Connect with us

Tanah Papua

Diusung 9 Partai, Pasangan Lukmen Mendaftar ke KPU Papua

Published

on

Jayapura, Kabartanahpapua.com – Koalisi Papua Bangkit Jilid II mendaftarkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Petahana Provinsi Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, di Jayapura, Selasa (9/1/2018) sore.

Pasangan Lukmen diiringi seribuan simpatisan dan relawan yang menggunakan pakaian adat perang Papua dan sebagian menggunakan busana Nusantara dengan berjalan kaki sejauh 300 meter dari Swiss-Belhotel Jayapura.

Sementara, Lukas Enembe dan Klemen Tinal yang memakai baju batik motif Papua, berdiri diatas mobil bak terbuka sambil melambaikan tangan kepada warga yang berkumpul di sepanjang pantai Dok II, depan Kantor Gubernur Papua.

Sejumlah perahu yang mengibarkan 9 bendera partai pengusung terlihat mengiringi rombongan pasangan calon gubernur petahana ini.

Rombongan pasangan petahana tiba di Kantor KPU Provinsi Papua sekitar pukul 15.25 WIT yang diterima Ketua KPU Papua, Adam Arisoi didampingi 4 komisioner lainnya. Hadir dalam pendaftaran itu, Ketua Koalisi Papua Bangkit Jilid II, Mathius Awoitauw didampingi sejumlah perwakilan partai koalisi dan tim sukses.

Dalam pemeriksaan berkas administrasi yang cukup lama, akhirnya KPU Papua menyatakan semua persyaratan pencalonan pasangan Lukmen dinyatakan telah terpenuhi. Pada pukul 19.00 WIT, rombongan pasangan calon petahana meninggalkan Kantor KPU Papua.

(Baca Juga: Ibadah Syukur, Perwakilan Adat Nyatakan Dukungan untuk Lukas-Klemen)

 

Beberapa Berkas Persyaratan Calon Belum Lengkap

Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoi mengatakan hasil pemeriksaan berkas pasangan Lukmen ditemukan berkas syarat pencalonan dari partai politik yang belum lengkap. Adam mencontohkan pernyataan kesepakatan antar partai politik dalam formulir B.3-KWK parpol yang belum ditandatangani pengurus partai politik koalisi.

“Dari 9 partai pengusung, semua telah memenuhi. Tapi ada formulir B.3-KWK yang belum ditandatangani dan dicap. Saat ini mereka lagi siapkan dan mungkin sudah selesai,” ujar Adam yang ditemui usai menerima pendaftar pasangan Lukmen di Kantor KPU Papua, di Jayapura, Selasa (9/1/2018).

Namun, kata Adam, ada beberapa syarat calon dari pasangan Lukmen yang belum lengkap dan akan ditunggu dilengkapi hingga penutupan besok. Sejumlah persyaratan yang belum lengkap seperti Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), surat penyataan bukan terpidana dan surat pernyataan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Kami akan menunggu pasangan bakal calon melengkapi hingga penutupan pendaftaran besok pada pukul 24.00 WIT,” ujar Adam.

Adam menjelaskan, sebagian berkas syarat calon sebenarnya sudah diserahkan dalam bentuk file scan. Namun pihak KPU menginginkan dokumen asli untuk dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Jika semua syarat calon dan pencalonan sudah lengkap setelah dilakukan pemeriksaan oleh KPU kemudian dimasukkan dalam aplikasi silon, maka dengan sendirinya tanda bukti terima akan keluar. Sebab ini sistem online,” ujar Adam.

Hingga hari kedua pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua, baru satu pasangan yang mendaftar ke KPU Papua. Rencananya, Rabu (10/1) besok, pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (Joshua) yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra akan mendaftar ke KPU Provinsi Papua. (Ong)

Tanah Papua

Pastikan Varian Delta Dinkes Mimika Kirim Spesimen Ke Litbangkes Jayapura

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Guna memastikan ada atau tidaknya virus varian baru Delta di Mimika, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mengimbau agar seluruh spesimen baik di Puskesmas dan RSUD, dan RSMM dikirim ke Jayapura.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Mimika Reynold Ubra mengatakan menurut laporan yang diterimannya secara lisan, guna memastikan varian baru di Mimika pihaknya telah mengirim spesimen ke Balai Penelitian dan Pengembangan Biomedis Papua (Litbangkes) di Jayapura.

