengantisipasi ini (rekomendasi ganda), kami mengingatkan. Jika terdapat rekomendasi kepada dua orang atu tiga bahkan empat orang dari satu klub, maka solusinya, surat rekomendasi akan dikembalikan kepada klub bersangkutan. Lalu klub membuat pernyataan dan memasukkan kembali untuk satu kandidat saja yang disepakati klub,” jelasnya.

Terhadap rekomendasi ganda atau lebih itu, Simon mengungkapkan, pihaknya tidak akan melakukan intervensi, namun dikembalikan kepada klub bersangkutan untuk ditindak lanjuti. Rekomendasi sepenuhnya tanggung jawab dan sekaligus hak dari klub sepakbola di bawah naungan PSSI Mimika yang akan mengikuti Musyawarah pada Sabtu tanggal 11 Februari depan.

Hal ini menjadi penting, sebab persyaratan sesuai Statuta PSSI mengatur bahwa rekomendasi satu klub hanya untuk satu nama saja.

“Panitia dan tim seleksi tidak akan memutuskan, tapi mengembalikan keputusan kepada klub yang membuat rekomendasi lebih dari satu orang itu. Pokoknya satu klub dukung satu nama saja, sesuai persyaratan pencalonan,” tandas Simon Kasamol. (HumasPanpelmuskabPersemi).(TIM)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Tempat Penyulingan Sopi di Mimika Timur Dibongkar Polisi

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Kepolisian Sektor Mimika Timur, berhasil membongkar dan memusnahkan tempat penyulingan minuman keras lokal jenis sopi di jalan Tipuka Kelurahan Wania, Distrik Mimika Timur, Rabu (1/2/2023).

Pembongkaran dan pemusnahan tempat penyulingan tersebut berawal dari laporan seorang warga yang datang ke Polsek Miktim dan menyampaikan bahwa ada praktek penyulingan miras di wilayah tersebut.

Setelah menerima laporan tersebut, personel Polsek Mimika Timur berjumlah lima orang dipimpin Wakapolsek Mimika Timur Ipda Alex Soumilena melakukan pengecekan di TKP.

“Setelah dilakukan pengecekan TKP memang benar ada tempat penyulingan dimaksud, selanjutnya langsung dilakukan pembongkaran,”kata Wakapolsek Mimika Timur,Ipda Alex Soumilena dalam rilisnya yang disampaikan oleh Humas Polres Mimika.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa dua botol Aqua berisi minuman keras jenis sopi,tungku yang digunakan untuk memasak sopi dan dua ember berisi air rendaman.

“saat ke TKP pemilik sudah melarikan diri. Kemudian barang bukti berupa minuman keras diamankan dan dibawa ke Polsek Mimika Timur guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut”kata Alex.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

71 Anak SMK PK Hermon Timika ikut PKL

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Fransiskus Bokeyau,SPd secara resmi melepas 71 siswa SMK PK Hermon Timika Tahun Ajaran 2022-2023 untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di beberapa perusahaan privatisasi PT Freeport Indonesia.

Acara pelepasan dilaksanakan di SMK PK Hermon-Timika, Jalan Budi Utomo Ujung,Senin (31/1/2023).Hadir dalam acara tersebut orang tua wali murid,tamu undangan dan para guru.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika,Fransiskus Bokeyau,SPd , menyampaikan aspirasi kepada Yayasan Hermon Timika atas keberanian membangun dan membiayai sekolah ini.

“Hari ini kami ada disini dalam rangka melepas siswa-siswa SMK PK Hermon-Timika untuk untuk PKL,kami dari dinas memberikan apresiasi,”kata Fransiskus saat ditemui usai acara pelepasan.

Ia menegaskan bahwa SMK PK Hermon-Timika merupakan salah satu sekolah kejuruan unggulan di Timika sehingga para orang tua – wali murid tidak perlu ragu untuk menitipkan anaknya untuk belajar di sekolah ini.

“SMK Hermon telah ditingkatkan statusnya menjadi Pusat Keunggulan (PK).Sehingga kapasitas guru guru yang mengajar disini tidak diragukan lagi,pasti anak anak yang keluar dari sini adalah anak anak yang sudah mampu memasuki dunia kerja”kata Frans.

Kedepan pemerintah akan berkolaborasi dengan Yayasan Hermon Timika untuk terus mendukung pengembangan sekolah ini.

Ketua Yayasan Hermon Timika,Yulian Solossa, memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika yang telah hadir di SMK PK Hermon-Timika untuk secara resmi melepas 71 anak untuk mengikuti PKL.

“Kami pengurus yayasan Hermon-Timika memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika yang melepaskan anak anak ke dunia industri dan usaha yang ada di kabupaten Mimika untuk melaksanakan PKL,”kata Yulian.

Yulian juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, yang sangat serius memperhatikan pendidikan di Kabupaten Mimika tanpa membedakan sekolah negeri maupun swasta.

“Saya secara pribadi memberikan apresiasi kepada Plt Bupati Mimika,yang tidak membedakan sekolah swasta dan negeri,”kata Yulian.

Yulian menegaskan bahwa Yayasan Hermon Timika akan terus membangun komunikasi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk terus membangun pendidikan di Kabupaten Mimika.

Kepala Sekolah SMK PK Hermon Timika, Apolos Asmuruf SIP, mengatakan bahwa 71 orang anak ini telah dilakukan pembekalan selama satu bulan oleh sekolah sebelum terjun melaksanakan PKL selama tiga bulan di beberapa perusahaan privatisasi PT Freeport Indonesia.

