Connect with us

Olahraga

Eksebisi Jelang PON XX Papua, ESI Mimika Buka Seleksi Atlet E-Sport

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Esport Indonesia (ESI) Kabupaten Mimika, Papua, mengadakan seleksi atlet E-sport untuk diikutkan mewakili Mimika dalam eksebisi cabang olahraga e-sport pada PON XX Papua 2021, Oktober mendatang.

ESI Mimika melalui panitia yang dibentuk telah membuka pendaftaran atlet e-sport untuk game PUBG Mobile, Free Fire dan Mobile Legends, Senin (26/7/2021).

Pendaftaran dilakukan dengan cara scan barcode pada flyer pengumuman yang telah di share panitia di akun media sosial Instagram milik ESI Mimika (@esi_mimika) maupun sejumlah media yang ada di Timika.

Dari scan barcode itu akan muncul formulir pendaftaran beserta syarat-syarat lainnya untuk mengikuti seleksi ini.

Perserta usai mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan panitia, peserta kemudiam mengembalikan formulir hari ini juga hingga pukul 16.00 WIT di Kantor KONI Mimika, Jalan Hasanuddin, Timika.

Sekretaris ESI Mimika, Frita Margaretha mengatakan, di Mimika proses seleksi hanya dilakukan untuk tiga game online, yakni PUBG Mobile, Free Fire dan Mobile Legends. Sementara untuk eksebisi di PON nanti terdapat lima game, dua lainnya adalah DOTA 2 dan PES.

“Jadi kami seleksi hanya tiga game itu, mengingat waktu yang cukup sempit sehingga belum bisa melaksanakan semuanya sekaligus,” katanya.

Untuk mengikuti seleksi ini, game PUBG Mobile tiap klannya hanya bisa mengikutkan atau mendaftarkan dua tim dari klan yang sama dengan rangking atau peringkat klan minimal delapan (8). Namun, dari dua tim itu nantinya akan diseleksi lagi secara internal oleh panitia. Begitu juga untuk Free Fire maupun Mobile Legends.

“Kami sudah membuka pendaftaran dan hanya satu hari saja. Kenapa satu hari saja? Nah itu, lagi-lagi mengingat waktu yang sempit dan kemungkinan jumlah pendaftar akan banyak. Karena kita lihat atlet-atlet e-sport di Mimika ini sangat banyak,” katanya.

Kualifikasi hingga final akan berlangsung mulai Rabu, 28 Juli 2021 hingga 1 Agustus 2021 yang dilakukan secara offline. Tim yang lolos akan mendapatkan golden ticket dari panitia untuk mengikuti lagi seleksi mewakili Mimika yang rencananya akan diadakan di Merauke untuk tingkat provinsi.

Sementara untuk eksebisi PON nanti rencananya di Jayapura dan akan menggunakan venue lapangan Hockey dan Kriket di Doyo Baru.

Frita berharap, seleksi yang diadakan ESI Mimika ini, para atlet e-sport dapat bermain secara professional tanpa melakukan kecurangan. Tetapi jika terdapat kecurangan oleh peserta maka panitia akan langsung mendiskualifikasi tim tersebut.

“Kita berharap semua professional mainnya, sehingga tim atau atlet yang kita seleksi ini benar-benar berkompeten,” pungkasnya. (REX)

Komentar

Olahraga

Kebijakan Panitia PON XX Warga yang Nonton PON Harus Vaksin

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – PB PON Papua memutuskan bagi para penonton yang akan menyaksikan pertandingan pada PON XX nantinya harus sudah di vaksin minimal vaksin pertama.

“Kebijakan yang sudah di sampaikan di kami kluster penyelenggara untuk penonton, panitia dan seluruh penyelenggara harus sudah vaksin,  itu sudah menjadi kebijakan umum,” kata Ketua  Harian PB PON SUB Mimika, Marthen Paiding di hotel Grand Tembaga, Rabu (15/9/2021).

Sedangkan untuk kapasitas penonton di masa pandemi ini menurut Marthen, sejauh ini belum ada keputusan atau kebijakan  terkait berapa persen dan syarat bagi masyarakat yang akan menonton perhelatan kejuaraan PON di Timika khususnya.