“Hasilnya (apakah ada varian baru atau tidak) nanti sebulan,” kata Reynold di ruang kerjannya, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya pihaknya akan menyurat kepada seluruh fasilitas kesehatan untuk merujuk spesimen. Tujuannya untuk penanganan dapat dilakukan secara tepat.

“Sekarang ini kan kita masih meraba-raba (soal virus varian baru) saya selalu sampaikan kemungkinan delta kalau ditanya, karena bisa saja yang lain,” tuturnya.

Selain menyurati soal rujukan, seluruh fasilitas kesehatan yang membuka layanan tes usap RT PCR diminta untuk meningkatkan tes, minimal 400 spesimen per hari tiap satu fasilitas kesehatan. Hal tersebut menurut Reynold agar penanganan medis lebih cepat sehingga angka kematian bisa turun dan upaya melindungi masyarakat.

“Jadi minimal kita sehari ada 1200 yang diperiksa, kemudian hasilnya dirujuk, entah ke Eijkman Institut, atau ke Litbangkes Kementerian Kesehatan, dan Litbangkes Jayapura,” ujarnya.(DEN)

Continue Reading

Tanah Papua

Kepala Bapenda Mimika Dwi Cholifah: Realisasi Pajak Daerah Saat Ini Sudah 45 Persen

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Realisasi pendapatan daerah Kabupaten Mimika tahun 2021 secara keseluruhan di Kabupaten Mimika sudah sekitar 1,4 triliun. Dari 10 obyek pajak untuk pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mengalami kenaikan sekitar 80 Milyar.

Kepala Badan pendapatan daerah (Bapenda) Mimika Dwi Cholifah mengatakan bahwa target dari pajak daerah sendiri 210 Milyar untuk 10 obyek pajak mengalami kenaikan di APBD Perubahan sekitar 270 Milyar dari BPHTB.

“Untuk pajak daerah dari target 210 miliar lebih sudah terealisasi sekitar Rp 99 miliar lebih atau sekitar 45 persen,” kata Dwi di kantor Bappenda, Selasa (27/7/2021).

Untuk kenaikan BPHTB Dwi menjelaskan kenaikan tersebut dari Freeport diperkirakan sekitar 80 milyar yaitu rencana pembayaran Hak Guna Bangunan (HGB) lapangan golf. Pihak Bapenda sudah melakukan koordinasi bersama Badan Pertanahan Nasional terkait berapa BPHTP yang diterima nantinya.

“Mudah-mudahan satu dua bulan ini sudah keluar keluar keputusan mentri agraria, dan pada saat pemberian hak itu akan dikenakan BPHTP,” jelasnya.

Menurut Dwi BPHTP di masa pandemi di seluruh daerah mengalami kenaikan. Hal terebut di masa pandemi yang susah banyak orang yang melakukan penjualan tanah dan properti

“Yang kena dampak itu pajak restoran, hotel dan hiburan. Seperti di kota-kota besar banyak yang jual properti akhirnya BPHTPnya naik,” tutur Dwi.

Untuk pajak yang terdampak Covid dan mengalami penurunan Dwi mengungkapkan bahwa pajak tersebut antara lain pajak restoran 38 persen, pajak hotel 69 persen dan pajak hiburan 38 persen serta pajak parkir.

“Pajak yang tidak terdampak Covid seperti pajak reklame sekitar 63 persen, pajak bumi dan bangunan sekitar 61 persen,” ungkapnya.(DEN)

Continue Reading

Tanah Papua

Kasus Covid Mimika Terus Meningkat, Angka Meninggal Bulan Juli 48 Orang

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Mimika Reynold Ubra mengatakan bahwa angka meninggal karena Covid di Kabupaten Mimika saat ini sudah meninngkat rata-rata empat orang perhari. Jumlah tersebut meningkat sebelumnya yaitu rata-rata tiga orang perharinya.

