Connect with us

Tanah Papua

Gelar Talk Show, Kesbangpol Kabupaten Mimika Deklarasikan Pemilih Cerdas

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika menggelar Talk Show dan Deklarasi Pekilih Cerdas bersama anak-anak muda generasi z (Gen-Z) di Kabupaten Mimika, di Ballroom Hotel Cartenz Timika, Mimika, Papua Tengah, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Mimika yang diwakili oleh Pj Sekda Kabupaten Mimika, Ida Wahyuni beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dengan mengangkat tema “Suara Kita Menentukan Masa Depan Bangsa”, kegiatan ini pun akhirnya diawali dengan deklarasi pemilih cerdas, yang ditandai dengan penandatanganan pakta integritas.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Pj Sekda Kabupaten Mimika, Ida Wahyuni,Bahwa Bupati Omaleng mengajak seluruh generasi muda yang hadir untuk bersama-sama memegang tongkat komando sebagai simbol keberlanjutan pembangunan di Kanupaten Mimika.

Sementara salah satu kunci suksesnya pesta demokrasi atau Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang kini telah ada di depan mata tidak terlepas dari peran pemuda.

Lanju Pj.Sedak,hal ini dapat dilihat dengan populasi muda-mudi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mimika yang sangat banyak.

(Baca Juga: KPU Provinsi Papua Tengah Tinjau Kesiapan Logistik Pemilu di Mimika)

Bahkan,salah satu Pengamat Politik dari Universitas Surabaya berpendapat bahwa keterlibatan generasi muda merupakan suatu keharusan guna mensukseskan pesta demokrasi yang digadang-gadang sebagai gerbang strategis menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Saya ingin menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan peran generasi muda guna mengawal pemilu yang jujur, adil dan berkualitas,” Tutur Ida.

Sedangkan Hal-hal yang disampaikan Bupati Omaleng dalam sambutan yang dibacakan Pj.Sekda Mimika Ida Wahyuni,diantaranya pertama, pemuda dpaat berkontribusi menanamkan kesadaran politik kepada sesama generasinya.

Kedua, perlu mempersiapkan diri serta mengecek daftar pemilih tetap (DPT) dalam hal ini keberadaan pemuda untuk mengecek data diri pada DPT sesuai dengan daedah pemilihannya. Pada posisi ini generasi milenial juga perlu melakukan persiapan diri dengan memastikan suaranya tersampaikan untuk mendukung keberlangsungan pemerintahan Indonesia dengan bertanggung jawab dan tidak golput.

Ketiga, perlu mengecek riwayat hidup calon pemimpin dengan nama-nama calon pemimpin negeri baik eksekutif maupun legislatif yang telah terpublikasikan, wajib untuk generasi muda mencari informasi tentang calon pemimpin tersebut melalui media sosial ataupun internet.

“Sebagai generasi muda harus memahami betul ajakan yang akan disampaikan oleh calon pemimpin dan wakil rakyat yang ditetapkan ketika terpilih,” pungkasnya.(MWW)

Komentar