71 anak tersebut adalah anak anak kelas XI yang terdiri dari tiga jurusan yakni jurusan Geologi Pertambangan,Teknik Mesin dan Teknik Jaringan Komputer.Mereka mulai melakukan PKL Selasa (1/2/2023) sesuai dengan perusahaan yang telah ditentukan.

“Kami juga telah menyampaikan kepada orang tua, mari kita sama sama dukungan secara penuh kepada anak anak,karena di perusahaan ini dia tidak sama seperti sekolah aturannya sangat ketat” kata Apolos.

Dirinya menghimbau kepada anak anak yang mengikuti PKL agar tetap patuh pada aturan perusahan.

“Harus datang tepat waktu dan bekerja sesuai dengan apa yang diajarkan.Dan tetap menjaga nama baik sekolah,”kata Apolos.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Tanah Papua

Perhubungan adalah Urat Nadi Pembangunan, Plt Bupati Minta Pegawai Tetap Solid

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, menegaskan bahwa perhubungan adalah urat nadi pembangunan disatu wilayah. Oleh karena itu dirinya berpesan kepada seluruh pegawai di Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika agar tetap solid dan bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

”Kalian adalah urat nadi pembangunan disegala bidang,” kata Plt Bupati dalam sambutannya pada acara ibadah syukuran keluarga besar Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika yang dilaksanakan di Unit Terminal Pasar Sentral -Timika,Selasa (31/1/2023).

Karena peran pentingnya Perhubungan dalam pembangunan maka, dirinya berharap seluruh pegawai dilingkup Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika tetap membangun, komunikasi dan kolaborasi yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Tidak ada Perhubungan ekonomi tidak jalan, pendidikan tidak jalan, kesehatan tidak bisa jalan.Semua bidang sangat tergantung pada perhubungan.Sehingga kita harus bekerja dengan baik, kemajuan satu daerah sangat tergantung pada perhubungan.Harus komunikasi dan koordinasi tidak bisa jalan sendiri-sendiri “kata Plt Bupati.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Plt Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika yang terus membangun komunikasi dan juga menciptakan suasana kerja yang sangat baik dilingkup Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika.

“Saya dengar informasi ibu Kadis sudah luar biasa , memberikan komunikasi dan koordinasi secara baik dan saya berharap kebersamaan ini tetap ada,kalau tidak bisa bersama dan kita terpecah bela maka kita tidak bisa mencapai tujuan kita,”kata Plt Bupati.

Dalam acara ibadah syukuran bersama ini juga dirangkaikan penyerahan bantuan tujuh unit motor operasional oleh Plt Bupati Mimika Johanes Rettob kepada Dinas Perhubungan guna mendukung kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua2 hari ago

Diprediksi Akan Bermunculan Rekomendasi Ganda, Ini Pesan Ketua Muskab Persemi Simon Kasamol

TIMIKA,KTP.com – Ketua Panitia Musyawarah Kabupaten Persemi Mimika, Simon Kasamol, mewanti agar tidak terjadi dukungan lebih dari satu atau rekomendasi...

Tanah Papua4 hari ago

Tempat Penyulingan Sopi di Mimika Timur Dibongkar Polisi

TIMIKA,KTP.com – Kepolisian Sektor Mimika Timur, berhasil membongkar dan memusnahkan tempat penyulingan minuman keras lokal jenis sopi di jalan Tipuka...

Tanah Papua5 hari ago

71 Anak SMK PK Hermon Timika ikut PKL

TIMIKA,KTP.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Fransiskus Bokeyau,SPd secara...

Tanah Papua5 hari ago

Perhubungan adalah Urat Nadi Pembangunan, Plt Bupati Minta Pegawai Tetap Solid

TIMIKA,KTP.com – Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, menegaskan bahwa perhubungan adalah urat nadi pembangunan disatu wilayah. Oleh karena itu dirinya...

Tanah Papua6 hari ago

Plt Bupati Minta Pimpinan OPD Wajib Evaluasi Honorer Honorer yang Malas Masuk Kantor

TIMIKA,KTP.com – Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, meminta kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Mimika agar melakukan evaluasi...

Tanah Papua6 hari ago

Anak yang Belum Diimunisasi Campak, Renta Terkena Campak

TIMIKA,KTP.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika,Reynold Rizal Ubra, mengatakan anak yang belum mendapatkan imunisasi campak rentan terserang penyakit campak....

Tanah Papua6 hari ago

Rapat Evaluasi Bersama Pimpinan OPD akan Digelar Setiap Senin

TIMIKA,KTP.com – Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, mengatakan dirinya akan melakukan rapat evaluasi setiap Senin bersama para pimpinan Organisasi Perangkat...

Tanah Papua6 hari ago

Oknum Oknum yang Tidak Senang Dengan Gaya Kepemimpinan Saya

TIMIKA,KTP.com – Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, mengatakan bahwa ada oknum-oknum tertentu yang tidak suka dengan gaya kepemimpinannya. Hal tersebut...

Tanah Papua1 minggu ago

YPTP akan Kirim Anak Amor untuk Ikut Pelatihan di Semarang

TIMIKA,KTP.com – Yayasan Pengembangan Telenta Papua (YPTP) akan mengirim anak anak Amungme-Kamoro untuk mengikuti pelatihan perkayuan dan mesin di SMK...

Tanah Papua1 minggu ago

Pemkab Mimika Berangkatkan 23 Anak ikut Bimbel Sekolah Kedinasan di Kampung English Kediri

TIMIKA,KTP.com – Sebanyak 23 anak Amungme-Kamoro dan lima suku kekerabatan diberangkatkan menuju Kampung English Kediri, Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti...

Tanah Papua

Advertisement

Trending