Case fatality atau angka kematian sudah diatas tiga. Dalam seminggu terakhir ini rata-rata empat orang perhari,” kata Reynold di ruang Kerjanya, Senin (26/7/2021).

Dari data Dinkes Mimika untuk perkembangan Covid 19 di Kabupaten Mimika menyatakan bahwa kasus komulatif per 25 juli 2021 sebanyak 8.173 kasus dengan kasus penambahan baru 36 kasus dari pelaku perjalanan 5 orang, kontak erat 6 orang dan suspek 25 orang.

Selanjutnya untuk pasien sembuh per 25 juli 2021 adalah 7.158 orang (87,58 % dari komulatif kasus). Jumlah harian pasien sembuh atau selesai isolasi adalah 58 orang (RS Temabagapura 12 orang, RSUD 0 orang, Klinik Kuala Kencana 2 orang dan RSMM 44 orang) atau 1,82% dari 907 pasien aktif.

Kemudian untuk jumlah kematian pasien Covid 19 dalam perawatan per 25 Juli 2021 adalah, 3 kasus kematian dari 75 pasien dirumah sakit. Komulatif kematian pasien Covid berjumlah 108 orang (1,29% dari komulatif kasus), sedangkan jumlah kematian mulai 1 juli 2021 hingga 25 Juli 2021 adalah 48 kasus (2,29% dari 1610 kasus selama bulan Juli 2022).

Untuk ketersediaan tempat tidur sendiri dari data Dinkes per tanggal 25 Juli 2021 di RSUD Mimika terisi 88,89% persen dari 45 tempat tidur, RSMM terisi 51,72% dari 29 tempat tidur, Klinik Kuala Kencana terisi 20% dari 20 tempat tidur dan untuk RS Tembagapura terisi 41,67% dari 48 tempat tidur.

Dari data teresebut disimpulkan bahwa,
1. Penularan Covid 19 di Mimika meningkat dan menyebar sangat cepat dan merata yang di buktikan dengan penduduk yang terinfeksi menurut jenis kelamin, usia, suku dan wilayah.
2. Rata-rata kejadian kematian akibat Covid 19 di Mimika dalam tujuh hari terakhir adalah 4,12 kematian atau 5,8% perhari (4 lali lebih tinggi dari tahun 2020).3 Penularan Covid 19 di masyarakat masih dan sedang berlangsung terbukti dari rata kejadian perhari hampir 8 kali lebih tinggi yaitu, 3 per 100.000 penduduk naik menjadi 25 per 100.000 penduduk, apalagi 8 dari 9 pasien melakukan isolasi mandiri. 4. Ketersediaan tempat tidur pada ruang isolasi di Rumah Sakit terutama di RSUD Mimika hampir melebihi kapasitas maksimal yaitu 8 dari 10 tempat tidur sudah terpakai.

(Baca JugaKadinkes Mimika: Kasus Komulatif Covid 19 Di Mimika Meningkat Jadi 7300)

Menurut Reynold sekarang ini penyebaran Covid di Mimika semakin cepat dan meluas. Hal tersebut di karenakan peningkatan terjadi satu bulan yang lalu dan semestinya sekarang kasusnya harusnya menurun. Karena dua kali masa periode yaitu 14 hari masa inkubasi terpanjang, sedangkan PPKM di Mimika sudah memasuki hari ke 14.

Tetapi kasus semakin meningkat yang seharusnya menurun karena melewati angka inkubasi. Kenaikan tersebut diketahui dari kasus terendah di Mimika dalam satu bulan terakhir rata-rata 70 orang dan tertinggi 100 orang

“Peningkatan kasus terjadi di Mimika di mulai satu bulan lalu yaitu pada 26 Juni 2021. Harusnya menurun sekarang. Ini artinya penyebarannya sudah meluas, selain itu banyak masyarakat yang terinfeksi tidak terdata, nanti sudah parah baru datang kerumah sakit terus akhirnya menyebabkan kematian,”jelasnya.

Reynold menambahkan bahwa untuk menurunkan kasus agar tidal terjadi banyak penularan dan tidak banyak orang meninggal harus dilakukan tidak ada aktivitas sama sekali (shut down) yang tidak panjang. Misalkan dilakukan selama tiga hari kemudian dilihat perkembangannya.

“Harusnya dilakukan shut down bukan lock down yang dimana hanya mengunci wilayah-wilayah terkait saja. Kalau tidak bisa shut down saya pikir pembatasan yang dilakukan cukup bagus karena dimalam hari tidak ada aktivitas,” tuturnya.(DEN)

Continue Reading

Tanah Papua

Dishub Diminta Kaji Kembali Bundaran Mini Pasar Damai

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme meminta kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Dinas PUPR untuk mengkaji kembali pembuatan bundaran mini di perempatan pasar damai tembus jalan Busiri.

Menurut Aleks terjadi kemacetan dalam beberapa hari terakhir sejak dibuka dan berpotensi terjadi kecelakaan.

Ia mengakui, keputusan Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Mimika bersama Dishub dan PUPR untuk membuat bundaran di eks pasar swadaya dan perempatan pasar damai, hanya saja setelah beberapa hari ia melakukan pemantauan, terjadi kemacetan jauh lebih parah dibandingkan sebelumnya.

“Memang kemarin kita putuskan untuk buat bundaran tapi kan kita harus mengkaji kembali setelah ada bundaran, kita bandingkan dengan sebelum ada bundaran,” ungkap nya.

Ia menjelaskan, kemacetan parah akan terjadi dibundaran pasar damai, karena banyak kendaraan dari arah jalan Budi Utomo, begitu juga kendaraan dari arah jalan Ahmad Yani.

Sedangkan, bundaran mini sangat kecil atau tidak memiliki ruang yang cukup untuk mengurai kemacetan.

“Jadi saya minta dinas perhubungan menutup bundaran di pasar damai itu ditutup saja, karena arus dari jalan budi utomo dan arus dari jalan Ahmad yani semua akan melewati bundaran diperempatan pasar damai,” jelasnya.

Ia berharap, Dishub, PUPR dan Sat Lantas Polres Mimika bisa mengkaji kembali dampak setelah ada bundaran mini tersebut. (JND)

Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua12 jam ago

Pastikan Varian Delta Dinkes Mimika Kirim Spesimen Ke Litbangkes Jayapura

TIMIKA,KTP.com – Guna memastikan ada atau tidaknya virus varian baru Delta di Mimika, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mengimbau agar seluruh...

Tanah Papua13 jam ago

Kepala Bapenda Mimika Dwi Cholifah: Realisasi Pajak Daerah Saat Ini Sudah 45 Persen

TIMIKA,KTP.com – Realisasi pendapatan daerah Kabupaten Mimika tahun 2021 secara keseluruhan di Kabupaten Mimika sudah sekitar 1,4 triliun. Dari 10...

Tanah Papua1 hari ago

Kasus Covid Mimika Terus Meningkat, Angka Meninggal Bulan Juli 48 Orang

TIMIKA,KTP.com – Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Mimika Reynold Ubra mengatakan bahwa angka meninggal karena Covid di Kabupaten Mimika saat ini...

Tanah Papua1 hari ago

Dishub Diminta Kaji Kembali Bundaran Mini Pasar Damai

TIMIKA,KTP.com – Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme meminta kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Dinas PUPR untuk mengkaji kembali pembuatan...

Tanah Papua2 hari ago

Dishub Diminta Pantau Sejumlah Ruas Jalan Yang Masih Macet

TIMIKA,KTP.com – Anggota Komisi C DPRD Mimika Yulian Salosa memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika dan PUPR yang...

Tanah Papua2 hari ago

Pemkab Mimika Bentuk Panitia HUT RI Ke 76

TIMIKA,KTP.com – Pemkab Mimika terlebih dahulu bentuk panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76 sedaangkan untuk pelaksanaan...

Tanah Papua2 hari ago

Dukung PPKM dan Kamtibmas, Kampung Nawaripi Dirikan Pos Pengamanan

TIMIKA,KTP.com – Mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, serta meningkatkan kewaspadaan dalam...

Tanah Papua2 hari ago

Speedboad Ditemukan Enam Penumpamg Selamat

TIMIKA,KTP.com – Kepala Kantor SAR Timika George L Mercy Randang menagatakan speedboat 85 PK tujuan Timika-Asmat yang dilaporkan hilang pada...

Olahraga2 hari ago

Eksebisi Jelang PON XX Papua, ESI Mimika Buka Seleksi Atlet E-Sport

TIMIKA,KTP.com – Esport Indonesia (ESI) Kabupaten Mimika, Papua, mengadakan seleksi atlet E-sport untuk diikutkan mewakili Mimika dalam eksebisi cabang olahraga...

Tanah Papua2 hari ago

Asisten III Sekda Mimika Hendritte Tandiono: Penerapan PPKM Level IV Tunggu Petunjuk Bupati

TIMIKA,KTP.com – Terkait penerapan PPKM level IV berdasarkan instruksi menteri dalam negeri (Mendagri) nomor 25 tahun 2021 tentang penerapan PPKM...

Tanah Papua

Tanah Papua3 hari ago

Jual Sabu Sabu di Timika , Empat Orang ini Diciduk Polisi

TIMIKA,KTP.com – Empat orang warga ditangkap Satuan Narkoba Polres Mimika karena kedapan mengedarkan narkotika jenis sabu dikota Timika. A alias...

Tanah Papua3 hari ago

Anak Sekolah Umur 17 Tahun Diproritaskan Urus Dokumen Kependudukan

TIMIKA,KTP.com – Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Mimika memperioritaskan dan memudahkan bagi warga Kabupaten Mimika yang sudah berumur 17...

Tanah Papua3 hari ago

Ayam Pedaging Di Mimika Masih Di Datangkan Dari Jawa, Tiap Bulan 400 Ton

TIMIKA,KTP.com – Ayam pedaging di Kabupaten Mimika masih di datangkan dari jawa khususnya Surabaya, fantastisnya jumlah ayam pedaging yang didatangkan...

Tanah Papua4 hari ago

Para Tokoh Di Mimika Deklarasi Dukung Pelaksanaan Agenda Besar Di Papua

TIMIKA,KTP.com – Para tokoh di Kabupaten Mimika melakukan deklarasi dukung agenda besar di Papua yaitu Otsus, juga mendukung suksesnya PON...

Tanah Papua4 hari ago

Osimin Wenda Anggota KKB DPO Polres Puncak Jaya Diciduk

PUNCAK JAYA,KTP.com – Osimin Wenda alias Usimin Telenggen alias Ustel Bin Laden alias Kilongginik (30) warga Kampung Jikinikime, Distrik Mulia,...

Tanah Papua4 hari ago

Hari Pertama pencarian Speedboad 6 Penumpang Belum Membuahkan Hasil

TIMIKA,KTP.com – Hari pertama pencarian speedboat 80 PK yang ditumpangi enam orang tujuan Timika – Agats belum membuahkan hasil. Humas...

Tanah Papua5 hari ago

Mabuk dan Palang Pengguna Jalan DE dan ZW Diamankan Polisi

TIMIKA,KTP.com – DE (15) dan ZW (16) diamankan pihak kepolisian Polsek Mimika Baru Kedua pemuda tersebut diamankan kerena mabuk dan...

Tanah Papua5 hari ago

SAR Timika Terjunkan Personil Cari Speedboat Tujuan Timika-Asmat

TIMIKA,KTP.com – Tim SAR Timika menerjunkan personil SAR melakukan pencarian terhadap satu unit speed boat 80 PK dengan penumpang enam...

Tanah Papua5 hari ago

Babinsa Mapurujaya Bersama Warga Gotong Royong Bangun Pos Kamling

TIMIKA,KTP.com – Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Koptu Usman bersama-sama warga binaan di Kampung Pomako Distrik Mimika Timur melaksanakan kerja bakti membangun...

Tanah Papua5 hari ago

Disnaker Mimika Kecolongan Data TKA Ternyata 400 Orang

TIMIKA,KTP.com – Tenaga Kerja Asing (TKA) di Mimika tergolong banyak hal itu diketahu setelah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan inatansi...

Advertisement

Trending