“Kalau untuk penonton kami masih menunggu kebijakan dari PB PON karena apa yang kami kerjakan di Mimika merupakan kebijakan dari PB PON,”tuturnya.

Marthen berharap, PB PON dapat memberikan kebijakan 100 persen kuota penonton sehingga masyarakat dapat menikmati dan menyaksikan secara langsung perhelatan PON.

(Baca Juga: Bupati Tegaskan PON XX Papua Tetap Dilaksanakan,Warga Mimika Diajak Ikut Vaksin Covid-19)

“Mudah-mudahan diizinkan100 persen, kita hanya bisa berharap karena semua kebijakan ada di PB PON,” ujarnya.

Sementara di tempat yang sama sebelunya  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan, masyarakat yang ingin melihat secara langsung perhelatan kejuaraan PON di Mimika wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Sementara itu bagi masyarakat yang memiliki komorbit wajib menunjukkan surat keterangan dari dokter. Pihaknya akan tempatkan petugas kesehatan di semua pintu masuk Venue.

“Penonton yang ingin masuk dapat menunjukkan  kartu vaksin melalui aplikasi peduli lindungi, atau cukup membawa KTP dan kita akan mengecek NIK di aplikasi pedulilindungi,”ujarnya.(DEN)

Komentar
Continue Reading

Olahraga

Atlet Panjat Tebing Papua Terget Dua Medali Emas Pada PON XX Papua

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Cabang olahraga (Cabor) Panjat Tebing Papua  menargetkan  rebut dua medali emas dalam 16 nomor perlombaan pada PON XX tahun 2021 yang akan laksanakan di Kabupaten Mimika.

“Ada 13 atlet panjat tebing, target kita dua emas dari 16 nomor pertandingan. Semuanya sudah datang kemarin di Timika dan sekarang mereka sudah mulai latihan,” kata Ketua Harian Panjat Tebing Papua Muhammad Basyar saat ditemui di venue Panjat Tebing jalan Caritas SP 2 Timika Sabtu (10/9 /2021).

Basyar mengatakan untuk Cabor Panjat Tebing yang digelar nanti akan diikuti oleh atlet panjat tebing kelas dunia Veddriq Leonardo yang akan mewakili Provinsi Kalimatan Barat.

“Mohon doanya, PON ini atlet atlet juara dunia yang memecah rekor dunia bulan lalu juga ada disini mewakili Provinsi nya. Tapi, berdasarkan dari pelatih, kita tetap menaruh harapan karena rekor yang dipecahkan oleh juara dunia kemarin dengan anak anak ini tidak beda jauh.Mudah-mudahan anak anak ini nanti bisa bersaing,”kata Basyar.

Sebagai tuan rumah sebut Basyar, semua persiapan terikait dengan venue dan juga peralatan pendukung perlombaan telah siap dikerjakan.

“Kalau lapangan 100 persen, Posisi Wall Climbing sudah selesai 100 persen,” kata Basyar.(MSC)

Komentar
Continue Reading

Olahraga

Official Theme Song PON XX Papua 2021 Resmi Dirilis

Published

on

By

JAYAPURA,KTP.com – Pekan Olahraga Nasional (PON)_XX  terasa spesial karena pertama kali diselenggarakan di daerah Indonesia Timur yaitu Provinsi Papua. Menjelang penyelenggaraannya,  Panitia Besar PON XX merilis official theme song PON XX Papua 2021 dengan judul Torang Bisa yang dinyanyikan oleh Vien Mangku.

Torang Bisa yang menjadi tagline PON XX Papua 2021 memiliki arti ‘Kita Bisa’ dalam bahasa Papua. Menjadi nuansa dasar dalam penciptaan liriknya, lagu Torang Bisa bercerita tentang semangat Papua selaku tuan rumah PON ke-20 dan menyambut dengan suka cita para atlet dari seluruh daerah yang akan berlaga pada ajang pesta olahraga terbesar di Indonesia ini.

Semangat sportifitas tersirat jelas dalam video musik satu ini dengan latar Stadion Lukas Enembe yang menjadi venue utama pada PON XX Papua 2021. Dikemas apik pula dengan keindahan alam khas Papua membuat lagu ini semakin memberikan kesan mendalam bagi pendengarnya.

Theme song “Torang Bisa” juga menyiratkan semangat untuk menjaga persatuan Bangsa dan menyatukan perbedaan diantara seluruh peserta atlet yang berasal dari suku dan berbagai daerah.  Saling mendukung dan bersatu melaju menjadi juara untuk para atlet dan semua pihak yang terlibat. Melangkah searah dengan satu tujuan yaitu membanggakan Indonesia!.

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Karsudi, SP, MSi Plt Koordinator Bidang Pemasaran PB PON XX Papua 2021, “Official Theme Song dengan judul Torang Bisa ini bermakna memberikan semangat bagi seluruh pihak yang terlibat pada penyelenggaraan PON XX Papua 2021 agar tidak mudah menyerah. Sejalan dengan key message PON Papua yaitu Mentari Harapan Baru dari Timur, diharapkan lagu ini bisa menjadikan motivasi bagi para atlet khususnya dari Papua untuk berprestasi dan mendunia.” Ujarnya.

Vien Mangku terpilih menjadi penyanyi yang membawakan official theme song PON XX Papua 2021. Penyanyi muda dan berbakat ini berasal dari kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat dan memiliki nama lengkap Vien Barbalin Mangku. Ia berhasil menjadi top 5 pada ajang kompetisi menyanyi Pop Academy Indosiar pada tahun 2020. Ia juga tergabung dalam grup musik Papua Original yang berisikan 9 musisi kelahiran Papua. (REX)

Komentar
Continue Reading

Olahraga

Bimtek Jurnalistik Sport, Sekum : Wartawan Dapat Memberikan Kontribusi Maksimal Pada PON XX

Published

on

By

TIMIKA,KTP.com – Ketua Umum Sub PB PON XX Kluster Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH berharap melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peliputan Jurnalistik Sport yang digelar Jumat pagi (10/9/2021), oleh Bidang Hubungan Masyarakat, Pelayanan dan Penyiaran Media (Humas PPM) Sub PB PON Klaster Mimika, Papua.

Diharapkan para wartawan dapat memberikan kontribusi secara maksimal dalam menggaungkan dan turut mensukseskan perhelatan PON XX Papua yang digelar di Kluster Mimika.

Harapan tersebut dikatakan Ketua Umum Sub PB PON XX Kluster Mimika , Eltinus Omaleng, SE,MH melalui Sekretaris Umum Sub PB PON XX Kluster Mimika, Cesar Avianto Tunya,SH, M.Si pada sambutan pembukaan Bimtek Jurnalistik Sport yang dilaksanakan, Hotel Horison Ultima Timika.

“Para jurnalis diharapkan dapat memberikan kontribusi semaksimal mungkin, demi suksesnya pelaksanaan PON XX di kabupaten Mimika. Teman teman journalist agar dapat mengikuti pelatihan secara serius dan dapat menyerap ilmu dan pengalaman dari para narasumber yang memberikan materi agar dapat memberikan sumbangsih yang terbaik di ajang nasional ini,”pinta Bupati.

Eltinus Omaleng selaku Ketua Umum Sub PB PON XX Kluster Mimika mengakui untuk menuju pelaksanaan PON teman teman wartawan dan dari Dinas Kominfo membutuhkan bimbingan dan hal hal tehnis sebagai modal untuk nantinya saat melakukan peliputan selama perhelatan PON.

“Kita membutuhkan bimbingan dan hal-hal teknis agar bisa nanti berkontribusi untuk penyelenggaraan venue PON XX Nasional dan untuk Mimika dengan hasil yang baik. Saya minta kepada Narasumber semua ini event nasional jadi bisa all out untuk teman teman jurnalis yang ada di Klaster Mimika ini.” Ujarnya.

Karena menurutnya, jurnalis di timika saat ini membutuhkan bimbingan dari hal hal teknis yang lebih detail, makanya perlu adakan pelatihan ini, sehingga apa yang diberikan  itu menjadi kontribusi bagi ivent ini secara nasional dan secara khusus untuk Mimika dan papua umumnya.

Cesar Avianto Tunya juga berharap agar seluruh peserta harus mampu menunjukkan yang terbaik dari segala persiapan, baik sarana prasarana dan seluruh pendukung serta para Jurnalis juga telah siap, karena ajang Olahraga nasional ini menjadi tanggungjawab kita bersama-sama.

Kegiatan Bimtek yang dilakukan oleh Bidang Hubungan Masyarakat, Pelayanan dan Penyiaran Media (Humas PPM) Sub PB PON Klaster Mimika pada hari pertama, Jumat (10/9),  dengan materi umum tentang peliputan dan dasar dasar tehnis dalam penulisan naskah, foto dan video

Peserta yang berjumlah 84 orang dalam sesi pertama berupa materi dan dibagi dalam tiga ruangan dengan masing masing dengan menghadirkan pemateri seperti, Ignatius Danu Kusworo dari Harian Kompas.com membawakan materi jurnalistik Foto, Alan Indra dari Metro TV pembawa materi Jurnalistik Video, dan Irsyan Hasyim Inding wartawan Tempo.Co membawakan materi Jurnalistik naskah.

Pelaksanaan Bimtek Jurnalis Sport ini direncanakan akan berlangsung selama dua hari sejak, Jumat (10/9/2021) hingga Sabtu (11/9/2021) di Hotel Horison Ultima Timika, Jalan Hasanudin Timika, Papua. Dan untuk hari kedua Sabtu (11/9) besok, peserta akan melakukan patrek lapangan di beberapa venue untuk mengambil foto, video maupun berita. (REX)

Komentar
Continue Reading

Berita Terbaru

Tanah Papua11 jam ago

KKB dan Aparat TNI-Polri Kembali Kontak Tembak di Distrik Kiwirok

JAYAPURA,KTP.com – Kontak tembak antara personel gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Alipki Taplo dari arah Kampung...

Tanah Papua1 hari ago

Situasi Kamtibmas Mimika Aman, Kapolres Sebut Tidak Ada Penembakan di Mile 61

TIMIKA,KTP.com – Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adinata menegaskan bahwa tidak ada gangguan teror penembakan di mile poin...

Tanah Papua1 hari ago

Cabang Olahraga Panjat Tebing Laksanakan Tes Event

TIMIKA,KTP.com – Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing melaksanakan tes event di venue Panjat Tebing Timika Jalan Charitas SP 2 Timika...

Tanah Papua1 hari ago

Gubernur Papua Lukas Enembe Tinjau Venue di Mimika Jelang PON XX Papua

TIMIKA,KTP.com – Tinjau beberapa venue PON di Timika Gubernur Lukas Enembe yang merupakan ketua umum PB PON XX Papua menyatakan...

Tanah Papua1 hari ago

Gubernur Papua Janjikan Atlet Bonus 1 Milyar Untuk Peraih Emas

TIMIKA,KTP.com – Gubernur Papua Lukas Enembe menjanjikan bonus 1 milyar untuk atlet Papua yang bisa meraih emas di PON XX...

Tanah Papua4 hari ago

Aparat TNI-Polri Berhasil Lumpuhkan Anggota KKB di Distrik Kiwirok

JAYAPURA,KTP.com – Kontrak tembak antara aparat TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang Senin...

Tanah Papua4 hari ago

Pemda Ajak Masyarakat Terbuka Melaporkan Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan

TIMIKA,KTP.com – Dari beberapa jumlah kasus yang sudah di ketahui masih banyak lagi kasus kekerasan anak dan perempuan yang masih...

Tanah Papua4 hari ago

Wabup Mimika: Harhubnas 2021 Momentum Untuk Refleksi Pelayanan Kepada Masyarakat yang Belum Merata

TIMIKA,KTP.com – Pada peringatan Hari perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2021, Wakil Bupati (Wabup) Mimika dalam amanatnya menyampaikan momen hari perhubungan...

Tanah Papua5 hari ago

Tiga Kru Rimbun Air Dievakuasi ke Timika, Kotak Hitam Sudah Ditemukan

TIMIKA,KTP.com – Tiga awak pesawat Rimbun Air dengan nomor penerbangan PK OTW yang jatuh di bukit Kampung Bilogai, dekat Sugapa,...

Tanah Papua5 hari ago

DPR RI Serahkan Bantuan Penanganan Korban Bencana Alam di Mimika Dari Kemensos Senilai 403 Juta

TIMIKA,KTP.com – Kabupaten Mimika mendapatkan bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) dan DPR RI Komisi VIII berupa barang senilai Rp403 juta...

Tanah Papua

Advertisement

Trending