Connect with us

Tanah Papua

Lintas Papua Mandiri Perusahaan Cacah Sampah di Timika

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Perusahaan Lintas Papua Mandiri yang beralamat di Jalan Hasanuddin bergerak dibidang pencacahan sampah plastik di Kota Timika, Kabupaten Mimika.

Koordinator Lapangan Perusahaan Lintas Papua Mandiri, Angky saat ditemui di lokasi kerja, Kamis (7/9/2023) menuturkan sampah plastik pihaknya dapat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika. Satu minggu pihaknya terima sampah plastik dari DLH di lokasi pembuangan sampah di Iwaka.

Kata Angky, pihaknya tidak hanya menerima sampah plastik tapi juga kaleng, seng. Bapak-bapak lihat sendiri tumpukan sampah yang begini banyak tidak hanya plastik tapi ada juga kaleng dam seng. Sampah ini dipisahkan sehingga mudah dalam penyortiran.

Untuk mesin cacah kata dia hanya satu unit dan saat ini sedang bekerja mencacah plastik-plastik. Plastik yang sudah dicacah dikemas dalam karung untuk siap dikirim keluar.

” biasanya perusahaan kami kirim ke Surabaya. Pasar di Surabaya dan Pulau Jawa cukup menjanjikan. Yang kita kirim dalam jumlah banyak karena di Surabaya mereka terima dalam jumlah banyak,” terang Angky.

Soal karyawan, terang dia setiap hari ada 20 karyawan yang bekerja. Di lokasi pabrik ini jumlahnya sedikit karena lebih banyak di luar. Soal penghasilan perusahaan mereka mengacu pada ketentuan aturan pemerintah dalam penetapan gaji karyawan. Biasanya dua minggu karyawan terima gaji.

Untuk mesin pencacah, jelas dia saat ini baru satu buah. Bisa saja kedepan pemilik perusahaan akan tambah mesin. Bahkan ada permintaan dari DLH agar pihaknya mengangkut semua mesin di sana, namun pihaknya keterbatasan lahan untuk menduduki mesin dan menampung sampah plastik.

Tidak hanya itu pihaknya diundang untuk mengikuti kegiatan di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Pihaknya juga pernah mengadakan pameran di Timika, bahkan pihaknya telah membagi nomor kontak agar warga atau perusahaan penghasil sampah plastik silahkan kontak nomor perusahaan. (RUS)

Komentar
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *